Seorang pria melapor kepada polisi dan mengaku jika dirinya telah diserang oleh seorang perampok. Sang polisi pun kemudian mengajukan beberapa pertanyaan pada pria itu. Pria itu pun dengan rincinya menjelaskan kejadian yang dialaminya.

Dia mengatakan jika dirinya saat itu sedang dalam perjalanan menuju sebuah bank dengan membawa sebuah koper yang berisikan uang sebesar $100.000. Saat dalam perjalanan itulah secara tiba-tiba dia diserang oleh seorang perampok. Pria itu pun juga menjelaskan secara rinci ciri-ciri perampok itu. Dia mengatakan jika perampok itu berpakaian hitam, menggunakan topeng dan juga sarung tangan.

Coba pecahkan kasus sederhana ini buat tahu seberapa jenius dirimu

Setelah mendengar cerita dan penjelasan dari pria itu, sang polisi kemudian bertanya "Apakah luka yang ada di pipi anda adalah bekas serangan dari perampok itu?" Pria itu pun menjawab "Ya, perampok itu menggunakan cincin berwarna silver di tangan kirinya" ujar pria itu. Setelah mendengar cerita panjang dan jawaban dari pria itu, sang polisi akhirnya menetapkan jika pria itu telah berbohong kepadanya.

Pertanyaannya adalah, kenapa pria itu dianggap berbohong dan bagaimana cara polisi itu mengetahuinya?

Silahkan analisa dan pikirkan terlebih dahulu jawabannya dan jangan menyontek ya! Bagaimana? Apakah kamu bisa menemukan jawabannya?

Nah, jawabannya adalah sang polisi mengetahui jika pria itu berbohong karena dalam ceritanya dia mengatakan bahwa si perampok menggunakan sarung tangan. Bagaimana mungkin dia mengetahui si perampok menggunakan cincin bahkan dia juga sampai mengetahui warnanya.