×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Penyebaran Covid-19 makin cepat, lakukan 5 tips pencegahan ini

0

Kesehatan

Penyebaran Covid-19 makin cepat, lakukan 5 tips pencegahan ini

Foto: cottonbro from Pexels

Yuk, jaga diri sendiri dan orang lain dari penyebaran Covid-19 dengan melakukan beberapa cara ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Irfan Naufal

16 / 07 / 2021 13:10

Tidak terasa sudah sekitar satu tahun lebih dari pertama kali Covid-19 muncul di Indonesia. Selama rentang waktu tersebut, kasus Covid-19 di Indonesia masih belum ada tanda-tanda akan mengalami penurunan. Justru akhir-akhir ini kasus Covid-19 meningkat secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh kedatangan virus Corona varian baru di Indonesia yang berasal dari India.

Varian baru yang berasal dari India tersebut adalah virus Corona varian Delta (B.1.617.2). Mengapa varian Delta ini menjadi faktor penyebab meningkatnya kasus Covid-19 secara signifikan? Karena virus Corona varian Delta ini memiliki tingkat penularan yang sangat cepat. Bahkan varian Delta lebih cepat menular daripada varian Alfa, Beta, dan Gamma. Sekarang, virus Corona varian Delta memimpin rekor dalam penambahan kasus Covid-19 dan kematiannya di Indonesia.

Di tengah gemparnya penyebaran Covid-19 ini menimbulkan berbagai macam reaksi dari masyarakat Indonesia. Ada banyak masyarakat yang masih menyepelekan Covid-19 dan bahkan masih tidak percaya bahwa Covid-19 itu ada. Ada juga masyarakat yang panik dan tidak tahu apa yang harus dilakukan di tengah wabah ini. Maka dari itu, penulis memberikan beberapa tips untuk mencegah penyebaran Covid-19.

1. Tetap tinggal di rumah.

Tetaplah berada di dalam rumah. Ini adalah salah satu cara terhindar dari Covid-19. Dengan tetap berada di dalam rumah, kecil kemungkinan untuk terkena Covid-19 karena kamu tidak bertemu dengan orang yang terinfeksi di luar rumah, kecuali kamu tertular oleh anggota keluarga sendiri. Maka dari itu, beritahu juga kepada anggota keluargamu yang berada di dalam satu rumah untuk tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan yang mendesak.

Loading...

2. Pakai masker setiap ke luar rumah.

Jika ingin ke luar rumah, kamu harus tetap memakai masker. Karena adanya varian baru, kita harus memperketat pemakaian masker dengan menggunakan masker rangkap dua.

Untuk mendobel masker pun ada caranya. Cara yang benar adalah dengan menggunakan masker bedah lalu dirangkap dua dengan masker kain. Selain tepat dalam cara menggunakan masker, kamu juga harus disiplin dalam memakainya. Sering sekali Covid-19 menular ketika kita lalai dalam memakai masker.

Hindari aktivitas yang membuat kamu melepas masker di luar rumah, seperti makan di luar rumah, melepas masker ketika berfoto dengan teman, berkumpul dengan teman, dll. Ingatlah, meski teman dan saudara kamu, bukan berarti mereka bebas dari Covid-19.

3. Jaga jarak dengan orang lain saat di luar rumah.

Jaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain untuk mencegah kamu agar tidak terkena Covid-19. Dengan menjaga jarak, kemungkinan kamu tertular Covid-19 menjadi lebih rendah.

Sebisa mungkin hindari kontak dengan orang lain. Jika kamu terpaksa harus melakukan kontak dengan orang lain karena ada keperluan penting, pastikan kamu menyelesaikan keperluan tersebut dengan cepat agar tidak lama kontak dengan orang lain.

4. Selalu membawa hand sanitizer.

Jika berada di luar rumah, selalu pastikan bahwa kamu membawa hand sanitizer. Hand sanitizer digunakan segera setelah tangan kamu melakukan kontak terhadap benda-benda di sekitarmu atau setelah melakukan kontak tangan dengan orang lain. Lalu hindari menyentuh area wajah sebelum tangan kamu steril karena Covid-19 ditularkan melalui mata, hidung, dan mulut. Maka dari itu, lebih baik kamu tidak menyentuh area wajah ketika berada di luar rumah karena tidak bisa dipastikan bahwa tangan kamu sudah steril atau belum.

5. Bersihkan tubuh, pakaian, dan barang yang kamu bawa setelah sampai rumah.

Setelah sampai di rumah, biasakan segera mandi dan langsung bersihkan pakaian yang telah kamu pakai di luar rumah. Virus bisa saja menempel pada pakaianmu. Lalu barang yang kamu bawa juga bisa membawa virus. Maka dari itu sterilkan barang-barang yang kamu bawa dari luar rumah seperti barang belanjaanmu, terutama uang kembalian belanjamu sterilkan menggunakan disinfektan.

Itulah tips mencegah Covid-19 yang dapat penulis berikan. Kita semua harus selalu waspada terhadap Covid-19. Menaati protokol kesehatan sangat penting bagi kita semua untuk mencegah tertular Covid-19 dan memutus rantai penyebarannya. Dengan begitu diharapkan Indonesia akan lebih cepat pulih dari bencana pandemi Covid-19 ini.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red