Presiden Joko Widodo dikenal sebagai pemimpin yang suka blusukan, selalu datang ke lapangan untuk mengetahui secara langsung permasalahan-permasalahan yang ada. Karakter ini sudah dibawanya semenjak beliau menjadi Walikota Surakarta maupun Gubernur DKI Jakarta.

Kegiatan khasnya itu pun masih tetap dijalankan setelah beliau terpilih menjadi Presiden Indonesia pada tahun 2014. Jika ketika menjadi walikota dan gubernur wilayah blusukannya lingkupnya kecil, maka setelah menjadi presiden daerah blusukannya tentu saja sangat luas, meliputi seluruh wilayah Indonesia.

Dalam sebua video yang dirilis oleh akun resmi Presiden Joko Widodo di Facebook dan Instagram, beliau menjelaskan tentang kegiatan blusukannya. Video itu berjudul "3 Tahun Kerja Presiden Jokowi".

Sering blusukan ke seluruh pelosok tanah air, ini tujuan Jokowi

Mengenai video itu, Presiden memberikan caption, "Tiga tahun menjadi Presiden Republik Indonesia, adalah tiga tahun blusukan ke seluruh penjuru negeri. Jika hanya duduk di kantor, kita tidak akan pernah tahu masalah di lapangan."

Dari video singkat itu kita tahu bahwa selama 3 tahun menjabat, beliau telahmembagikan 1.286.395 KIS, 46.336 KIP, serta137.035 sertifikat tanah pada tahun 2017. Beliau juga melakukan groundbreaking 23 proyek besar, meliputi tol laut, jalan tol, waduk, dan perumahan rakyat.

Selama 3 tahun itu juga Presiden telah menghadiri 520 acara. Seringkali dalam acara-acara itu Presiden membagikan hadiah berupa sepeda bagi masyarakat yang beruntung. Tercatat sudah 119 unit sepeda yang dibagikan oleh beliau.

Lantas apa sih tujuan Presiden Jokowi melakukan blusukan ke seluruh pelosok tanah air seperti itu? Rela capek dan berpanas-panas di lapangan? Presiden menjawabnya dalam sebuah postingan di Facebook sebagai berikut:

"Saya ingin memastikan semua program pemerintah yang sudah direncanakan telah dilaksanakan dengan benar, mengontrol jalannya proyek-proyek strategis nasional, mengecek hambatan-hambatan dan mencarikan jalan keluarnya."

Nah, itulah alasan Presiden melakukan blusukan. Presiden kita ternyata orangnya disiplin dan pekerja keras, ya? [*]

CATATAN: konten bersumber dari akun Facebook resmi Presiden Joko Widodo, gambar thumbnail dikutip dari halaman Facebook Setkab RI.