×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pentingnya memiliki self-love dan self acceptance bagi milenial

0

Kepribadian

Pentingnya memiliki self-love dan self acceptance bagi milenial

Era media sosial membawa banyak dampak dalam kehidupan manusia. Self-love dan self acceptance wajib banget kamu miliki agar bisa menghadapinya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Grace Edenia

06 / 11 / 2019 10:15

Tahukah kamu kalau di era media sosial sekarang ini tidak melulu membawa hal positif. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa media sosial berpengaruh pada kesehatan mental dan jiwa seseorang. Parahnya lagi, remaja sekarang yang merupakan pengguna media sosial aktif dikenal mudah depresi.

Nah, depresi itu nggak kenal umur. Jangan mikir cuma orang usia dewasa atau orang tua saja yang bisa depresi. Remaja mulai usia 10 sampai 24 tahun juga bisa depresi. Buktinya banyak. Akhir-akhir ini banyak banget remaja bunuh diri yang katanya karena depresi. 

Kasus yang paling heboh adalah kematian Sulli, artis Korea terkenal sekaligus mantan anggota girlband f(x). Sulli diduga bunuh diri karena depresi dan tak kuat menghadapi komentar jahat yang ia dapat melalui media sosial. Bahkan dari kasus ini mulai banyak orang yang menyoroti cyberbullying dan mental health.

Tak cuma Sulli, artis Ariel Tatum juga mendapat komentar jahat tentang tubuhnya alias body shaming di media sosial. Ariel Tatum tidak marah, namun merasa kasihan terhadap pelaku yang tidak punya edukasi tentang self-love dan self acceptance.

Apa sih self-love dan self acceptance itu?

Loading...

Self-love adalah mencintai diri sendiri. Sedangkan self acceptance adalah menerima kekurangan dan kelebihan dalam diri secara sadar. Jadi bisa dikatakan bahwa ketika kamu bisa menerima kekurangan dan kelebihan dirimu sendiri, selanjutnya kamu akan mampu untuk mencintai dirimu sendiri.

Ketika memiliki kedua hal ini maka untuk bisa menerima, menghargai, menghormati, dan mencintai diri sendiri dalam keadaaan apa pun bukanlah suatu hal yang susah. Selain itu, kamu bisa banget buat bahagia!

Apa hubungannya dalam era media sosial?

Selain membawa banyak kemudahan, media sosial juga membawa banyak hal negatif. Salah satunya adalah mudahnya mengutarakan pendapat melalui komentar di media sosial sehingga terkadang orang melupakan etika berkomunikasi maupun tata krama. Hal ini pun kemudian menjadi cyberbullying.

Belajar dari kasus Ariel Tatum yang tidak marah ketika beberapa netizen berkomentar jahat mengenai tubuh. Ariel Tatum mengaku bahwa dirinya pernah depresi dan sering di-bully di kehidupan nyata. Namun sekarang ia telah memiliki self-love dan self acceptance yang membuatkan kuat dan tak menghiraukan komentar jahat tersebut. Dapat dilihat bahwa self-love dan self acceptance dapat membantumu terhindar dari depresi dan komentar jahat yang ada di media sosial, kan?

Langkah awal untuk bisa self-love dan self acceptance.

Kamu bisa mulai dari fokus untuk menyukai diri sendiri. Kris Gage mengatakan dalam artikelnya di Medium, “Accepting that where you are right now is okay is incredibly powerful and an integral part of learning to like yourself. You don’t have to love where you are, you just have to be okay with it as a starting point.”

Jadi, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menerima diri sendiri entah bagaimanapun keadaanmu, kekuranganmu, bahkan kelebihanmu. Ini adalah langkah awal untuk kamu bisa menyukai dirimu sendiri yang akhirnya akan bisa menerima dan mencintai diri sendiri.

Jadi gimana? Penting kan untuk punya dua hal ini agar bisa bahagia, terhindar dari depresi, dan yang penting kuat menghadapi jempol warganet yang kejam.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red