×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tata cara sujud syukur yang benar, beserta niat dan doanya

0

N/A

Tata cara sujud syukur yang benar, beserta niat dan doanya

Foto: Instagram/@galer1slam

Sujud syukur adalah sujud untuk mengucapkan syukur pada Allah SWT dan berterima kasih kepada-Nya atas segala karunia yang diberikan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

amoure_amez

14 / 10 / 2019 15:06

Sujud dalam agama Islam merupakan suatu gerakan yang istimewa. Banyak dalil yang menerangkan tentang keutamaan sujud. Dalam salah satu hadits disebutkan bahwa waktu paling dekat seorang hamba dengan Rabbnya adalah saat sujud. Pada saat sujud juga doa kita akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Sujud sendiri diartikan dengan perbuatan menempatkan hidung, dahi, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kaki secara bersamaan di lantai dengan tujuan tertentu karena Allah SWT pada waktu dan saat tertentu.

Sujud memang sangat indah. Kita berbisik ke bumi namun terdengar oleh langit. Maka dari itu dalam Islam terdapat bermacam jenis sujud, salah satunya sujud syukur.

Saat diberi kenikmatan, sebagai seorang muslim biasanya kita hanya mengucapkan lafal hamdalah. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud terima kasih kita pada Allah SWT. Selain itu, dengan bersyukur Allah akan menambahkan nikmat-Nya pada kita.

Sebagai bentuk syukur kita juga bisa melakukan sujud syukur. Sujud syukur tidak seperti sujud pada umumnya. Ia memiliki tata cara dan bacaan doa yang berbeda dari sujud dalam sholat wajib. Sebagai seorang muslim, tak ada salahnya kita mengetahui tata cara sujud syukur serta melakukannya dengan benar susai sunnah.

Loading...

Pengertian sujud syukur.

sujud syukur Instagram/@aisbatavia

foto: Instagram/@aisbatavia

Sujud syukur adalah sujud untuk mengucapkan syukur pada Allah SWT dan berterima kasih kepada-Nya karena diberikan kenikmatan, keberhasilan, dan menerima sesuatu yang menggembirakan hati.

Atau juga dilakukan saat seseorang selamat atau lepas dari suatu musibah. Contohnya seperti saat sembuh dari penyakit yang telah lama diderita, dan selamat dari kecelakaan dan bencana alam.

Dalil sujud syukur.

"Dari Abi Bakrah R.A. bahwasanya Nabi Muhammad SAW apabila mendatangi dia sesuatu yang disukainya lantas ia turun sujud (sujud syukur) karena Allah".

Hukum sujud syukur.

Sujud syukur dalam Islam hukumnya adalah sunnah. Rasulullah SAW sendiri juga mengerjakan sujud syukut ketika menerima sesuatu yang menggembirakan.

Hal ini disebutkan dalam hadits shahih:

"Dari Abu Bakar, ia berkata, 'Apabila Nabi Muhammad SAW menerima berita yang menggembirakannya, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah SWT." (HR. Abu Dawud)

Dalam hadits lain, dari Abdurrahman bin Auf, ia berkata:

"Suatu hari, Rasulullah keluar dari kediamannya. Tiba-tiba, beliau terperangah lalu masuk kembali ke dalam, kemudian beliau menghadap kiblat dan bersujud syukur lama sekali, lalu beliau mengangkat kepalanya dan berkata, ‘Jibril datang kepadaku mengatakan bahwa Allah berkata kepadamu, "Barang siapa membaca shalawat dan salam kepadamu maka Aku mengucapkan shalawat dan salam kepadanya,’ aku bersujud mensyukuri itu." (HR. Ahmad dan Hakim)

Tidak hanya saat mendapat sesuatu yang menggembirakan, Rasulullah SAW juga melakukan sujud syukur saat menerima kabar yang menyenangkan.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Baihaqi:

"Dari Al-Baraa', ia berkata, 'Nabi SAW pernah mengutus Khalid bin Walid kepada penduduk Yaman untuk menyeru mereka kepada agama Islam, tetapi mereka belum mau masuk Islam. Nabi kemudian mengutus Ali dan memerintahkannya supaya menyusul Khalid. Ali kemudian menulis surat kepada Rasulullah bahwa orang-orang di sana sudah masuk Islam. Maka, setelah membaca surat itu, Rasulullah SAW melakukan sujud syukur'."

Syarat sujud syukur.

Kita tidak boleh sembarangan dalam melakukan sujud syukur karena hal ini adalah ibadah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Menurut penjelasan dari lembaga Fatwa Dar al-Ifta' Mesir terdapat perbedaan pendapat dari para ulama terkait dengan syarat sujud syukur.

Menurut Madzhab Maliki, Ibnu Taimiyah, Asy-Syaukani, Ash-shan'ani, dan Ibn Al- Qayyim, sujud syukur tidak disyarakatkan dalam keadaan suci dan menutup aurat sebagaimana syarat bersujud dalam sholat.

Para ulama ini beralasan, banyak sahabat Rasulullah SAW yang melakukan sujud syukur tanpa harus berwudhu sebelumnya, sementara Rasul menyaksikannya dan tak mengoreksi sedikit pun.

Sedangkan menurut Imam Muhammad dan Abu Yusuf dari Madzhab Hanafi, Imam Ahmad, dan Imam Syaf'i, sujud syukur disyaratkan harus dalam keadaan suci dari hadits besar dan kecil serta menutup aurat seperti sujud dalam sholat.

Para ulama ini merujuk pada hadits riwayat Muslim, bahwa tidak diterima sholat seseorang kecuali dalam keadaan suci dari hadats. Syujud syukur disamakan layaknya sholat wajib, wajib bersuci terlebih dahulu.

Bacaan sujud syukur.

Niat sujud syukur.

Nawaitu sujudas syukri Lillahi Ta'aalaa

Artinya: "Saya niat sujud syukur karena Allah Ta'aalaa."

Do'a sujud syukur.

sujud syukur Instagram/@komunitasnekadhijrah

foto: Instagram/@komunitasnekadhijrah

Ketika bersujud kita diharuskan membaca doa sujud syukur. Berikut doa sujud syukur yang penulis lansir dari berbagai sumber.

- Membaca kalimat tasbih, tahmid dan tahlil.

Subhaanallah walhamdulillaah walaa ilaaha illallooh walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'azhiim

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung."

- Membaca doa sujud syukur.

Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam’ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin

Artinya: "Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta."

- Membaca Surat An-Naml ayat 19.

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'laa waalidayya wa-an a'mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibadikash shoolihiin

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih."

Tata cara singkat sujud syukur.

1. Menyucikan diri dari hadats kecil dan besar atau berwudhu

2. Berdiri menghadap arah kiblat

3. Membaca niat sujud syukur

4. Melakukan takbiratul ihram

5. Melakukan gerakan sujud satu kali

6. Membaca doa sujud syukur saat dalam posisi sujud

7. Duduk seperti duduk di antara dua sujud

8. Mengucapkan salam dengan menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri seperti saat selesai sholat

Manfaat sujud syukur.

1. Menambah nikmat Allah SWT karena orang yang bersyukur akan ditambahkan nikmatnya seperti dalam QS. Ibrahim ayat 7

2. Disediakannya tempat yang istimewa di akhirat bagi manusia yang pandai bersukur

3. Terhindar dari sifat sombong dan melatih rasa rendah hati

4. Membuat kita selalu ingat pada Allah SWT, semua karunia hanya datang dari-Nya

 

Oleh: Hameda Rachma





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red