Siapa tak tahu dengan buah Pisang. Jenis buah tropis ini cukup digemari di Indonesia. Kandungan vitamin dan karbohidrat menjadikan buah Pisang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam makanan olahan. Selama ini, secara umum warna buah Pisang adalah hijau dan kuning.

Namun ternyata, ada warna lain dari Pisang. Ada yang berwarna merah, ungu, merah kehitaman, hingga pisang berwarna biru. Penasaran? Berikut ini beberapa warna pisang yang sudah beredar meski untuk warna biru dan ungu masih jarang ditemukan.

1. Pisang Biru.

Warna Pisang ternyata bervariasi lho, bahkan ada yang biru dan ungu

Jenis Pisang berwarna biru ini sebenarnya sudah ada di wilayah tertentu di Pulau Jawa. Memang warnanya tidak biru tebal seperti hasil riset para ilmuwan. Warnanya biru muda dan kurang disukai karena rasanya kalah enak dengan Pisang lainnya. Jenis Pisang dari Indonesia ini disebut-sebut sebagai awal penelitian oleh para ilmuwan. Mereka menyebutnya "Blue Java Banana".

Oleh masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa, Pisang ini sering disebut "Kepok Awu" karena warnanya biru keabu-abuan. Namun, jenis Pisang ini kalah pamor dengan jenis Pisang lainnya, utamanya Pisang yang berwarna kuning ketika matang.

2. Pisang Merah.

Warna Pisang ternyata bervariasi lho, bahkan ada yang biru dan ungu

Banyak jenis Pisang yang dapat tumbuh di Indonesia, salah satunya adalah Pisang merah. Berbeda dari Pisang yang lain pada umumnya yang berwarna kuning,Pisang ini merupakan pisang yang berwarna merah.

Pisang merah merupakan Pisang yang sangat efektif dan baik untuk siapa saja yang ingin diet dan juga dapat mencegah penyakit jantung dan obesitas. Ia sama halnya dengan beras merah yang rendah nilai glukosanya. Peneilti menyelidiki bahwa Pisang merah ini kaya akan serat sehingga sangat pas bagi wanita ataupun para orangtua yang ingin diet dan mencegah penyakit jantung.

3. Pisang Ungu.

Warna Pisang ternyata bervariasi lho, bahkan ada yang biru dan ungu

Jenis Pisang ini memang masih sangat jarang ditemui, bahkan bisa dikatakan langka. Meski begitu, di situs-situs jual beli masih ada yang menjual bibitnya. Meski berwarna ungu, manfaat Pisang ini juga hampir sama dengan jenis Pisang lainnya. Dengan melihat warna kulit yang berwarna ungu, memang cukup menarik dan menggiurkan jenis pisang yang satu ini.

4. Pisang Kuning.

Warna Pisang ternyata bervariasi lho, bahkan ada yang biru dan ungu

Jenis Pisang warna kuning ini sudah cukup umum. Pasalnya, hampir semua Pisang akan berwarna kuning ketika matang. Pisang akan menjadi kuning saat matang karena jumlah penurunan klorofil, maka warna asli Pisang akan keluar menggantikan warna hijau klorofil. Penurunan klorofil, memungkinkan pigmen "xanthophylls" untuk menunjukkan warna kuning. "Xanthophylls" adalah pigmen yang sama memberi warna kuning di daun dan Pepaya. Warna kuning di Pisang menunjukkan bahwa kulitnya mulai matang dan secara otomatis melepaskan gula ke dalam daging buah. Momen inilah yang mengubah rasa Pisang menjadi manis.

5. Pisang Hijau.

Warna Pisang ternyata bervariasi lho, bahkan ada yang biru dan ungu

Pisang hijau adalah Pisang yang belum mengubah banyak pati resisten-nya menjadi gula yang lebih mudah dicerna. Inilah yang membuatnya tak enak untuk dimakan karena cenderung bergetah dan kurang manis.

Tapi, Pisang hijau memiliki profil nutrisi yang mengesankan dan sejumlah manfaat kesehatan. Pisang hijau mengandung kandungan pati resisten dan asam lemak rantai pendek yang tinggi, serta tingkat vitamin dan mineral serupa yang ditemukan dalam Pisang kuning. Nutrisi ini termasuk kalium dan natrium, serta jumlah serat dan sedikit protein.