Anak kecilumumnya belum mengerti apa-apa dan juga belum memahami mana yang benar, mana yang salah, termasuk juga saat bulan Ramadan tiba. Kita yang dulu sebagai anak kecil pastinya pernah membuat sebuah kenakalan yang kalau diingat sekarang jadi bersalah, bahkan juga menjadi lucu.

Kenakalan yang secara sadar kita lakukan membuat hidup ini memiliki banyak pengalaman yang lucu. Bulan Ramadan di mana banyak waktu kosong karena sekolah pulang cepat dan masuksekolah juga agak siang membuat kita mudah berbuat kenakalan dan banyak godaan dari teman-teman, apalagi saat tarawih. Ada masa-masa di mana kamu melakukan kenakalan masa kecil yang paling tinggi, yang manadengan berkumpul bersama teman, bermain petasan, dan kenakalan masa kecil lainnya.

Nah, berikut ini ada beberapa kenakalan yang mungkin banyak dialami sewaktu bulan Ramadan.

1. Mengarangbuku kegiatan Ramadan.

Sebelum Ramadan usai, yuk nostalgia kenakalan masa kecil saat puasa

Awal puasa kita selalu taat dan meminta tanda tangan ketika Pak Ustaz yang sudah memberikan ceramahnya saat tarawih dan ketika selesai kita harus mengantre untuk meminta tanda tangan Pak Ustaz sebagai bukti. Awalnya saat Pak Ustaz ceramah kita sangat rajin menulis dan mendengarkan dengan khusyuk, bahkan sampai tidak muat di kolom yang tersedia saking banyak yang kita tulis. Namun setelah 1 minggu puasa berlalu, kita tidak lagi khusyuk dalam mengerjakan tugas tersebut dan akhirnya malah mengarang ceramah yang ada atau juga menyontek dengan teman saat di sekolah. Yang paling sering dan utama yaitu mengarang cerita bebas dari berbagai media, contonya dari televisi, saat kultum, yang penting diisi, dankenalakan yang paling fatal kalau kita ingat adalah momen memalsukan tanda tangan Pak Ustaz. Duh, mohon maaf ya Pak Ustaz.

2. Memimumair wudhu.

Sebelum Ramadan usai, yuk nostalgia kenakalan masa kecil saat puasa

Ini yang sering terjadi, saat siang tiba di mana matahari sedang terik-teriknya bagi kita, namun tetap harus kuat berpuasa agar ada imbalan saat Lebaran nanti. Untuk menahan haus yang tiada tara, kita meminium air wudhu untuk melepas dahaga. Setelah minum air keran, hidup terasa lebih adem dan damai, maafin yaaa.

3. Datang tarawih malah jajan.

Sebelum Ramadan usai, yuk nostalgia kenakalan masa kecil saat puasa

Ini juga kenakalan yang mungkin pernah kita lakukan. Dari rumah meminta uang untuk beramal, namun nyatanya malah untuk jajan. Seakan akan jajan di masjid itu sangatlah menggiiurkan bagi kita dan tidak tahan melihat teman-teman yang jajan. Jadi kalau tarawih pun tidak lupa untuk minta uang buat jajan. Dan jajannya dilakukan saat Pak Ustaz sedang ceramah. Duh, siapa pernah melakukan hal yang sama?