Bagi yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, apakah kalian pernah merasa kesulitan saat mengerjakan tugas dan belajar? Kemungkinan besar pernah dong. Memang tidak mudah untuk mengatasi masalah ini. Akan tetapi, kalian jangan takut.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin memadai, kalian bisa mengatasinya dengan menggunakan aplikasi smartphone. Ya, memang tidak bisa mengatasinya 100%. Setidaknya aplikasi ini membantu kalian mengerjakan tugas dan berkonsentrasi saat belajar.

Terdapat 5 aplikasi yang menjadi pilihan editor Google Play Store. Apa saja sih aplikasinya? Mari simak di bawah ini.

Socratic

Sulit kerja dan berkonsentrasi saat belajar? Coba 5 aplikasi ini Jika kalian kesulitan mengerjakan tugas, cukup fotokan soal-soal tugas kalian memakai aplikasi Socratic. Jawabannya akan langsung diberikan oleh beberapa sumber kredibel seperti Khan Academy, Crash Course, dan juga Socratic sendiri.

Kalian bisa menanyakan soal-soal matematika, kimia, ekonomi, sejarah, dan masih banyak lagi. Untuk soal matematika, kalian tidak hanya diberikan jawabannya tetapi juga tahap-tahap penyelesaiannya.

Play Store: Socratic

Quizlet

Sulit kerja dan berkonsentrasi saat belajar? Coba 5 aplikasi ini Apakah kalian pernah mendengar istilah "flashcard"? Nah, flashcard adalah sebuah kartu yang digunakan untuk belajar dengan salah satu atau kedua sisinya berisi informasi. Misalnya, jika kalian mau belajar kosakata bahasa Inggris, kalian bisa menulis kosakatanya di satu sisi kartu dan definisinya di sisi lain.

Itulah metode pembelajaran yang diusung Quizlet. Kalian bisa membuat flashcard sendiri dan mempelajari flashcard pengguna lain. Kalian juga bisa bermain game dari flashcard yang tentunya membuat aplikasi ini menjadi lebihfun.

Play Store: Quizlet

Photomath

Sulit kerja dan berkonsentrasi saat belajar? Coba 5 aplikasi ini Dari namanya sudah tau kan kalau aplikasi ini berkaitan dengan matematika? Jika kalian tidak bisa mengerjakan sebuah soal matematika, tinggal arahkan kamera smartphone kalian ke soal tersebut dan jawabannya akan ditampilkan secara instan.

Mulai dari soal aritmatika, persamaan kuadrat, logaritma hingga trigonometri, turunan, dan integral bisa kalian tanyakan. Tahap-tahap penyelesaian dan grafik juga diberikan beserta jawabannya tergantung jenis soal.

Play Store: Photomath

White Noise Generator

Sulit kerja dan berkonsentrasi saat belajar? Coba 5 aplikasi ini Sulit berkonsentrasi saat belajar? Mungkin aplikasi White Noise Generator bisa menjadi solusi. Aplikasi ini menyediakan suara-suara yang bisa membuat suasana belajar kalian jadi tenang dan adem. Misalnya, air mengalir, hujan, daun berjatuhan, kipas angin, dan masih banyak lagi. Uniknya, kalian juga bisa mengkombinasikan suara-suara tersebut supaya tidak cepat merasa bosan.

Play Store:White Noise Generator

Notebloc

Sulit kerja dan berkonsentrasi saat belajar? Coba 5 aplikasi ini Mau belajar tetapi tidak mau berurusan dengan banyak buku? Cukup pakai aplikasi Notebloc dan scan halaman buku yang kalian inginkan. Aplikasi ini secara otomatis memberikan potongan yang rapi terhadap hasil scan.

Jadi, tidak perlu pakai aplikasi kamera lagi yang kadang-kadang ada bayangan pada hasil jepretan.

Play Store: Notebloc

Nah, tunggu apa lagi? Kalau kalian orang yang sering kesulitan saat belajar dan mengerjakan tugas, jangan tunda-tunda lagi untuk memakai aplikasi-aplikasi di atas. Tidak salah untuk mencobanya, mana tau aplikasi itu sangat membantu kalian.