Mengantuk seusai makan siang? Tentunya reaksi ini sangat mengganggu, ya. Reaksi mengantuk setelah makan siang ini biasa disebut dengan istilah food coma. Mengantuk, selain bisa menurunkan energi tubuh, juga dapat mengurangi daya fokus kita.

Buat Anda yang bekerja di kantor, atau punya tight schedule di jam-jam setelah makan siang, tentunya hal ini tidak bisa Anda biarkan tanpa solusi. Oleh karena itu, coba lakukan beberapa aktivitas fisik ringan di bawah ini yang akan membuat Anda tetap terjaga. Bahkan, bisa menjadi investasi dalam menjaga kesehatan Anda jangka panjang. Nah, kira-kira apa saja aktivitas fisik yang bisa Anda tiru? Simak di bawah ini:

1. Keluar ruangan dan jalan santai

3 Aktivitas simpel biar kamu nggak gampang ngantuk usai makan siang

foto: https://static.pexels.com

Tidak baik untuk melakukan aktivitas fisik yang berat-berat setelah Anda makan. Oleh karena itu, pergi keluar dan jalan-jalan santai menjadi pilihan yang baik untuk dilakukan. Dengan cara ini, tubuh Anda akan membakar kalori yang terkandung dalam menu makan siang Anda. Selain itu, tentunya dengan berjalan keluar dan membiarkan diri Anda terkena paparan sinar matahari juga akan memberikan asupan vitamin D yang sebnarnya dibutuhkan tubuh Anda. Vitamin D ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik Anda. Manfaat vitamin D ini, antara lain:

1. Meningkatkan energi, daya imun.
2. Memperbaiki mood,
3. Meningkatkan kewaspadaan
4. Bahkan dapat juga mengurangi tekanan stress
5. Meredakan ketegangan juga nyeri secara fisik (point yang terakhir saya sebut ini juga sering saya rasakan sendiri).
6. Dan, menjadikan kulit lebih sehat dan berseri.



2. Lakukan peregangan otot secara berkala, setiap jam

3 Aktivitas simpel biar kamu nggak gampang ngantuk usai makan siang

foto: https://static.pexels.com

Terlalu lama duduk di depan PC dengan postur tubuh yang membungkuk atau tidak bersandar pada sandaran kursi, bisa mengakibatkan nyeri punggung dan mengubah postur tubuh Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat tubuh Anda tetap lentur, tidak kaku.

Solusinya, Anda bisa melakukan gerakan peregangan seperti:

1. Berdiri dari kursi dan bentangkan tangan Anda
2. Bersandar pada sandaran kursi hingga punggung Anda melengkung beberapa derajat, dan pangkal leher Anda mencapai sandaran kursi. Lalu tahan selama beberapa detik
3. Anda juga bisa menggeser kursi dan meluruskan kaki Anda di bawah meja. Anda bisa sambil sedikit mengangkat kedua kaki ke atas dan menahannya mengambang di udara. Lalu membungkuklah sambil menjulurkan tangan Anda ke depan (rapat dan sejajar dengan kedua kaki yang terjulur). Dan posisikan agar kepala Anda menunduk. Tahan untuk beberapa detik.

Gerakan-gerakan tersebut dapat mengurangi ketegangan dan begitu merilekskan otot-otot Anda.

3. Kunyah permen karet

3 Aktivitas simpel biar kamu nggak gampang ngantuk usai makan siang

foto:https://c1.staticflickr.com

Dan yang terakhir, adalah aktifitas yang begitu ringan tapi menyenangkan, yaitu mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat menstimulasi otot wajah dan melancarkan aliran darah ke wajah. Namun, jangan lupa untuk minum air putih atau berkumur setelahnya, ya, untuk menjaga agar tidak ada zat pemanis yang dapat mengendap pada gigi Anda.

Itulah tips singkat yang bisa membantu Anda menghindari kantuk seusai makan siang. Semoga tips di atas dapat membantu kalian melalui siang tanpa tidur siang, yaa. Terutama bagi Anda yang perlu tetap aktif pada siang hari, termasuk bagi Anda yang bekerja di kantor.

Merasa artikel ini bermanfaat? Silakan share dengan teman atau orang terdekat yang juga membutuhkan informasi di atas.