Apakah anda penggemar susu? Jika iya, mungkin anda harus coba varian susu yang satu ini. Dialah Susu Kecoa, susu yang kabarnya kaya akan protein. Susu ini bukan hanya sekedar brandingyang melebih-lebihkan, tetapi ini memang nyata susu yang berasal dari serangga yang umumnya berwarna coklat tersebut.

Susu Kecoa saat ini sedang hangat-hangatnya diperbincangkan di dunia karena khasiatnya yang melebihi susu sapi. Dalam riset yang dilakukan oleh tim dariInstitute of Stem Cell Biology and Regenerative Medicinedari India pada tahun 2016, menunjukkan bahwa susu kecoa memiliki kalori 3 kali lebih banyak dibanding susu kerbau, dan jauh bernutrisi dibanding susu sapi, seperti yang dipublikasikan diJournal of the International Union of Crystallography.

"Kristal-kristal dari cairannya seperti makanan yang lengkap - ia mengandung protein, lemak dan gula. Jika kamu melihat urutan proteinnya, ia mengandung semua asam amino yang penting," terang Sanchari Banerjee, salah satu anggota tim, pada wawancaranya dengan Times of India.

Namun tentunya, tidak semua kecoa menghasilkan susu. Sampai saat ini, hanya kecoa dengan spesiesDiploptera punctateyang memang menghasilkan susu ketika anak-anaknya sudah lahir. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan produksi secara massal.

Selain itu, cairan yang dihasilkan sangat amat sedikit. Tentunya hal ini akan membuat kita harus mencari satu koloni kecoa yang besar untuk mendapat susunya, dan itu tidaklah gampang. Kecoa Diploptera punctatebiasanya bisa mati ketika sedang memproduksi susu tersebut, dan itu menjadi tantangan selanjutnya.

Tapi terlepas dari itu semua, bukan tidak mungkin bahwa Susu Kecoa akan ada disetiap supermarket dan bisa menjadi alternatif yang baik baigi orang yang alergi terhadap susu sapi.

Tertarik untuk mencoba?