Kampus menjadi salah satu tempat yang cukup sering digunakan sebagai lokasi syuting. Alhasil tidak sedikit adegan dalam sinetron, FTV hingga film yang memperlihatkan spot yang cukup familiar bagi para mahasiswanya maupun mereka yang pernah berkunjung.

Hmmm menarik bukan? Setidaknya bagi yang belum sekali pun berada di tempat tersebut, juga bisa mengetahui bagaimana suasanakampus-kampus tersebut, sama seperti saat menonton film Harry Potter yang mana salah satu adegannya dilakukan diperpustakaan Bodleian Library, Oxford.

Lalu film apa saja ya yang menggunakan kampus-kampus di Indonesia sebagai lokasi pengambilan gambar?

1. Mau Jadi Apa?

7 Film Tanah Air yang mengambil setting di kampus Indonesia

Liris di tahun 2017, film yang diangkat dari kisah nyata seorang Soleh Solihun selama berkuliah di jurusan Fikom ini ternyata mengambil lokasi syuting di Kampus Universitas padjadjaran Jatinangor.Mau Jadi Apa?

Selain disuguhi tontonan lucu hasil duet Soleh Solihun dengan Monty Tiwa yang didapuk menjadi sutradara, penonton juga diajak untuk bernostalgia dengan lagu-lagu 1990-an dari para musisi legendaris dan berjaya pada masa tersebut sebut saja lagu-lagu dari Slank, Naif hingga Cherry Bombshell.

Dalam film ini sendiri, Soleh Solihun tidak hanya bermain sebagai aktor namun juga sebagai asisten sutradara.

2. Bahwa Cinta Itu Ada (BCIA)

7 Film Tanah Air yang mengambil setting di kampus Indonesia

Bahwa Cinta Itu Ada (BCIA) merupakan film yang diangkat dari sebuah novel karya Dermawan Wibisono, Gading-Gading Ganesha. Berdasarkan judulnya kalian mungkin sudah bisa menebak jika film yang satu ini akan banyak menampilkan banyak spot di kampus ITB.

Film yang diproduksi oleh Ganesha Creative Industry Group ini menceritakan mengenai perjuangan enam mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia selama berkuliah di ITB. Tidak hanya sarat dengan idealisme yang tetap di pegang teguh, kisah percintaan yang tak jarang menimbulkan konflik, juga turut mewarnai jalan cerita BCIA.

3. Gema Kampus 66

7 Film Tanah Air yang mengambil setting di kampus Indonesia

Gema Kampus 66 juga menjadi film nasional yang memilih kampus ITB sebagai lokasi pengambilan gambar. Dibintangi sederet aktris dan aktor kawakan sekelas Didi Petet hingga Nurul Arifin, dapat dipastikan jika Gema Kampus 66 menjadi salah satu film berkualitas yang dimiliki industri perfilman tanah air. Film 90-an ini sendiri menceritakan mengenai perubahan idealisme para aktivis kampus 1966, setelah sukses dan bergelimang harta.

4. Jomblo

7 Film Tanah Air yang mengambil setting di kampus Indonesia

Dari sekian banyak film nasional yang shooting di kampus ITB, sepertinya Jomblo yang paling tidak asing di telinga generasi milenial mengingat film yang diangkat dari sebuh novel karya Adhitya Mulya ini kembali tayang di tahun 2017 yang lalu.

Menceritakan mengenai kisah percintaan khas mahasiswa, Jomblo menjadi salah satu film populer di tahun 2006 dan sukses melejitkan nama para pemainnya sepertiRinggo Agus Rahman, Christian Sugiono, Dennis Adhiswara dan Rizky Hanggono.

5. Cinta Suci Zahrana

7 Film Tanah Air yang mengambil setting di kampus Indonesia

Sudah pernah nonton film Cinta Suci Zahrana? Ngeh nggak sih, jika film ini melakukan proses syuting di Kampus Universitas Islam Sultan Agung Semarang? Nah lho bukannya Universitas Mangunkarsa ya...

Yup, dalam novelnya, Habbiburahman El Shirazy (Kang Abik) menyebutkan jika universitasMangunkarsa merupakan representasi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Adapun lokasi yang dijadikan lokasi pengambilan gambar adalah fakultas kedokteran gigi, UNISSULA.

Film yang dibintangi Miller Khan danMeyda Safira ini mengisahkan mengenai sosok Zahrana, seorang perempuan dengan segudang prestasi dari dalam maupun luar negeri namun terlambat menikah. Dalam perjalanannya, Zahrana yang berpofesi sebagai dosen di Universitas Mangunkarsa bertemu dengan Hassan, seorang mahasiswa di kampus tersebut.

6. Dua Surga dalam Cintaku

7 Film Tanah Air yang mengambil setting di kampus Indonesia

Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta juga tidak luput dari incaran para sineas film untuk dijadikan lokasi syuting, adapun film yang dimaksud berjudul Dua Surga dalam Cintaku. Pengambilan gambar diawali dari depan masjid Fathullah UIN, yang tidak lain merupakan tempat pertama kali Arham (Ibnu Jamil) melihat Zilka (Citra Kirana). Untuk selanjutnya pengambilan gambar dilanjutkan ke bagian dalam kampus UIN. Dua Surga dalam Cintaku sendiri diangkat dari sebuah novel karya Atho Al Rahman.

7. 5 CM

7 Film Tanah Air yang mengambil setting di kampus Indonesia

Kampus UI memang tidak terlalu banyak terekspos dalam film 5 CM namun saat adegan Ian mendapatkan surat rekomendasi sidang skripsi dari dosen pembimbingnya, kalian pasti sudah bisa menebak dimana adegan tersebut diambil.

Yup, keberadaan bangku-bangku taman dengan kolam makara yang begitu khas menjadikan tempat di FE ini mengingatkan kita pada kampus di kota Depok tersebut.