×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Selain bijinya, 3 bagian pohon kopi ini juga bernilai ekonomis

0

N/A

Selain bijinya, 3 bagian pohon kopi ini juga bernilai ekonomis

Daun kopi juga bisa kamu racik jadi minuman loh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

26 / 03 / 2019 12:26

Kamu tentu sudah tahu manfaat dari biji kopi yang kamu minum tiap pagi atau sore. Ternyata tanaman ini juga punya banyak manfaat, mulai dari daun, batang, dan tentu saja bijinya. Nah, buat melestarikan dan memperkenal tanaman kopi ini, khususnya di daerah Desa
Mekar Gambung Ciwidey, PT Len Industri memberi bantuan bibit pohon kopi gambung sebanyak 15.000 pohon.

"Selain untuk meningkatkan kesejahteraan petani, penanaman bibit pohon kopi gambung ini juga untuk mengenalkan, mengembangkan, dan melestarikan produk hasil bumi, khususnya di Desa Mekarsari", Ujar Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri Priadi Ekatama Sahari, saat ditemui usai penanaman bibit pohon kopi Gambung di Kaki Gunung Tilu Ciwidey Kabupaten Bandung.

Lantas apa saja manfaat dari pohon kopi? Yuk kita simak bersama.

1. Kayu pohon kopi.

humas pt.len industri

Loading...

Kayu dari pohon kopi termasuk kayu keras golongan kelas kuat III (setara dengan kayu jabon). Meski harus diproses dulu agar lebih awet, pohon kayu ini di daerah Jember dan Banyuwangi banyak dibuat menjadi kursi dan meja dengan bentuk artistik. Selain itu, kayu kopi ini juga dibuat menjadi tasbih. Nah, setiap bulan ramadhan dan musim Haji, para pengrajin tasbih kayu ini pasti kebanjiran order.

 

2. Daun kopi.

litbang.pertanian.go.id

Kamu udah pernah nyobain minum daun kopi? Eits jangan tersenyum dulu ya karena ini daun kopi bisa diolah seperti teh dan disajikan menjadi minuman, namanya Kawa Daun.

Kawa Daun ini bisa kamu jumpai di sejumlah kedai kopi di daerah Batusangkar, Payakumbuh, dan Bukittinggi, Sumatera Barat. Rasanya mantap jiwa deh. Meski warnanya mirip seperti teh (hitam pekat), tapi rasa kopinya masih bisa kamu dapetin.

 

3. Akar pohon kopi.

Litbang.pertanian.go.id

Ini adalah bagian ketiga yang selalu sembunyi di tanah. Akar kopi termasuk dalam akar tunggang. Akar tunggang pada kopi ini tumbuh lagi akar lebar sehingga bentuknya bercabang-cabang. Oleh karena itulah akar pohon ini dibuat menjadi barang seni kerajinan (root craft of art). Salah satu pengrajin akar kopi ini ada di Desa Trans Mangkurajo, Bengkulu. Mereka memilah akar kopi yang baik dan artistik untuk dijadikan benda seni bernilai tinggi. Nah, kerajinan dari akar kopi ini udah menembus pasar luar negeri loh. Wiih, keren ya.

 

Nah, itu tadi bagian dari pohon kopi yang ternyata punya manfaat sekaligus nilai ekonomis. Jadi gak ada salahnya dong sekali-kali kamu nyempetin diri traveling ke kebun kopi sekaligus menggali kearifan lokal yang ada di sana.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red