×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Rencana kuliah di Turki? Ini 5 rekomendasi perguruan tinggi terbaiknya

0

Global

Rencana kuliah di Turki? Ini 5 rekomendasi perguruan tinggi terbaiknya

Rekomendasi 5 perguruan tinggi terbaik di Turki berdasarkan QS World University Rankings.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muwaffiq Rosyadi

17 / 10 / 2019 09:55

Melanjutkan studi ke luar negeri, terutama di perguruan-perguruan tinggi bergengsi sepertinya menjadi angan-angan hampir semua orang. Selain untuk menuntut ilmu, ada beberapa alasan lain mengapa banyak sekali orang yang bercita-cita kuliah di luar negeri. Di antaranya untuk mendewasakan diri dan hidup lebih mandiri, belajar hal-hal baru seperti bahasa dan budaya, mendapat teman-teman baru dari negara lain, hingga untuk meningkatkan "nilai jual" diri kita saat melamar pekerjaan di negaranya sendiri.

Saat ini, kesempatan untuk studi ke luar negeri bukanlah sesuatu yang amat sulit diraih, tetapi tidak juga semudah membalikkan telapak tangan. Di Indonesia misalnya, terdapat banyak lembaga, badan, serta yayasan seperti yang memberikan beasiswa penuh kepada orang-orang berprestasi yang ingin kuliah di luar negeri. Contohnya LPDP dari Kemenkeu, PBSB dari Kemenag, Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud, Beasiswa Djarum dari PT. Djarum, STUNED, hingga Fullbright. Tentunya untuk mendapat beasiswa serta kesempatan belajar ke luar negeri, kamu mesti berjuang keras untuk meningkatkan prestasimu demi menambah nilai plus sehingga peluangmu lebih besar untuk lolos seleksi.

Salah satu negara yang sekarang mulai banyak dilirik orang Indonesia untuk melanjutkan studinya adalah Turki. Negara dua benua ini memang memiliki pesona yang agung di mata dunia. Turki merupakan negara yang terbentuk dari runtuhnya kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1923. Negara yang terletak di antara Aisa dan Eropa ini memiliki banyak hal yang patut dikagumi.

Di Turki terdapat banyak sekali peninggalan bersejarah berupa istana, masjid, dan benteng yang menjadi kenang-kenangan peradaban Islam kesultanan Utsmaniyah yang berdiri selama kurang lebih 6 abad. Hingga sekarang, mayoritas rakyat Turki merupakan penganut agama Islam meskipun sebagian dari mereka memiliki gaya hidup yang cenderung bebas, liberal, dan sekuler.

Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 783,356 km2 dan terbagi menjadi 81 provinsi. Banyak orang yang mengira bahwa ibu kota Turki adalah Istanbul sebab Istanbul nampaknya lebih populer dan lebih sering dimasukkan ke dalam rute travel Eropa dan Timur Tengah ketimbang ibu kota Turki yang sebenarnya, yakni Ankara.

Loading...

Mengutip dari Wikipedia, ada sekitar 183 perguruan tinggi di negeri ini yang terdiri atas 109 universitas negeri (termasuk di dalamnya 8 universitas teknik, 1 institut teknologi, serta 1 universitas seni murni), 65 universitas swasta dan 8 akademi lainnya. Namun, di artikel ini saya menyuguhkan daftar 10 perguruan tinggi terbaik di Turki yang masuk dalam daftar QS World University Ranking 2020 yang daftar lengkapnya bisa kamu akses di sini. Rekomendasi ini bisa menjadi pertimbangan buat kamu atau orang terdekatmu yang berencana melanjutkan studi ke negeri asal bunga tulip ini.

1. Koç University.

Rencana kuliah di Turki? Ini 5 rekomendasi perguruan tinggi terbaiknya

Koç University adalah sebuah universitas swasta-nirlaba yang kampusnya berlokasi di Istanbul. Universitas ini pertama kali didirkan pada tahun 1933, namun kala itu masih belum memiliki gedung sendiri sehingga kegiatan perkuliahan serta administrasi universitas ditempatkan di sebuah bagunan bekas pabrik di Kota Istinye. Barulah kemudian pada tahun 2000 perguruan tinggi ini berpindah ke kampusnya yang sekarang di Rumelifeneri di Utara Istanbul.

Berdasarkan QS World University Rankings 2020, Koç University menempati urutan pertama perguruan tinggi terbaik di Turki dan menempati posisi 448 di seluruh dunia. Koç University mempunyai 22 program sarjana, 31 program pascasarjana, serta 16 program PhD dengan program studi multidisiplin mulai dari ilmu sosial, ekonomi, hukum, sains, hingga kedokteran dan keperawatan. Universitas yang memiliki 5500 mahasiswa ini pun menjalin kerjasama dengan beberapa universitas top dunia seperti University of California, Cornell University, Northwest University, serta Georgetown University.

2. Bilkent University.

Rencana kuliah di Turki? Ini 5 rekomendasi perguruan tinggi terbaiknya

Berlokasi di Ibu kota Turki, Ankara, universitas ini didirikan pada tahun 1984 oleh seorang profesor bernama Ihsan Dogramaci yang namanya diabadikan di logo universitas ini. Nama "Bilkent" merupakan singkatan 2 kata dalam bahasa Turki Bilim Kenti yang berarti kota ilmu pengetahuan.

Meskipun usianya tergolong masih muda dibandingkan beberapa universitas lain di Turki, Bilkent University mampu menunjukkan eksistensi dan kemajuannya di mata dunia yang dibuktikan dengan masuknya nama perguruan tinggi ini di dalam list QS World University Rankings 2020, menempati urutan kedua di Turki dan 456 di dunia. Diperkirakan saat ini Bilkent University memiliki tak kurang dari 13000 mahasiswa yang terdaftar di 33 program sarjana serta 59 program pascasarjana. Bilkent university memiliki 9 fakultas, diantaranya fakultas ekonomi, pendidikan, hukum, humaniora serta desain dan arsitektur.

3. Sabanci Üniversitesi.

Rencana kuliah di Turki? Ini 5 rekomendasi perguruan tinggi terbaiknya

Universitas terbaik ketiga di Turki versi QS World University Rankings 2020 adalah Sabanci Üniversitesi. Adalah yayasan bernama Sabanci Vakfi yang mempelopori berdirinya universitas ini pada bulan Juli 1994. Setelah melalui proses panjang, dari mulai konferensi yang melibatkan lebih dari 50 akademisi dari 22 negara pada tahun 1995 hingga upacara groundbreaking (pencangkulan tanah pertama) pada tahun 1997, akhirnya universitas ini resmi dibuka dan menjalankan perkuliahannya pada bulan Oktober 1999.

Saat ini, Sabanci Üniversitesi memiliki 3 fakultas dengan 11 program sarjana, 46 program pascasarjana, 15 program doktoral, 11 program minor, serta 10 program double degree. Perguruan tinggi yang berlokasi di Istanbul ini memiliki sekitar 4000 mahasiswa program sarjana dan 1000 mahasiswa pascasarjana dengan sekitar 66% dari mereka menerima beasiswa dari universitas tersebut.

4. Orta Dogu Teknik Üniversitesi (Middle East Technical University).

Rencana kuliah di Turki? Ini 5 rekomendasi perguruan tinggi terbaiknya

Nama universitas ini biasanya disingkat ODTÜ (bahasa Turki) dan METU (Bahasa Inggris). METU didirikan pada tahun 1956. Universitas ini menyandang nama "Middle East" sebab selain memiliki gedung kampus di Kota Cankaya, Ankara dan provinsi Erdemli, METU juga mendirikan 1 kampus lainnya di luar Turki, tepatnya di Kota Morphou, Siprus Utara.

METU memiliki fokus studi di bidang engineering dan ilmu-ilmu alam, memiliki 5 fakultas dengan 40 program sarjana, 97 program master, serta 62 program doktoral dalam 5 sekolah pascasarjana. Di usianya yang telah mencapai 63 tahun, METU telah memiliki lebih dari 120.000 alumni dari seluruh dunia. METU memberikan keringan hingga membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional dengan melihat prestasi dan pencapaian akademik mereka.

5. Bogaziçi Üniversitesi.

Rencana kuliah di Turki? Ini 5 rekomendasi perguruan tinggi terbaiknya

Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Turki. Bogaziçi Üniversitesi didirikan oleh Christopher Robert pada tahun tahun 1863 dengan nama Robert College. Kala itu, Turki masih berada di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah. Robert College merupakan institusi pendidikan tinggi Amerika Serikat pertama yang didirikan di luar wilayah negara tersebut. Kemudian pada tahun 1971, Robert College berubah nama menjadi Bogaziçi Üniversitesi.

Bogaziçi Üniversitesi memiliki 4 fakultas dan 2 sekolah sarjana serta 6 institut menawarkan program pascasarjana. Universitas ini memiliki 6 kampus yang semuanya berlokasi di Istanbul. Bogaziçi Üniversitesi menawarkan program studi multidisiplin, diantaranya adalah ilmu eksak seperti kimia, fisika dan matematika; ilmu sosial seperti ilmu politik, sosiologi dan ekonomi; serta humaniora seperti sastra Inggris dan sastra Turki. 

Itulah beberapa rekomendasi universitas terbaik di Turki berdasarkan QS World University Rankings 2020. Bagaimana, sudah ada bayangan mengenai kampus tujuan kamu di negeri dua benua ini? Jika sudah, ada baiknya kamu mempersiapkan segala hal untuk mendaftar di salah satu universitas tersebut, meskipun kamu masih kelas 10 SMA atau masih semester 1.

Rajin-rajinlah mencari informasi mengenai beasiswa baik dari pemerintah maupun dari yayasan atau lembaga swasta. Setelah itu, mulailah mempelajari bahasa Turki, sebab meskipun universitas top di Turki rata-rata menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahannya, kamu pastinya tetap membutuhkan bahasa Turki untuk berkomunikasi dengan worang-orang di sana. Selamat berjuang dan Good Luck!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red