Lagu anak-anak biasanya terkenal karena ceria dan mengandung ilmu-ilmu yang bermanfaat. Tapi bagaimana jika ternyata lagu anak-anak mengandung sejarah kelammasa lampau?

Berikut adalah 7 lagu anak yang memiliki sejarah kelam.

1. Humpty Dumpty

7 Lagu anak legendaris dunia ini ternyata maknanya ngeri banget

"Humpy Dumpty sat on the wall ... Humpty Dumpty had a great fall"

"All the King's horses and all the King's man couldn't put Humpty Dumpty together again"

Lagu anak ini terkenal di Inggris. Menceritakan tentang sebutir telur yang duduk di sebuah dinding, kemudian telur itu jatuh sampai pecah berkeping-keping.

Tapi tahukah kalian, bahwa Humpty Dumpty bukanlah telur sama sekali.

Humpty Dumpty adalah Sebuah meriam besar yang diletakan jauh di atas benteng istana Kerajaan Inggris pada abad ke-17. Suatu hari, dinding yang menopang Humpty Dumpty runtuh akibat serangan. Membuat Humpty Dumpty jatuh dan menimpa banyak orang di bawahnya.

Tidak ada satu kuda atau pria kerjaaan pun yang bisa meletakan Humpty Dumpty kembali pada tempat semula, karena ukurannya yang begitu besar.

2. Peter, Peter, Pumpkin Eater

7 Lagu anak legendaris dunia ini ternyata maknanya ngeri banget

"Peter, Peter, pumpkin eater, had a wife and couldn't keep her."

"He put her in a pumpkin shell, and then he kept her very well"

Masih dari Inggris. Dalam kisah populernya Peter hanya menyimpan sang istri di dalam sebuah kulit labu dan menjaganya dengan baik. Tapi jika lirik itu digali lebih dalam. Peter menyimpan istrinya di dalam labu bukan tanpa alasan.

Istri Peter adalah seorang wanita yang rakus. Saat wabah kelaparan terjadi di daerah mereka, Peter tidak lagi bisa mengatasi Istrinya yang doyan makan. Jadi ia membunuhnya, dan menyimpannya di dalam sebuah labu, menjaganya dengan baik, agar tidak siapa pun yang tahu perbuatannya.

3. Ring Around the Rosie

7 Lagu anak legendaris dunia ini ternyata maknanya ngeri banget

"Ring around the rosie, a pocket full of posies. Ashies....ashies, we all fall down."

Lagi-lagi dari inggris. Lagu populer yang biasa di nyanyikan anak-anak dengan cara saling bergandengan tangan membentuk lingkaran dan berputar bersama. Terlihat begitu sederhana dan ceria. Tapi nyatanya, sejarah lagu ini tidak sesederhana dan seceria itu.

Lagu ini menceritakan tentang Black Death. Wabah penyakit mematikan di Inggris yang terjadi pada abad ke-16 tepatnya pada tahun 1665. Wabah itu memusnahkan hampir seluruh populasi manusia di Inggris saat itu.

Rima pertama (Ring around the rosie) diartikan sebagai gejala awal dari wabah mematikan itu. Di mana kulit si penderita akan berubah menjadi merah kehitaman.

Rima kedua (a pocket full of posies) adalah upaya si penderita untuk menutupi aroma yang keluar dari tubuhnya (aroma kematian). Dengan memasukan berbagai macam wewangian ke dalam saku pakaiannya.

Rima terakhir (Ashies ... Ashies, we all fall down) saat debu-debu kematian (virus wabah) sudah menyebar. Upaya apapun yang kita lakukan, pada akhirnya kita semua akan jatuh (mati)

4. Jack dan Jill

7 Lagu anak legendaris dunia ini ternyata maknanya ngeri banget

"Jack an Jill went up the hill to fetch a pale of water."

"Jack fall down and broke his crown, and Jill came thumbling after"

Para pencinta teori yakin bahwa lagu ini menceritakan tentang penghinatan Raja Louise ke-16 dari prancis yang menyebabkannya kehilangan tahta kerajaan (Jack dalam lagu). Dan setelahnya tahta digantikan oleh sang istri, Ratu Mary Antonniet (Jill dalam lagu), tapi tidak berlangsung lama karena masa pemerintahannya berhasil dilengserkan menyusul sang suami.

Dari sekian banyak media lain untuk menyanyikan sejarah. Lagu anak ini menjadi bahan sejarah dari penghianatan yang keji itu.

5. Three Blind Mice

7 Lagu anak legendaris dunia ini ternyata maknanya ngeri banget

"Three blind mice...see how they run. They all run from the farmer's wife, who cut their tail with a carving knife."

"Have you ever seen such a thing like three blind mice?"

Masa pemerintahan Ratu Mary II (bloody Mary) dari Inggris memang masa-masa paling suram dalam sejarah kerajaan Inggris. Lagu anak three blind mice merupakan salah satu dari banyaknya bukti kekejaman Ratu Mary II.

Three blind mice menjadi istilah bagi penduduk beragaman protestan di Inggris yang notabennya bertentangan dengan Ratu Mary II, yang beragama katolik. Sang Ratu tidak senang ada komplotan lain di luar pemahamannya.

Jadi Ratu Mary II (The Farmer's Wife dalam lagu) memotong ekor ketiga tikus buta (para penduduk beragama protestan) yang secara harfiah berarti, memberi mereka hukuman yang tidak akan pernah mereka lupakan.

6. London Bridge is Falling Down.

7 Lagu anak legendaris dunia ini ternyata maknanya ngeri banget

"London bridge is falling down, falling down, falling down..."

"London bridge is falling down...my fair lady"

Lagu ini biasa di nyanyikan anak-anak jika sedang bermain. Permainan dengan dua anak berperan sebagai terowongan, dan yang lain berbaris melewati terowongan itu. (Ular tangga jika di indonesia).

Banyak yang memiliki teori tentang lagu ini. Dan semuanya tidak menyenangkan.

Salah satu teori mengatakan, bahwa lagu ini menceritakan tentang tragedi penyerangan bangsa Viking di Inggris pada tahun 1014 yang dipimpin oleh Olaf II dari Norwegia. Jembatan London terbelah menjadi dua akibat serangan itu.

Teori lain menyebutkan bahwa jembatan London memang selalu runtuh tanpa sebab. Berkali-kali di buat, berkali-kali juga jembatan ini runtuh. Sampai akhirnya sebuah ide gila muncul di kepala sang Raja. Mereka menggunakan kepala tawanan peranh (terutama anak-anak) untuk bahan pondasi pembuatan jembatan itu. Sampai akhirnya jembatan itu kokoh berdiri hingga kini.

7. Here We Go Round the Mulberry Bush

7 Lagu anak legendaris dunia ini ternyata maknanya ngeri banget

"Here we go round the mulberry bush...Here we go round the mulberry bush .On a cold and frosty morning."

Lagu ini sama seperti Ring around the Rosies. Bedanya, anak-anak berputar mengitari sebuah pohon beringin atau pohon besar lain ketika menyanyikan lagu ini.

Sejarah lagu ini tidak terlalu rumit. Lagu ini hanya menciritakan bagaimana tahanan-tahanan wanita di hukum gantung pada sebuah pohon beringin.

Kesalahan mereka tentunya macam-macam, tapi sebagian besar hanya karena perbedaan pendapat dari Raja Henry VIII yang tengah memimpin kerajaan saat itu.

Itulah tadi 7 lagu anak-anak dunia yang menyimoan sejarah kelam. Masih beranggapan lagu anak-anak adalah khusus diciptakan untuk anak-anak?