×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Punya peluang menjanjikan, 5 jurusan kuliah ini justru sepi peminat

0

N/A

Punya peluang menjanjikan, 5 jurusan kuliah ini justru sepi peminat

Jurusan yang sepi peminat ini memiliki peluang kerja yang menjanjikan lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ari khakim

02 / 03 / 2020 11:35

Buat yang sekarang berada di bangku SMA, khususnya kamu yang sekarang duduk di kelas 12, sudah tahu belum nantinya akan melanjutkan pendidikan di jurusan apa? Pikirkan baik-baik dan buat rencana sedetail mungkin dan jauh-jauh hari tentang jurusan apa yang cocok sama kamu dan tentunya yang memiliki peluang kerja yang luas. Agar nantinya saat lulus kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan.

Daripada menuruti tren dan gengsi yang cenderung mengikuti arus yang ada di masyarakat dan berakibat sedikitnya peluang kerjamu karena terlalu banyak lulusan, mending coba ketahui jurusan mengenai beberapa jurusan ini, siapa tahu cocok denganmu. Meski sepi peminta, lima jurusan memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan lho. Coba kamu lakukan riset dulu deh!

1. Filsafat.

Punya peluang menjanjikan, 5 jurusan kuliah ini justru sepi peminat

Foto: pewartanusantara.com

Loading...

Banyak yang menganggap jurusan ini membuat orang yang mempelajarinya menjadi mudah stres karena belajar hal-hal yang dianggap kecil ataupun sepele. Padahal, ilmu filsafat mengajarkanmu untuk lebih berpikir secara kritis dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi.

Filsafat merupakan bidang pengetahuan tentang kebijaksanaan, prinsip mencari kebenaran, berpikir rasional-logis, mendalam dan bebas (tanpa terikat dengan tradisi, dogma agama) dalam memperoleh kebenaran. Singkatnya, ilmu filsafat mempelajari mengenai permasalahan umum dan mendasar yang dihubungkan dengan realita. Jurusan filsafat sangat cocok buat kamu tipe orang yang pemikir, selalu memiliki rasa ingin tahu, dan suka melakukan debat adu pendapat dengan orang di sekitar.

Jika kuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai macam teori filsafat. Seperti filsafat tentang alam, filsafat ilmu, dan masih banyak lainnya. Lulusan filsafat bisa kerja di segala bidang karena filsafat merupakan dasar dari semua ilmu pengetahuan. Kamu bisa bekerja sebagai konsultan, pengamat politik, wartawan, penulis, peneliti, guru atau pengajar, dan beragam pekerjaan lainnya. 

2. Ilmu perpustakaan.

Punya peluang menjanjikan, 5 jurusan kuliah ini justru sepi peminat

Foto: Unsplash/ Susan Yin

Yakin deh, sebagian besar dari kamu pernah menganggap remeh jurusan ini. Coba kenali dulu, jangan mudah anggap remeh setiap bidang ilmu atau jurusan. Semua bidang ilmu itu punya kesulitan dan kemudahan yang berbeda-beda.

Mungkin kamu banyak yang belum tahu lulusan ilmu perpustakaan banyak dicari loh. Di seluruh lowongan PNS baik di tingkat Kementerian pusat, daerah, BUMN, maupun perusahaan swasta pasti terdapat penerimaan lulusan Ilmu Perpustakaan. Lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi pustakawan, document cotroller atau pengontrol dokumen. Selain itu kamu juga bisa menjadi seorang sekretaris, indexer, hingga pemilik percetakan karena kuliah di jurusan ini kamu sudah pernah mendapatkan dasar-dasar penerbitan buku. Hayo, gimana? Masih menganggapnya remeh?

3. Kearsipan.

Punya peluang menjanjikan, 5 jurusan kuliah ini justru sepi peminat

Foto: training-sdm.com

Jurusan ini bisa dibilang sebagai jurusan yang langka karena nggak semua perguruan tinggi menyediakannya. Bahkan beberapa kampus kebanyakan menggabungkan jurusan Kearsipan dengan jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Selain itu, profesi arsiparis tidak banyak diminati sehingga jurusan ini tidak memiliki banyak peminat, padahal kebutuhan akan arsiparis profesional sangat tinggi.

Jika kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal yang berkaitan dengan mekanisme mengelola arsip, model-model arsip, cara perasipan, pelaporan arsip, dan sebagainya. Ketika lulus dari jurusan Ilmu Kearsipan maka kamu bisa bekerja di berbagai tempat tanpa khawatir nggak ada lowongan karena semua instansi dan perusahaan pasti membutuhkan lulusan ini.

4. Astronomi.

Punya peluang menjanjikan, 5 jurusan kuliah ini justru sepi peminat

Foto: timeshighereducation.com

Jika kamu menyukai tentang angkasa, planet, bintang nebula, gugus bintang, komet, galaksi, bahkan fenomena yang terdapat di luar Bumi, jurusan ini cocok buatmu. Ketika kuliah di jurusan ini, selain belajar mengenai benda-benda langit kamu akan mendapatkan ilmu Matematika, Fisika, Kimia, bahkan Komputasi.

Setelah lulus dari jurusan astronomi banyak peluang kerja yang bisa kamu ambil, misalnya bekerja sebagai peneliti, instansi pemerintahan seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), The National Aeronautics and Space Administration (NASA), dan instansi swasta.

5. Oseanografi.

Punya peluang menjanjikan, 5 jurusan kuliah ini justru sepi peminat

Foto: nationalgeographic.org

Seperti namanya, jurusan ini memang mempelajari fenomena laut. Jika kuliah di jurusan ini kamu akan belajar beragam fenomena laut, kalkulus, kimia, matematika, komputasi oseanografi, geografi dasar, hidro dinamika dan sebagainya.

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu akan memiliki banyak peluang kerja karena jurusan ini banyak dibutuhkan di Indonesia sebagai negara maritim. Di samping itu jurusan ini tak banyak diminati sehingga lulusannya nggak banyak, peluang diterima kerja pasti besar, dan gaji pun akan besar dong.

Banyak pilihan kerja yang sesuai dengan jurusan ini. Kamu bisa bekerja di dunia riset atau sebagai peneliti; seperti di LIPI, BNPB, BMKG, pusat pengembangan dan penerapan geologi kelautan, DIHIDROS TNI AL, BPPT, kementrian ESDM dan kelautan. Atau kamu bisa mencoba pilihan lain di dunia industri dengan profesi sebagai Metocean Engineer, Coastal Modeller, Oceanographic surveyor, Offshore Navigator, hingga field engineer.

Untuk kamu yang kurang cocok dengan pilihan kerja di atas, kamu masih bisa kok bekerja sebagai tenaga pengajar, sayangnya kamu harus menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red