×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sering tumbuh liar, daun suruhan terbukti turunkan asam urat

0

Kesehatan

Sering tumbuh liar, daun suruhan terbukti turunkan asam urat

Termasuk tanaman liar, daun suruhan berkhasiat sebagai tanaman obat, salah satunya untuk asam urat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhamad Jalil

30 / 09 / 2020 16:05

Kamu kenal tanaman suruhan? Mungkin belum banyak yang mengenal karena tanaman ini memiliki banyak nama daerah. Tempat tumbuhnya juga terkesan sembarangan.

Penulis tertarik menulis tanaman suruhan ini karena sering melihat di samping rumah dan dibiarkan hidup liar tanpa ada perawatan sama sekali. Benar-benar liar dan tidak banyak dilirik banyak orang. Terkadang tanaman ini hidup menempel di dinding-dinding rumah. Dinamakan suruhan mungkin bentuk daunnya mirip dengan daun suruh serta baunya juga mirip daun suruh.

Sering tumbuh liar, daun suruhan terbukti turunkan asam urat

Foto: Struktur Tubuh Tanaman Daun Suruhan

Nama latin dari Suruhan adalah Peperomia pellucida (L.) Kunth (Nama yang diterima). Nama latin suruhan memiliki sinonim yaitu Peperomia pellucida var. minor Miq; Peperomia pellucida var. pellucida; dan Peperomia pellucida var. pygmaea Willd. ex Miq. (The Plant List, 2020).

Loading...

Sering tumbuh liar, daun suruhan terbukti turunkan asam urat

Foto: Habitus tanaman suruhan

Plant pictoral database milik Singapura mengelompokkan tanaman suruhan ke dalam keluarga Piperaceae (Anonim, 2020a). Nama internasionalnya adalah Shiny Bush, Pepper Elder, Common Peperomia, sedangkan nama daerah suruhan dikenal dengan katumpangan air.

Tanaman ini merupakan tanaman obat yang berpotensi sebagai obat tradisional untuk asam urat, rematik, sakit kepala, sakit perut, dan anti-mikroba (Angelina et al., 2015). Situs useful tropical plants menyebut tanaman ini juga memiliki potensi sebagai tanaman ornamental (Anonim, 2020b). Tanaman ini merupakan tanaman semusim (annual). Ketinggian tanaman ini bisa mencapai 15-45 cm.

Di balik bentuknya yang kurang meyakinkan, siapa sangka tanaman ini berkhasiat sebagai tanaman obat untuk melawan asam urat yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan daun suruhan mengandung ekstrak air dan heksan herba, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat yang mengindikasikan bahwa kandungan kimia dalam herba suruhan dapat dikembangan menjadi obat antihiperurisemia (Yunarto, 2013). Komposisi mineral dari daun suruhan bernilai tinggi yang terdiri dari kalium, kalsium, dan besi sebagai unsur utamanya sehingga bagus sebagai sumber protein dan energi yang baik serta mikronutrien berupa sayuran berdaun untuk konsumsi manusia.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red