Pernah bertanya-tanya bagaimana rasanya kembali ke masa pra-sejarah? Saluran YouTube yang bernama Primitive Technology menunjukkan perjalanan bagaimana seseorang kembali ke Zaman Batu. Dalam setiap videonya, akan muncul seorang pria bercelana tanpa berpakaian, ia akan menunjukan tahap-tahap, bagaimana cara membuat api tanpa korek, membuat senjata dari batu, membangun rumah, atau tempat penampungan dan barang lainnya, yang unik ia memiliki lebih dari 7,3 juta Subscriber tanpa mengucapkan sepatah kata pun dalam videonya.

Tanpa berkata-kata, YouTuber ini punya 7,3 juta subsribers

John Plant, seorang Australia mengaku berusia 30 tahun, memulai proyek Channel Primitive Technology pada bulan Mei 2015. Dengan 7,3 juta Subscriber dan lebih dari 15 juta penonton rata-rata setiap videonya, proyek ini menghasilkan pendapatan iklan yang cukup untuk mendanai aktivitasnya. Selain membuat video di Youtube, Ia juga menulis pengalaman aktivitasnya di blog untuk lebih menjelaskan karyanya.

Tanpa berkata-kata, YouTuber ini punya 7,3 juta subsribers

"Saya kuliah di universitas mengambil sarjana Sains, tapi tidak tahu harus melakukan apa dengan hal itu tulisnya di blog. "Sebagai gantinya saya memangkas rumput untuk mencari nafkah (wiraswasta) sambil melakukan apa yang saya lakukan di channel Primitive Technology sebagai hobi saja."

Plant mengatakan bahwa dia sekarang sepenuhnya membuat video karena mendapatkan penghasilan lebih banyak ketimbang bekerja di kantor.

Tanpa berkata-kata, YouTuber ini punya 7,3 juta subsribers

Obsesi Primitive Technology ini dimulai pada usia 11 tahun ketika dia akan membuat pondok kecil di tepi sungai di belakang rumahnya hanya dengan menggunakan benda-benda yang ia temukan disekitarnya. Dia mengasah kemampuannya dan pada usia 18 tahun ketika ia bisa menyalakan api dengan tongkat dan dedaunan kering.

"Orang secara alami terhubung untuk tertarik pada aktivitas semacam ini karena di masa lalu orang-orang menggunakannya untuk bertahan hidup dari alam liar yang keras katanya. "Hobi ini juga membuat saya cukup bugar dan aktif, yang mana yang baik untuk kesehatan saya."

Tanpa berkata-kata, YouTuber ini punya 7,3 juta subsribers

Saat menonton videonya, kita tidak akan mendapatkan tutorial dengan bimbingan suara seperti yang biasa kita tonton, di setiap videonya kamu tak akan pernah mendengar suaranya sekalipun, hanya suara air, tanah liat, dan api yang akan sering kalian dengar disini.

"Ketika saya tidak sedang berada di alam liar, saya menghabiskan sebagian besar waktu di internet untuk meneliti teknologi primitif" di antara subjek lainnya, Plant mengatakan. "Saya tidak hidup di alam liar, ini hanya sebuah ketertarikan atau hobi saha, meski saya sering berkemah di gubuk beberapa kali, itu hanya hobi saja."