Punahnya spesies hewan tertentu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan iklim, perubahan permukaan laut, perkembangan peradaban manusia, perburuan liar, dan tidak mampu bertahan hidup dari predator serta faktor lainnya.

Dikutip dari onekindplanet.orgini 6 jenis hewan yang tergolong unik tapi mereka tidak mampu bertahan lama di bumi. Dan kini mereka pun tercatat telah punah.

1. Harimau Tasmania.

5 Hewan unik ini telah punah dari habitatnya, sayang sekali!

Berasal dari Australia, Tasmania dan Papua Nugini, Harimau Tasmania termasuk hewan karnivora besar. Namun dia tampak tidak seperti harimau pada umumnya. Tubuhnya lebih mirip seukuran anjing, namun garis-garis gelap pada tubuhnya memberi kesan seperti Harimau. Ukuran terbesar hewan ini mencapai berat 30kg dengan panjang buntut hingga hampir 2 meter.

2. Stellers Sea Cow.

Dinamai oleh George Steller, seorang naturalis yang menemukan makhluk ini pada tahun 1741. Sapi Laut Stellers adalah mamalia herbivora yang besar. Dipercaya bahwa Sapi Laut Stellers yang dulu hidup memiliki panjang setidaknya 8-9 meter dan beratnya sekitar 8-10 ton. Mereka menghuni kepulauan didekat barat daya Alaska dan Kepulauan Komandan di Laut Bering.

5 Hewan unik ini telah punah dari habitatnya, sayang sekali!

Dipercaya bahwa mamalia ini termasuk jinak dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan rumput laut. Dan faktanya bahwa mereka tidak dapat menenggelamkan tubuh besarnya. Mungkin inilah yang membuatnya rentan terhadap pemburu manusia. Dalam 27 tahun penemuan oleh orang Eropa, Sapi Laut Steller diburu sampai punah.

3. Dodo.

Seekor burung yang telah punah, dulunya tinggal di Mauritius, Dodo tingginya sekitar satu meter dan beratnya bisa mencapai 10-18 kg. Satu-satunya data yang kita miliki tentang penampilan Dodo adalah melalui ilustrasi dan catatan tertulis dari abad ke-17, sehingga penampilan pastinya tetap belum terselesaikan.

5 Hewan unik ini telah punah dari habitatnya, sayang sekali!

Diperkirakan burung tersebut punah karena kurangnya ketersediaan sumber makanan (benih, akar dan buah) dan tidak adanya predator yang relatif. Pelaut Belanda pertama kali mencatat penyebutan dodo pada tahun 1598. Burung itu diburu sampai punah oleh pelaut dan hewan peliharaan mereka, dan spesies invasif. Penampakan Dodo yang terakhir diterima pada tahun 1662.

4.Woolly Mammoth.

Seekor mamalia yang sangat besar, yang diyakini terkait erat dengan gajah modern. Nenek moyangnya bermigrasi keluar dari Afrika sekitar 3,5 juta tahun yang lalu, menyebar di utara Eurasia dan Amerika Utara. Makhluk ini tingginya lebih dari 4 meter dan berat bisa lebih dari 6 ton. Mereka ditutupi bulu dan taring yang melengkung.

5 Hewan unik ini telah punah dari habitatnya, sayang sekali!

Mammoth Woolly akhirnya hilang 10.000 tahun yang lalu melalui kombinasi perburuan oleh manusia dan hilangnya habitatnya melalui perubahan iklim. Yang terakhir dari populasi raksasa wol terisolasi diyakini telah lenyap dari Wrangel Island di Samudra Arktik sekitar tahun 1700 SM.

5. Sabre-toothed Cat.

Sering disebut Harimau Saber-toothed atau Lions toster, mereka ada 55 juta sampai 11.700 tahun yang lalu. Kucing Sabre adalah karnivora yang diberi nama gigi taring berkepang yang memanjang hingga 50 cm.Mereka diyakini pemburu yang sangat handal untuk hewan buruan seperti sloth dan mammoth.

5 Hewan unik ini telah punah dari habitatnya, sayang sekali!

Kucing ini bisa membuka rahang mereka pada sudut 120 derajat, hampir dua kali selebar mulut singa modern. Dipercaya bahwa kepunahan Cat Sabre ini dapat dikaitkan dengan penurunan dan kepunahan herbivora besar yang mereka buru. Penjelasan lainnya termasuk perubahan iklim dan persaingan dengan manusia.