×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sejarah sepak bola dunia dan awal masuknya ke Indonesia

0

Olahraga

Sejarah sepak bola dunia dan awal masuknya ke Indonesia

Banyak orang mengetahui soal sepak bola, akan tetapi jarang sekali orang yang mengetahui sejarah sepak bola itu sendiri.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Samsul Anam

02 / 01 / 2020 19:23

 

Sepak bola adalah olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim berjumlah 11 pemain dan 1 penjaga gawang. Sekarang nyaris semua orang tahu akan sepak bola, baik pria maupun wanita. Pada tahun 2006 FIFA mensurvey sekitar 4% populasi dunia (atau sekitar 270 juta orang) bermain sepak bola secara aktif. Sementara pada pagelaran sepak bola terbesar dunia, yaitu Piala Dunia 2014, diketahui penonton pertandingan mencapai 3,2 miliar orang! Artinya hampir setengah populasi dunia menyaksikan ajang olahraga terbesar dan terpopuler ini.

Tapi banyak yang tidak tahu akan sejarah ditemukannya olahraga ini. Apa saja dan bagaimana sepak bola ditemukan?

Episkyros.

Bisa dikatakan bahwa sejarah sepak bola tertua di dunia bersal dari Romawi. Permainan itu dinamakan Episkyros yang dimainkan oleh 12 hingga 14 orang di masing-masing regu dengan satu buah bola dan setiap pemain boleh menggunakan tangan. Akan tetapi sepak bola ini tidak seperti sepak bola yang sekarang yang memiliki aturan-aturan tertulis. Para pemain episkyros bermain sepak bola layaknya sparta.

Loading...

Permainan ini sederhana, yaitu dengan melempar bola sejauh-jauhnya ke zona lawan dengan bebagai tackle yang amat keras. Walaupun demikian tidak ada bukti yang jelas mengenai hubungan antar episkyros dengan sepak bola modern meskipun ada relif yang menunjukan adanya permainan sepak bola pada zaman Romawi.

T’su Chu.

T’shu Chu adalah permainan bola Tiongkok kuno yang dimainkan di negeri Jepang, China, Korea, bahkan Vietnam.  Permainan ini di mulai sejak zaman Dinati Ming. Dibandingkan episkyros, T’su Chu lebih mirip dengan sepak bola modern tapi tetap terdiri dari dua tim yang masing-masing tim terdapat 12-14 pemain. Permainan ini diharuskan menggiring dan menendang bola yang memiliki beberapa aturan khusus. Para pemain tidak diperkenankan menggunakan bola saat bermain.

Kemari.

Kemari merupakan peermainan bola yang muncul sekitar tahun 500-600 di Jepang. Sedikit berbeda dengan episkyros dan T’su Chu, pemain kemari diharuskan menendang bola di dalam lingkaran kecil dan mencegah agar bola tidak sampai jatuh. Atau yang saat ini disebut dengan juggling. Permainan ini mulai berkembang dan yang diklaim menginspirasi terciptanya peermainan takraw.

Sejarah sepak bola modern.

Sepak bola terus berkembang. Dimulai di Inggris yang ditandai dengan berdirinya sebuah organisasi asosiasi sepak bola yang dihadiri dengan 11 wakil perkumpulan sepak bola Eropa di London-Inggris. Dalam pertemuan ini ditetapkan seri dan peraturan sepak bola yang kemudian dikuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Skotlandia, dan Irlandia yang selnajutnya membentuk International Football Association Boar (IFAB).

Dalam perkembangan selanjutnya didirikanlah Federation International de Football Associacion (FIFA) di Paris pada 21 Mei 1904 yang digagas oleh Henry Delaunay dan Jules Ramet dan dihadiri oleh 7 negara yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda. Negara-negara tersebut meupakan anggota FIFA yang pertama.

Berikut daftar peristiwa penting dalam perjalanan sepak bola modern berdasarkan tahun:

- Tahun 1863 terbentuk asosiasi sepak bola di Inggris.

- Tahun 1885 diselenggarakan pertandingan sepak bola di luar Inggris, yaitu Kanada melawan Amerika.

- Tahun 1886 rapat pertama kali yang membahas tentang pembentukan organisasi yaitu Asosiasi Sepak Bola Dunia.

- Tahun 1888 ditetapkan aturan bahwa wasit memegang penuh kendali dalam permainan sepak bola.

- Tahun 1904 FIFA terbentuk di Prancis yang beranggotakan Swedia, Swiss, Belgia, Belanda, Spanyol, dan Prancis.

- Tahun 1904 FIFA berdiri dan memiliki tujuan “for the game, for the world” yang berarti sepak bola akan menjadi salah satu alat pemersatu dunia setelah Perang Dunia II.

Markas FIFA berada di Zurich, Swiss yang merupakan tempat kegiatan yang dilaksanakan oleh FIFA. Misalnya pengundian Liga Champion, liga yang paling bergengsi di Eropa, pemberian gelar pemain terbaik, dan lain-lainya. Adapun tugas FIFA adalah mempromosikan sepak bola, melakukan pengaturan transfer pemain dari tim ke tim lain, dan mempublikasikan daftar peringkat dunia FIFA pada setiap bulanya.

Sejarah sepak bola di Indonesia.

Sejarah sebak bola Indonesia tidak lepas dari negara asing yang sudah menjajah ataupun berdagang. Akan tetapi pengaruh pertama kali yaitu dari negeri China yang bertujuan untuk memperkenalkan bahwa China juga tidak kalah dengan negara-negara superior Eropa. Jadi selain berdagang, orang-orang China juga memperkenalkan sepak bola kepada orang Indonesia.

Sejarah mencatat pada tahun 1920 terdapat klub sepak bola UMS Surabaya dan Jakarta yang didirikan oleh warga Tionghoa yang telah menjadi klub besar dan hebat. Dan pada masa itu Negara Indonesia telah mengikuti ajang pagelaran sepak bola dunia, yaitu Piala Dunia pada tahun 1938.

Dalam perkembangan selanjutnya organisasi sepak bola terbentuk di Indonesia yang bernama PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) yang didirikan pada tanggal 13 April 1930 di Yogyakarta. PSSI berdiri sebelum Indonesia ikut Piala Dunia pada tahun 1938.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red