×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sering lemas saat melihat darah, bisa jadi mengidap Sinkop Vasovagal

0

Kesehatan

Sering lemas saat melihat darah, bisa jadi mengidap Sinkop Vasovagal

Memang terbilang cukup aneh, tapi beberapa orang bisa lemas dan pingsan hanya karena melihat darah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fatimah Zahrah

01 / 03 / 2019 17:10

Lumrahnya, seseorang tidak akan takut pada darahnya sendiri, apalagi bagi kaum wanita yang setiap bulannya mengalami menstruasi. Namun ternyata sebagian manusia mengalami ketakutan yang berlebih pada darah. Kondisi ini tak hanya dialami oleh wanita, sebab tak sedikit pria dan anak-anak juga mengalami ketakutan saat melihat darah. Jika kamu merasa lemas dan ingin pingsan saat melihat darah, artinya kamu mengidap Sinkop Vasovagal.

Sinkop Vasovagal adalah kondisi umum yang menyebabkan tubuh kita lemas hingga pingsan. Tak hanya pada darah, ternyata Sinkop Vasovagal juga terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan saat melihat injeksi, luka, ataupun gangguan emosi yang ekstrem seperti ketakutan akan luka-luka hingga tegang. Kondisi ini sering terjadi ketika tekanan darah rendah dan jantung tidak memompa pasokan oksigen ke otak secara normal, sehingga terjadi penurunan kesadaran secara mendadak dalam denyut jantung dan tekanan darah yang dapat mengurangi aliran darah ke otak. Hal inilah yang menyebabkan badan terasa melayang, kaki menjadi lemas, dan jatuh pingsan.

Ada beberapa gejala yang dapat diamati dengan mata telanjang sebelum kamu benar-benar pingsan, seperti kulit kamu akan memucat, pandangan mulai kabur, pusing, mual, bahkan mulai memproduksi keringat dingin. Jika kamu mengalami gejala-gejala itu dan merasa akan pingsan, segeralah hentikan aktivitas, lalu duduk dan berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala. Hal ini akan membantu aliran darah kembali ke otak dan mencegah terjadinya Sinkop Vasovagal.

Memang terbilang cukup aneh, tapi beberapa orang dapat mengalami ini hanya dikarenakan melihat darah. Namun jangan khawatir, bagi penderita Sinkop Vasovagal biasanya kelainan ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Tapi jika kondisi ini terjadi terus-menerus, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lebih baik.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red