×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak hanya Palangkaraya, 2 provinsi ini juga layak menjadi ibu kota

0

News

Tak hanya Palangkaraya, 2 provinsi ini juga layak menjadi ibu kota

Palangkaraya dan dua provinsi di Kalimantan ini menjadi calon pengganti ibu kota pemerintahan yang baru di masa mendatang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yosep Nabila

01 / 05 / 2019 16:00

Ibu kota akan dipindahkan ke luar pulau Jawa. Setelah sekian lama beredarnya kabar tentang pemindahan ibu kota pemerintahan dari Jakarta ke pulau Kalimantan, kini pemerintah dalam proses melaksanakan pemindahan tersebut.

Dari yang dikatakan Presiden Joko Widodo, Senin (29/04/2019), bahwa pemindahan ibu kota akan segera dilakukan. Jokowi menyampaikan bahwa pemindahan ibu kota ini tidak lain adalah untuk memajukan Indonesia. "Kita ingin berpikir visioner untuk kemajuan negara ini, memindahkan negara perlu persiapan yang matang, yang detail. Baik dari segi pemilihan lokasi yang tepat, dari strukturnya, insfrastrukturnya dan pembiayaannya" pungkasnya.

"Ketika kita mengharapkan negara maju, apakah sebagai Ibu kota Negara DKI Jakarta sanggup memikul dua beban sekaligus, sebagai pusat pemerintahan, layanan publik dan pusat bisnis." Tambah Jokowi.

Sementara itu, Bappenas telah merampungkan kajian tahapan pertama pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar pulau Jawa. Kandidat tersebut di antaranya adalah KalimantanTengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. Kendati demikian menurut Basuki Hadimuljano, ketetapan lokasi pemindahan ibu kota akan dikaji lebih dalam lagi di rapat-rapat berikutnya. Menurutnya, selain Sulawesi, Kalimantan juga masuk dalam kajian. Menurutnya "Kalimantan" adalah tempat yang aman. Palangkaraya sering diusung sebagai pengganti ibu kota pemerintahan yang tepat.

Menurut kepala Badan Penaggulangan Bencana Nasional, Letjen TNI Doni Monardo menyampaikan bahwa dari segi bencana, pulau Kalimantan mempunyai pontensi yang rendah dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia. Ia menambahkan dari segi pontensi yang relatif paling aman di wilayah Kalimantan adalah Kalimantan Tengah. Kendati demikian Letjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa Kalimantan rentan terjadi kebakaran hutan.

Loading...

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red