Punya mimpi bekerja di bidang kuliner? Bagi kamu yang hobi masak, mungkin udah kepikiran untuk buka usaha catering atau food truck. Tapi, ternyata ada banyak profesi kuliner lain yang nggak kalah seru dan unik, lho. Apa aja, ya? Yuk, simak satu per satu!

Private Chef

Selain buka restoran, ini 3 profesi unik yang bisa kamu coba

Di Indonesia, orang-orang sering banget mengadakan pesta, perayaan, atau sekadar kumpul-kumpul seperti arisan atau reuni. Di acara berskala besar, mungkin mereka lebih memilih untuk menyewa jasa katering yang praktis. Tapi, di acara yang lebih kecil, ada kesempatan emas bagi para chef untuk disewa jasanya. Apa aja sih, tugas private chef?

Private chef biasanya disewa untuk menangani semua urusan makanan di sebuah acara, mulai dari merancang menu, membeli bahan-bahan, menyiapkan makanan, hingga ke plating atau presentasi makanan di piring.

Tentunya, pekerjaan ini menuntut wawasan dan skill kuliner yang luas, karena selera customer berbeda-beda. Selain itu, private chef juga harus bekerja di situasi ruang kerja atau dapur yang berbeda-beda. Jadi nggak bosan, deh!

Food Stylist

Selain buka restoran, ini 3 profesi unik yang bisa kamu coba

Kamu pernah dengar istilah food photography, kan? Nah, selain fotografer yang handal, food photography yang keren juga membutuhkan seorang food stylist. Di sinilah kamu yang passionate di bidang kuliner bisa bersinar.

Sama seperti food photographer, jasa food stylist biasanya disewa oleh majalah kuliner, penerbit buku resep, atau restoran yang membutuhkan foto makanan cantik untuk keperluan promosi.

Seorang food stylist harus mengerti dasar ilmu fotografi, paling nggak untuk bisa bermain dengan lighting dan angle foto. Hal penting lainnya adalah kemampuan meng-highlight bahan-bahan, warna, dan tekstur makanan, agar terlihat oke di atas piring dan di depan kamera.

Di Indonesia, memang belum ada sekolah khusus untuk menjadi food stylist. Makanya, skill food stylist biasanya didapat dari pengalaman langsunglearning by doing. Selain bekerja secara lepas atau freelance untuk proyek tertentu aja, food stylist juga mungkin bekerja fulltime untuk majalah kuliner.

Food Critic

Selain buka restoran, ini 3 profesi unik yang bisa kamu coba

Nah, kalau food stylist menggabungkan passion kuliner dengan kemampuan fotografi, profesi satu ini adalah kombinasi unik dunia kuliner dan menulis. Yup, food critic adalah jurnalis yang menilai makanan dan restoran, dan menuliskan komentarnya di artikel atau kolom khusus, biasanya di majalah atau koran, atau di blog pribadi.

Sama dengan food stylist, saat ini belum ada sekolah khusus untuk menjadi food critic. Untuk profesi ini, seseorang harus punya wawasan yang luas banget soal dunia kuliner, mulai dari jenis-jenis makanan, macam-macam tekstur dan rasa makanan, profil para chef, hingga beragam restoran.

Bagus banget kalau seorang food critic memiliki background pendidikan kuliner. Skill menulis yang oke juga wajib dimiliki, karena seorang food critic harus bisa menyampaikan pendapatnya dengan baik lewat tulisan.Seorang food critic juga nggak boleh bilang-bilang kalau dia adalah food critic, supaya pihak restoran nggak memberikan pelayanan khusus. Seru, ya?

Ternyata macam-macam ya, profesi yang berhubungan dengan dunia kuliner. Beberapa juga ada yang digabungkan dengan passion di bidang lainnya. Asyik banget! Kira-kira profesi apa yang paling cocok denganmu?