×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Fakta tegel keramik yang selama ini nggak pernah kamu tahu

0

Rumah

Fakta tegel keramik yang selama ini nggak pernah kamu tahu

Tegel keramik secara umum merupakan bahan pelapis pada pekerjaan lantai ataupun dinding.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

eko daido

25 / 01 / 2018 18:01

Tegel keramik pada dasarnya terdiri dari dua bagian yaitu, bagian atas atau lapisan aus (lapisan glasur) yang memiliki tingkat kekerasan yang baik dan bagian badan atau sering disebut bagian punggung tempat meletakan adukan. Lapisan aus  yang dikeluarkan oleh industry dibedakan dalam dua jenis yaitu, jenis permukaan halus (mengkilap) dan jenis permukaan kasar (doft) yang umumnya bertekstur. Keramik dengan lapisan mengkilap umumnya dipasang untuk bagian dalam, sedangkan yang bertekstur banyak dijumpai pada bagian luar seperti pada teras, garasi atau sering dijumpai pada taman.

Ubin yang sering disebut sebagai keramik sebenarnya ada dua jenis, yaitu ubin keramik berglazur dan ubin porselen. “Kata ‘keramik’ sendiri berasal dari bahasa Yunani keramos yang artinya tanah liat (clay). Jadi, baik keramik berglazur maupun porselen terbuat dari tanah liat, hanya saja bahan pencampurnya berbeda. Sebagian besar ubin keramik yang ada di pasaran merupakan buatan pabrik. Ubin keramik buatan tangan biasanya hanya digunakan untuk keperluan dekorasi, karena harganya yang mahal akibat pembuatannya tidak bisa massal.

1. Fungsi Tegel Keramik
Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk mengetahui fungsi tegel keramik antara lain, adalah kualitas, motif serta harga tegel keramik tersebut yang menunjukan tingkat ekonomi konsumen. Fungsi utama pasangan tegel keramik adalah untuk memperindah bidang atau ruangan, baik itu untuk di dalam (interior) maupun di luar (exterior). Seperti yang kita ketahui bangunan-bangunan baru tingkat menengah banyak mempergunakan bahan tersebut, sehingga sulit dibedakan baik kualitas maupun warnanya, untuk itu perlu suatu kejelian pada saat membeli atau bahkan harus tahu standart yang ada.

Pada dasarnya fungsi dari tegel keramik, adalah :

a. Lapisan Penutup Lantai dan Dinding

Loading...

Tegel keramik memiliki tingkat kekerasan dan motif yang baik, oleh sebab itu tegel dapat berfungsi sebagai lapisan penutup pada lantai maupun dinding dan pada pemasangan keramik  harus memperhatikan pemotongan pada bagaian akhir/ pojok harus simetris syarat  minimum pemotongan adalah  ½ dari lebar keramik.

b. Keindahan

Tegel keramik diproduksi dalam berbagai bentuk,ukuran dan motif. Atau dengan membuat desain dan pemotongan ada keramik sehingga dapat menambah nilai dekoratif pada bangunan gedung  terutama interior dari bangunan tersebut.

c. Kebersihan 

Tegel keramik memiliki tingkat kehalusan dan kerapian permukaan yang sangat baik dibandingkan dengan lapisan penutup yang lain. Permukaan tegel keramik yang halus dan keras lebih indah ,sehingga kotoran yang melekat mudah terlihat dan karena permukaan yang halus dapat dengan mudah dibersihkan.

2. Karakterristik Tegel Keramik
Jenis ubin ini di pasaran dikenal sebagai ubin keramik biasa. Bahan dasarnya adalah tanah liat yang permukaannya diberi lapisan glazur. Lapisan ini gunanya untuk memperkuat ubin sekaligus memberi kesan mengkilap.

Saat ini proses pembuatan ubin keramik dimulai dengan mencampur bahan tanah liat dengan kaolin. Campuran ini kemudian dibakar pada suhu 1000ºC sampai tidak hancur jika direndam dalam air.

Dahulu, ubin keramik pilihan warnanya terbatas, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, sudah mulai dikenal proses pencetakan (printing) di permukaan ubin tersebut. Dengan teknologi ini, ubin keramik berglazur bisa memiliki motif menyerupai marmer, kayu, bahkan anyaman bambu.

a. Ubin Porselen

Jenis ubin yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari ubin keramik ini disebut juga ubin homogen (homogenous tile). Sebutan tersebut disandang ubin ini karena bahan pembuatnya dicampur menjadi satu dan tidak terdapat lapisan apapun pada permukaannya.  “Ke-homogen-annya ini pula yang menyebabkan ubin porselen memiliki daya serap air rendah, mencapai 0,05 %,”  Proses pembuataan ubin porselen pertama-tama dimulai dari penggilingan bahan-bahan mentah yang berupa campuran feldspar, pasir kuarsa, dan tanah liat. Campuran yang mirim bubur ini kemudian dikeringkan sehingga menjadi butiran sangat halus yang lalu dipres ke bentuk ubin. Setelah dipres dengan beban ribuan ton, ubin-ubin “mentah” ini dikeringkan kembali.

Setelah itu baru dibakar di atas suhu 1250ºC—suhu optimal untuk mendapatkan ubin yang keras tapi tidak getas. Terakhir, ada yang langsung dipotong-potong sesuai ukuran dan ada yang dipoles dahulu sebelum dipotong. Proses akhir ini menyebabkan ada dua jenis ubin porselen, yaitu yang permukaannya kasar (karena tidak dipoles) dan yang permukaannya halus/mengkilap.

Untuk mengurangi biaya produksi, ubin porselen yang sengaja tidak dipoles tetapi dilapisi dengan glazur agar permukaannya tetap licin. Produk yang dihasilkan dari teknik gabungan ini khusus dibuat agar sebagian konsumen masih tetap bisa menggunakan lantai porselen namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk membuat motif pada ubin porselen ada dua cara. Pertama, dengan mencetak di atas permukaannya (printing) dan yang kedua dengan mencampur bahan pembuatnya sehingga menghasilkan motif-motif tertentu. Cara pertama banyak digunakan untuk membuat motif pada ubin keramik berglazur, sementara cara kedua sering dipakai pada ubin porselen, walaupun kombinasi keduanya juga memungkinkan.

Saat ini kebanyakan ubin keramik, baik yang berglazur maupun porselen, “meniru” motif alam seperti yang terdapat pada ubin marmer atau granit. jika menggunakan teknik pencetakan, motif yang sama akan berulang. Saat dipasang, pengulangan motif ini tentu akan menimbulkan kesan tidak alami. Untuk mengakalinya, saat ini proses printing dilakukan dengan cara acak, sehingga kemungkinan untuk kembali dengan motif yang sama akan sangat kecil.

Pada ubin keramik, bukan saja motif yang diambil dari batuan alam, tetapi juga tekstur. Selain permukaan yang halus dan licin, ubin keramik juga tersedia dengan permukaan yang kasar yang lebih menujukkan kesan alami. “Benjolan-benjolan” yang membuat permukaan ubin kasar pun diusahakan agar tidak cepat berulang dengan cara mengacak potongannya. Untuk lebih menonjolkan kesan alami tadi, ubin keramik jenis ini tidak dipoles sehingga tidak mengkilap. Ubin yang kasar ini biasanya digunakan pada lantai luar rumah, seperti teras, atau pada bagian-bagian rumah seperti kamar mandi atau kolam renang. Penggunaan ubin kasar pada bagian “basah” tersebut untuk mencegah lantai terlalu licin.

b. Keunggulan Keramik

Selain motif-motifnya yang cantik dan beragam, alasan orang memilih lantai keramik adalah karena kekuatannya. Karena sudah melalui proses pembakaran yang sangat tinggi, keramik menjadi sangat keras tetapi tidak getas. Bahkan, berkat kandungan bahan-bahan tertentu seperti feldspar, yang memiliki nilai kekerasan 6 dalam skala Mohs, porselen sangat kuat. Kekerasannya ini 3 kali lipat dibandingkan tanah liat biasa. Kekerasan ini berperan dalam ketahanan permukaan dan kuat tekan ubin keramik, sehingga ubin tidak tahan gores dan tidak mudah pecah.

Dari segi kesehatan, penggunaan lantai keramik lebih baik dibandingkan lantai yang dilapisi karpet. Karena sudah digunakan secara luas, saat ini ubin keramik tersedia dalam berbagai pilihan yang memudahkan penggunaannya. Dari segi ukuran, ubin keramik dipasarkan dalam ukuran mulai 15 x 15, 30 x 30, 40 x 40, sampai 60 x 60 dll (dalam satuan cm). Jika diperlukan, pemotongan keramik bisa dilakukan dengan mudah. Ini membuat pemasangan ubin keramik lebih variatif dan desainnya tidak terbatas, disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Bahan untuk tegel keramik dinding dan lantai, secara visual dapat dibedakan antara tegel dinding dan lantai:

tegel dinding bagian bodynya lebih berwarna terang dan daya serap terhadap air lebih besar, hal ini bisa dilihat jika kita mengambil tegel yang bagian bodynya berwarna terang kemudian ditetesi air, maka dengan cepat air tersebut akan meresap. Semakin banyak menyerap air berarti nilai kepadatannya kurang (berongga) sehingga lebih lunak.

Tegel lantai bagian bodynya lebih berwarna gelap dan daya serap terhadap air kecil, dan jika dicoba dengan menetesi air pada bagian bodynya, maka air akan tetap terlihat menggenang (tidak lekas meresap). Semakin sedikit menyerap air berarti nilai kepadatannya lebih sehingga makin kuat.

Demikian, sekilas tentang pengetahuan dasar tegel keramik. Artikel selanjutnya akan memuat tentang bahan, alat dan cara kerja pemasangan tegel keramik sebagai salah satu bahan bangunan yang berfungsi untuk menutup dan memperindah lantai dan dinding rumah.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    50%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red