×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Remote Play PlayStation 4: Cara seru bermain PS4 lewat gadget

0

Gadget

Remote Play PlayStation 4: Cara seru bermain PS4 lewat gadget

PlayStation 4 punya kemampuan seru bernama Remote Play yang memanfaatkan jaringan internet broadband dan gadget seperti smartphone atau laptop.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

11 / 03 / 2019 11:15

Sony PlayStation 4 / PS4 merupakan console video game keluaran Sony yang keren. Walaupun mungkin belum mencapai level fenomenal seperti PlayStation original ataupun terjual sebanyak PlayStation 2 namun PS4 memiliki kehebatannya sendiri. Selain kualitas grafis top dan keren untuk era saat ini, PlayStation 4 juga memiliki beragam fitur yang menjadikan dirinya sebuah kotak dengan kemampuan multifungsi selain untuk bermain video game.

Salah satu fitur keren yang dimiliki oleh PS4 adalah kemampuan melakukan “Remote Playing”.

Remote Play PlayStation 4: Cara seru bermain PS4 lewat gadget

(Sumber gambar: Gamepur)

Sebenarnya Remote Play sendiri bukanlah barang baru di keluarga Sony PlayStation karena sejatinya fitur ini sudah mulai diperkenalkan di PlayStation 3. Pada prinsipnya fitur Remote Play memungkinkan pemain PlayStation 3 (dan PlayStation 4) mengakses console mereka melalui medium lain selain dari mesinnya sendiri lewat jaringan internet. Seperti dari smartphone, PC/laptop dan juga portable handheld buatan Sony (PlayStation Portable / PSP & PlayStation Vita / PSVita).

Loading...

Remote Play PlayStation 4: Cara seru bermain PS4 lewat gadget

(Sumber gambar: The Verge)

Untuk melakukan hal tersebut tentunya dibutuhkan sejumlah persyaratan. Seperti misalnya sinyal wifi yang kuat; baik untuk PlayStation 4 maupun gadget yang digunakan untuk melakukan Remote Play. Untuk smartphone, sistem operasi yang didukung adalah iOS Apple serta Android Google. Sementara sistem operasi Windows dan Mac juga tersedia untuk digunakan. Memiliki akun PlayStation Network merupakan keharusan karena tanpa akun tersebut pemilik PlayStation 4 tidak akan bisa melakukan Remote Play.

Remote Play PlayStation 4: Cara seru bermain PS4 lewat gadget

(Sumber gambar: Android Flagship)

 

Jadi, apa untungnya melakukan Remote Play?

Salah satu faktor keuntungan adalah mobilitas. Seorang pemain PlayStation 4 jadi tidak terlalu terikat harus bermain di depan televisi saat menggunakan PS4.

Misalnya situasinya begini, kamu sedang seru-serunya bermain PS4 di TV ruang tengah saat seseorang perlu menggunakan TV tadi untuk menonton film atau berita. Kamu dapat terus melanjutkan permainanmu di PS4 tadi melalui smartphone atau PSVita di ruangan lain (misalnya di kamar atau dapur). Sehingga keseruan bermain game tidak terputus dan TV tidak lagi jadi rebutan seperti jaman dulu. Seru, bukan?

Smartphone Sony Xperia dengan fitur Remote Play PS4 https://www.youtube.com/watch?v=AyCgxo4tNJ8

Dukungan Remote Play untuk PSVita jelas sudah ada sejak awal. PlayStation 4 diiklankan dengan informasi kemampuan Remote Play PSVita di berbagai media. Sementara kemampuan Remote Play di medium lain seperti Windows, Mac, atau smartphone baru belakangan ditambahkan.

https://www.youtube.com/watch?v=-gPmZWyzH54

Dukungan untuk iOS (alias iPhone dan iPad) baru keluar beberapa waktu yang lalu dan Sony mengatakan kalau tidak semua game mendukung fitur Remote Play. Dibutuhkan iOS versi terkini dan Sony merekomendasikan setidaknya iPhone 7, iPad generasi ke-enam atau iPad Pro. Remote Play di iOS juga tidak mendukung penggunaan controller Dualshock 4; sedikit berbeda dengan versi Sony Xperia smartphone yang mendukung penggunaan joystick tersebut di Remote Play mereka.

Remote Play PlayStation 4: Cara seru bermain PS4 lewat gadget

Lini smartphone Sony Xperia dapat menggunakan Dualshock 4 saat Remote Play (Sumber gambar: New Atlas)

Namun jangan mengira kalau Remote Play bisa dilakukan dalam jaringan internet selular ya? Karena Sony mengatakan kalau Remote Play hanya dapat berjalan ideal jika berada di environment internet broadband super kencang, yang hanya dimiliki oleh koneksi internet rumahan. Bukan koneksi internet operator selular. Jadi kalau kamu pikir bisa akses PS4 di rumah melalui smartphone kamu saat berada di sekolah, kampus atau dalam perjalanan bus/kereta api, lupakan saja. Hal itu tidak dapat terjadi.

https://www.youtube.com/watch?v=inDXlkck84E

Kalau kamu punya PlayStation 4 di rumah dan pengen merasakan sensasi Remote Play yang ada di mesin tersebut, coba saja instal aplikasi Remote Play untuk PC melalui website PlayStation. Gunakan juga versi mobile di PlayStore (Android) serta Apps Store (iOS) untuk smartphone kamu dan alami keseruan mengakses PS4 dari lokasi lain selain di depan televisi. Have fun!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red