×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Suka nonton kartun? Ini 4 manfaat psikologisnya bagi orang dewasa

0

Kepribadian

Suka nonton kartun? Ini 4 manfaat psikologisnya bagi orang dewasa

Sudah termasuk dewasa tapi masih suka nonton kartun? Jangan khawatir, seleramu tak salah, toh kartun diperuntukkan bagi semua usia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

03 / 06 / 2019 09:58

Kartun merupakan jenis tontonan yang diperuntukkan untuk anak-anak dan remaja. Ada juga yang menyebutnya dengan film animasi. Konten cerita kartun yang dibuat bahagia dan ceria memang disengaja karena penontonnya sendiri mayoritas anak-anak.

Namun kebanyakan dari kamu pasti masih banyak yang kebawa suka nonton kartun. Ada yang mau mengakui, ada yang mengelak. Sebenarnya tak apa jika kalian sudah dewasa tapi suka nonton kartun. Kalau dibilang kekanakan, tontonannya memang kekanakan, namun apakah pola pikir dan perilaku kalian berubah kenakanan setelah menonton kartun? Tidak, kan.

Jadi menonton kartun buat kamu yang sudah tergolong dewasa bukanlah sebuah "dosa". Dan ternyata di balik menonton kartun ada manfaat psikologis bagi orang dewasa.

1. Nilai moral yang belum tentu kita dapatkan dari kehidupan sosialisasi sehari-hari.

Suka nonton kartun? Ini 4 manfaat psikologisnya bagi orang dewasa

Loading...

gambar : thefilmagazine.com

Karena kartun diperuntukkan untuk anak-anak, maka pembuat ceritanya pun mencoba membuat isi cerita yang bermakna dan mendidik. Pembuat film kartun ada yang mengutamakan isi ceritanya, namun ada juga yang lebih mengutamakan estetika rupa kartun tersebut.

Kalian bisa menemukan kartun yang sarat nilai moral seperti pada kartun produksi Disney, Pixar, DreamWorks, Blue Sky, dan lain sebagainya. Jika kalian pernah menonton kartun buatan studio tadi seperti Finding Nemo, Ice Age dan lain-lain, pasti sarat akan nilai moral kan.

 

2. Meningkatkan jiwa sosial.

Suka nonton kartun? Ini 4 manfaat psikologisnya bagi orang dewasa

gambar : theinspireindia.com

Bagaimana bisa? Jawaban sederhananya film kartun memiliki nilai kejujuran, kepolosan, pentingnya saling berbagi, hingga kasih sayang, sehingga mampu meningkatkan pemahaman akan pentingnya berbagi. Kartun juga memiliki cara sederhana yang mampu mengajarkan orang dewasa tentang kesederhanaan hidup. Jadi bisa disimpulkan orang dewasa yang suka kartun cenderung punya jiwa sosial yang lebih baik.

 

3. Bisa mengatur emosi lebih stabil.

Suka nonton kartun? Ini 4 manfaat psikologisnya bagi orang dewasa

gambar: klassenperformancegroup.com

Permasalahan yang terdapat dalam film animasi sering kali terselesaikan dengan sentuhan humor dan pemikiran yang sederhana. Dilansir dari situs Enjoysthin.sg, film animasi dapat membantu kita lebih tenang saat menghadapi permasalahan karena cara-cara sederhana yang ada pada film untuk semua umur tersebut.

 

4. Mendorong menjadi pribadi yang lebih terbuka.

Suka nonton kartun? Ini 4 manfaat psikologisnya bagi orang dewasa

gambar: listaka.com

Cerita kartun yang disajikan dengan bumbu humor dan terkadang terkesan konyol, dan masalah serta penyelesaian yang disajikan di cerita membuat kita terdorong menjadi pribadi ceria dan tenang. Kita terdorong untuk menjadi salah satu karakter pada cerita kartun tersebut yang terkesan ceria, tenang, sedikit konyol namun bahagia. Masalah dan penyelesaian yang disajikan mengajarkan kita kalau komunikasi yang baik itu penting.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red