×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sebaiknya hindari 5 penyebab ini agar tidak mudah lupa

0

Kesehatan

Sebaiknya hindari 5 penyebab ini agar tidak mudah lupa

Otak memang punya memori penyimpanan yang sangat besar, namun juga perlu ruang baru untuk menyimpan hal-hal yang paling penting.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

11 / 04 / 2019 09:59

Apakah kamu pernah lupa akan suatu hal yang baru dilakukan kemarin, misalnya lupa nama orang yang baru dikenal, lupa menyimpan suatu benda seperti kunci kendaraan?

Penjelasannya, seseorang bisa lupa adalah suatu hal yang sangat wajar. Hal ini terjadi karena informasi yang baru kamu terima belum sampai ke ingatan atau akar otak yang terdalam, atau bisa jadi kamu sedang tidak fokus.

Sebaiknya hindari 5 penyebab ini agar tidak mudah lupa

Sumber: https://rheumapas.com/

Otak memang memiliki memori penyimpanan yang sangat besar, namun oatk juga perlu ruang penyimpanan baru untuk menyimpan hal-hal yang paling penting. Jika sewaktu kamu mendapat informasi baru, otak kamu penuh dan kemudian otak akan menghapus informasi yang dianggap kurang penting, kurang spesifik, dan tidak penting untuk diingat kembali.

Loading...

Lalu mengapa orang lain ingatannya sangat bagus dibanding kamu? Nah, kemampuan otak dalam mengingat bisa dipengaruhi dan berbeda pada setiap orang karena dipengaruhi oleh beberapa hal seperti berikut.

1. Jarang olahraga.

Selain berfungsi untuk kebugaran tubuh, olahraga juga berpengaruh besar pada kemampuan otak untuk mengingat. Dengan olahraga yang rutin maka akan membuat kadar insulin dan inflamasi berkurang, serta bisa menstimulasi hormon pertumbuhan yang mana akan memengaruhi pertumbuhan pembuluh darah di otak, kesehatan otak, dan pertahanan sel otak.

 

2. Usia.

Usia memang berpengaruh pada kemampuan mengingat seseorang. Seiring bertambahnya usia maka kamu akan semakin lambat dalam mengingat sesuatu. Jadi sebetulnya, mereka yang sudah bisa dikatakan pikun karena usia bukan berarti mereka lupa ingatan, melainkan meraka lambat dalam mengingat sesuatu yang telah terjadi.

 

3. Kurang tidur.

Pada saat kamu tertidur maka gelombang otak akan diproduksi untuk menyimpan memori, yang kemudian gelombang tersebut akan mentransfernya ke tempat memori penyimpanan jangka panjang. Jadi ketika kamu tidak tidur atau kurang tidur, maka gelombang akan kurang dalam memproduksi memori. Oleh sebab itulah kamu bisa menjadi pelupa. Biasanya orang yang suka begadang ia akan sering lupa.

 

4. Terlalu banyak konsumsi lemak jenuh.

Pola makan juga berpengaruh terhadap kemampuan otak dalam mengingat. Apalagi  jika kadar kolesterol, glukosa, atau tekanan darah kamu terlalu tinggi, maka pembuluh darah di sekitar otak kamu akan sangat rentan mengalami kerusakan. Maka dari itu kamu jangan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, nantinya kadar glukosa dan tenakan darah kamu tinggi sehingga kamu akan sering lupa.

 

5. Kebiasaan merokok.

Merokok bisa menghambat asupan oksigen yang menuju otak. Dengan otak yang kekurangan oksigen maka fungsi otak tidak akan berjalan dengan baik sesuai fungsinya, termasuk dalam hal mengingat.

Nah, itulah hal yang paling umum terjadi yang menyebabkan seseorang sulit mengingat sesuatu. Dari ke 5 penyebab di atas sebaiknya bisa kamu hindari agar kamu tidak lagi mengalami sering lupa.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red