×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tata cara sholat tasbih, beserta bacaan niat dan doanya

0

N/A

Tata cara sholat tasbih, beserta bacaan niat dan doanya

Foto: pixabay.com

Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

amoure_amez

10 / 10 / 2019 17:20

Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Apabila seorang muslim menunaikan sholat tasbih, maka ia akan mendapat keutamaan-keutamaan seperti keringanan atas cobaan, ketenangan hati, penghapusan dosa, dan mendapatkan pahala. Melalui sholat tasbih, kita bisa mendekatkan diri pada Sang Khaliq.

Perbedaan mendasar sholat tasbih dan sholat sunnah yang lain terletak pada doanya. Seperti namanya, muslim yang hendak menunaikan sholat ini akan membaca bacaan tasbih sebanyak 300 kali. Angka tersebut memang terlihat banyak, namun jika dikerjakan dengan ikhlas demi mengharap rida Allah, maka tidak akan terasa berat.

Berikut tata cara sholat tasbih, beserta bacaan niat dan doanya yang telah penulis rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (10/10).

Niat sholat tasbih.

Esensi niat adalah diyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Niatkan dalam hati bahwa kamu melaksanakan sholat tasbih ini semata-mata untuk mendekatkan diri pada Allah.

Loading...

Kemudian bacalah niat,"Usholli sunnatat tasbihi rak'ataini lillahi ta'ala"

Artinya: "Aku niat sholat tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala"

Tata cara sholat tasbih.

Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang tidak bisa dikerjakan berjamaah. Jadi sholat ini hanya bisa dikerjakan sendiri.

Runtutan sholat tasbih sebagai berikut:

1. Membaca niat

2.Takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah Al Fatihah

5. Membaca surat Al Quran. Tidak ada ketentuan surat apa yang dibaca, namun dianjurkan untuk membaca ayat atau surat yang dimulai dengan lafadz tasbih, misalnya seperti Al Ikhlas, At Takatsur, Al Adiyat, Az Zalzalah, Al Hadid, Al Hasyr, As Shaf, At Taghabun

6. Membaca tasbih sebanyak 15 kali. Bacaan tasbihnya: "subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa allah, wallahu akbar" yang artinya "Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, Allah Maha Besar"

7. Ruku' dan membaca bacaan ruku'

8. Membaca tasbih 10 kali

9. I'tidal dan membaca bacaan i'tidal

10. membaca tasbih sebanyak 10 kali

11. Sujud dan membaca bacaan sujud

12. Membaca tasbih sebanyak 10 kali

13. Duduk diatara dua sujud dan membaca doanya

14. Membaca tasbih sebanyak 10 kali

15. Sujud untuk yang kedua kalinya

16.Membaca tasbih sebanyak 10 kali

17. Berdiri mengerjakan rakaat yang kedua, sama seperti rakaat pertama

18. Sebelum tasyahud akhir membaca tasbih sebanyak 10 kali

19. Duduk tasyahud akhir

20. Membaca tasbih sebanyak 10 kali

21. Salam

Jika sholat tasbih dikerjakan di siang hari maka sebanyak 4 rakaat dengan satu salam. Jika dlakukan di malam hari maka sebanyak 4 rakaat dengan dua salam.

Doa sholat tasbih.

Setelah melaksanakan sholat, maka membaca doa berisi lafaldz tasbih sebagai berikut: 

"Subhaana malaa ya'lamu qudrohu ghoiruhu walaa yablughul waashifuuna shiftah. Subhaana robbial 'Aliyyil a'lal wahhaab"

Artinya: 

"Maha suci Allah, yang tidak seorang pun mengetahui berapa besar keagungan-Nya melainkan Dia sendiri. Dan tidak ada seorang pun yang mampu memberikan sifat kepada-Nya dan sifat sebenarnya. Maha suci Allah, Rabb yang Maha memiliki ketinggian di atas segala yang mempunyai pemberian".

Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebagai berikut: 

"Allahumma inni as'aluka taufiqa ahlil huda, wa a'amala ahlil yaqin, wa munashahata ahlit taubah, wa 'azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khassyyah, wa thalaba ahlir raghbah, wa ta'abbuda ahlil wara'i, wa 'irfana ahlil 'ilmi hatta akhfak"

Artinya:

"Ya Allah aku meminta pada-Mu pertolongan sebagimana yang Engkau berikan kepada orang-orang yang mendaptkan petunjuk, amal-amal orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut pada-Mu, permitaan orang-orang yang selalu cinta pada-Mu, beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara subhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam agama, sehingga aku pun dapat takut kepada-Mu".

Kemudian membaca:

"Allahumma inni as'aluka makhafatan tahjizuni 'an ma'ashika hatta a'mala bi tha'atika 'amalan astahiqqu bihi ridhaka wa hatta unashihaka bit taubah, khaufan minka hatt akhlyusha lakan nasihata haya'an minka wa hatta atawakkala 'alaika fil umuri kulliha wa hattaakuna 'uhsinuz zhanna bika, subhana khaliqin nur. washalatu wassau 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa alaihi washahbihi ajma'aana walhamdulillahi rabbil 'alamiina"

Artinya:

"Ya Allah aku meminta kepada-Mu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan pada-Mu, sehingga dengan taat pada-Mu aku pun bisa melakukan amal yang dengannya bisa kuraih rida-Mu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut pada Engkau, dan kumurnikan pada-Mu nasihat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan pada-Mu karena wujudnya prasangka baik kepada-Mu. Maha Suci Allah Tuhan Sekalian Alam".

 

Oleh: Deta Jauda





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red