(EL)Kamu yang hoby berenang, terutama berenang di kolam renang. Pernah ngak saat berenang mengalami mata perih dan hidung iritasi. Kalo saya pernah, mungkin beberapa dari kalian pernah juga ya...

Nah ternyata, mata perih dan hidung iritasi itu disebabkan oleh AIR KENCING yang ada dikolam tersebut. Hayo, siapa yang pernah kencing di kolam renang, Hihihii (biasanya nih, yang mau kencing dikolam pergi kepojokan, Hahahaha....)

Pernah alami mata perih & hidung iritasi saat berenang, ini alasannya

Menurut laporan dan survie yang dilakukan olehCenters for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika, ternyata penyebab dari fenomena ini adalah kandungan urin di dalam kolam renang. Ketika bergabung dengan klorin, urin menghasilkan kloramina, derivat dari amonia.

Reaksi serupa juga bisa terjadi jika klorin bercampur dengan senyawa yang mengandung nitrogen lainnya, seperti keringat, sel-sel kulit mati, tabir surya, dan produk kulit lainnya.

Dikombinasikan dengan ventilasi yang buruk, kloramina dalam jumlah besar dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti mata perih dan hidung iritasi.

Sekedar menyarankan Anda untuk mandi sebelum berenang dan ke toilet ketika merasa ingin buang air kecil.

Pernah alami mata perih & hidung iritasi saat berenang, ini alasannya

Tapi bagi yang masih bandel ingin kencing di kolam, hati-hati ada beberapa kolam renang yang memiliki indikator urine, jika pengunjung kencing air kolam renang langsung berubah warna tanda ada yang kencing di kolam.

Ngak lucu kan, semua mata tertuju ke kamu. Hahahaha