×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pentingnya perilaku menolong kala pandemi Covid-19

0

Serius

Pentingnya perilaku menolong kala pandemi Covid-19

Foto: Karolina Grabowska from Pexels

Covid-19 membuat kondisi menjadi terpuruk, dengan perilaku menolong kita bisa menyejahterakan kehidupan orang lain.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Thania Adindi Kristiana

28 / 07 / 2021 12:06

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Untuk mencukupi kebutuhan hidup individu memerlukan komunikasi dengan individu lain (Mintarsih, 2015). Dalam menjalani kehidupan, individu tidak akan pernah lepas dari bantuan orang lain, sehingga muncul perilaku tolong menolong sebagai bentuk kepedulian antara satu dengan lainnya. Perilaku menolong didasari dukungan nilai dan norma yang diyakini individu (Renata et al., 2016).

Perilaku menolong meliputi empat kegiatan, yaitu menolong (helping), berbagi (sharing), bekerja sama (cooperating), dan berdonasi (donating) (MPOC, 2020). Keempat perilaku menolong ini dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat yang menerimanya.

Saat ini dunia sedang mengalami suatu fenomena besar, yaitu adanya virus Corona yang memberikan dampak dan perubahan besar bagi masyarakat luas. Keadaan ini mengharuskan individu untuk beradaptasi dan melakukan segala aktivitas dari dalam rumah, seperti pekerjaan maupun dalam hal pendidikan agar penyebaran virus dapat diminimalisir. Hal ini memberikan dampak yang begitu besar, yaitu terjadi kesulitan ekonomi akibat kehilangan pekerjaan ataupun pemotongan gaji. Tidak hanya untuk masyarakat, tenaga medis pun bekerja keras untuk melawan virus ini dan turut serta merasakan dampaknya. Situasi sosial ini memunculkan adanya rasa kepedulian, sehingga banyak bantuan yang diberikan untuk meringankan beban masyarakat.

Adanya perilaku menolong memberikan pengaruh dan dampak positif bagi individu, yaitu kesejahteraan yang dialami oleh masyarakat, di mana kebutuhan hidup dapat terpenuhi dan masyarakat berada dalam kondisi yang berkecukupan dengan adanya bantuan yang diberikan oleh individu lain. Fenomena perilaku menolong ini sangat menarik terutama di masa pandemi karena intensitasnya semakin tinggi, di mana banyak bantuan yang disalurkan secara terus menerus kepada masyarakat terdampak Covid-19 dan para tenaga medis.

Alasan dan motivasi yang membuat individu melakukan perilaku menolong banyak dan berbeda-beda. Setiap orang memiliki tingkat kepekaan yang berbeda, tidak semua orang memiliki rasa empati yang begitu besar. Rasa empati berkaitan dengan perilaku menolong seseorang, tidak sedikit juga orang-orang yang berhati besar dan senang membantu sesama.

Loading...

Karena kita hidup berdampingan, mari bantu dan perhatikan sekitar kita lebih baik lagi, karena bantuan sekecil apa pun yang kita berikan bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang menerimanya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red