×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Santernya informasi, ini 4 cara agar tak mudah terpengaruh berita hoax

0

N/A

Santernya informasi, ini 4 cara agar tak mudah terpengaruh berita hoax

Kemudahan mendapatkan informasi juga perlu dibarengi dengan kehati-hatian dalam memercayai sebuah berita.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dhika Pradana Putra

20 / 04 / 2019 12:15

 

Saat ini informasi sangat mudah didapatkan, baik dari sosial media maupun situs yang menyediakan berita-berita aktual. Namun tidak sedikit pula dari berita-berita tersebut yang merupakan berita bohong belaka. Karena itulah kita harus berhati-hati dalam mempercayai sebuah berita. Jangan sampai secara tak sengaja kita menyebar berita hoax. Berikut adalah beberapa cara agar terhindar dari berita hoax.

1. Baca sumbernya terlebih dahulu.

menangkal hoax istimewa

Ketika kita mengunjungi suatu situs, pastikan terlebih dahulu situs tersebut termasuk media yang terpercaya atau tidak. Caranya sederhana, bila sumber itu masih berasal dari situs blogging maka kita harus hati-hati membaca informasinya.

Akan lebih baik kalau kita membaca dari situs-situs media yang sudah terpercaya. Sebab, media-media terpercaya pasti mencantumkan sumber beritanya. Baik itu berita hasil reportase maupun berita yang dilansir dari portal berita luar negeri.

Loading...

 

2. Cari informasi sejenis dari website lain.
 Santernya informasi, ini 4 cara agar tak mudah terpengaruh berita hoax

Pastikan bahwa informasi itu tidak hanya berasal dari satu situs saja. Perhatikan situs media terpercaya lainnya. Bila informasi itu hanya dibahas oleh satu situs saja maka kita patut mencurigainya. Sebab, bila suatu kabar cukup heboh dan diklaim sebagai peristiwa besar pastinya media-media terpercaya ikut membahasnya.

Bila tidak ada pembahasan di situs media lainnya, maka itu bukanlah peristiwa besar. Bisa jadi pemberitaan itu akal-akalan si pembuat situs untuk menarik pembaca ke situsnya. Sebab, ketika banyak orang yang mengakses situsnya maka dia memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan finansial.

 

3. Jangan percaya begitu saja dengan foto atau video.

 Santernya informasi, ini 4 cara agar tak mudah terpengaruh berita hoax

Biasanya kabar hoax menyertakan foto atau video untuk meyakinkan orang lain. Untuk itu, kita harus cek kebenarannya dengan cara mencari foto tersebut menggunakan search engine yang memiliki banyak data mengenai foto dan video, yaitu Google.

Cara melakukan pengecekannya cukup sederhana. Cukup upload foto yang dicurigai hoax ke kolom pencarian Google. Dengan cepat, Google akan menemukan sumber foto tersebut.

Sedangkan untuk video, cukup lakukan capture pada scene tertentu dan mencarinya dalam kolom pencarian gambar. Kalau video itu viral, pastinya langsung ditemukan oleh Google.

 

4. Bersikap tenang dan jangan mudah terprovokasi.

 Santernya informasi, ini 4 cara agar tak mudah terpengaruh berita hoax

Ketika  mendapat kiriman atau melihat postingan kabar tertentu, jangan langsung percaya begitu saja. Akal sehat sangat diperlukan untuk menilai suatu berita itu benar atau tidak, sebaiknya jangan langsung marah dan terprovokasi. Kita harus berpikir jernih dan tenang karena cukup banyak pihak yang memanfaatkan kepercayaan seseorang untuk mengkambing hitamkan suatu kelompok tertentu.

Bersikap kritis atas sebuah kabar akan membantu kita terhindar dari berita hoax. Kalau perlu, ketika tidak yakin dengan postingan tersebut lebih baik jangan dibagikan, cukup abaikan dan tidak mengaksesnya. Berita yang hoax tidak hanya dapat merugikan diri sendiri, tetapi juga dapat membuat kepanikan massal.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red