×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sering dengerin musik? Ini 4 manfaatnya buat kamu

0

Musik

Sering dengerin musik? Ini 4 manfaatnya buat kamu

Musik dapat memberikan manfaat positif bagi pendengarnya. Namun jangan sampai memutar musik dengan volume terlalu keras ya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Martin David Oktaviano

23 / 07 / 2019 16:25

Tahukah kamu jika mendengarkan musik yang disuka gak hanya bikin senang saja? Dengan mendengarkan musik, secara nggak sadar ternyata juga bisa mengubah hidup jadi lebih berwarna. Selain itu apa lagi ya manfaat mendengarkan musik yang lain? Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Meningkatkan mood.

Reaksi tiap orang dengan musik pasti berbeda. Ada yang habis mendengarkan musik, dia jadi lebih santai, bahagia, dan bisa ketawa ngakak. Atau bisa juga sebaliknya, jadi merasa diri kamu sedih dan menangis.

Hal tersebut wajar banget karena kalau diingat-ingat musik juga sering banget buat dijadiin sarana untuk mengekspresikan hal-hal yang nggak bisa diungkapkan lewat kata-kata, mau itu pas kamu sedih atau di saat kamu lagi bahagia. Yang intinya, musik juga bisa berperan sebagai stimulus bagi emosi seseorang.

Jadi, udah ngga heran kalau banyak orang yang menjadikan musik sebagai sarana untuk mencairkan suasana hati kamu yang lagi sedih atau galau sampe tersendu-sedu.

Loading...

2. Mendengarkan musik bantu kurangi stres.

Dengan mendengarkan musik favorit kamu selama 30 menit ternyata juga bisa bantu kamu buat ngelepasin hormon endorphin yang ada di bagian otakmu. Hormon endorphin adalah substansi yang bisa bikin kamu jadi merasa senang, bahagia, dan bisa jalanin aktivitas yang lebih banyak buat hari-hariamu.

3. Meningkatkan kinerja.

Saat mendengarkan musik ternyata bisa bikin kamu fokus melakukan kerjaan di kantor lho! Eitsss tapi ada juga beberapa lagu emosional yang kamu suka atau yang nggak kamu suka justru bisa menghilangkan fokus kerjaan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat musik dengan beat atau ketukan yang terlalu cepat bisa merangsang gelombang otak untuk beresonansi selaras dengan irama. Alhasil, otak jadi lebih mudah berkonsentrasi dan berpikir dengan tajam.

4. Bikin tidur lebih nyenyak.

Manfaat mendengar musik membuat tubuh jadi rileks dan lebih tenang. Coba putar musik dengan ritme lambat yang lembut dan bisa kasih ketenangan buat tubuh dan pikiran. Tanpa sadar, musik bisa bikin kamu tertidur dengan nyenyak.

Walaupun musik banyak potensi untuk memengaruhi mood, tapi kalau kamu menyalakannya dengan volume yang kenceng bukan ide yang ciamik. Bisa-bisa kamu malah kena gangguan pendengaran. Hasil studi yang dilakukan National Institute on Deafness and Other Communication Disorders menyebutkan bahwa suara keras sampai 85 desibel bisa menyebabkan kerusakan pendengaran permanen.

Jika kamu biasa menghidupkan playlist atau mp3 sampai volume yang maksimal, bisa-bisa berisiko mecahin gendang telinga sampai lebih dari 100 desibel. Wah, bahaya banget ya!

Jadi, kalau ada teman di sebelahmu bisa dengerin lagu yang lagi kamu denger dari earphone karena terlalu kencang, ada baiknya kamu mulai kecilkan volumenya biar kamu nggak mengalami gangguan telinga.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red