"Nikmatilah masa lajang lo, sebelum hilang masa-masa di mana kebebasan lo akan sangat dibatasi oleh pasangan hidup lo.."

Begitulah mungkin anak-anak muda banyak disarankan untuk menikmati kebebasannya. Namun, saking dibuat bebas, banyak lho anak muda yang kebablasan, termasuk soal pengelolaan keuangan.

Nah, ada beberapa kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari anak-anak muda supaya masalah keuangan tak menjadi mimpi buruk. Penasaran apa saja?

Berikut ini 5 kebiasaan buruk yang bisa jadi masih kamu alami dan harus sesegera mungkin kamu hilangkan abis baca artikel ini. Oke?

1. Masih bergantung pada orang tua.

Ini 5 kebiasaan buruk 'anak zaman now' soal keuangan, jangan ditiru ya

Ayo ngaku yang sampai sekarang masih sering minta kiriman duit orang tua meski udah bekerja? Nah lho, sebagai anak muda yang kudu mandiri, mulailah memenuhi kebutuhan diri sendiri, apalagi kalau sudah bekerja.

Pendapatan seberapa pun, usahakanlah dicukup-cukupkan. Terlalu bergantung pada orang tua itu 'memalukan'.

2. Dikit-dikit ingin beli ini beli itu. Konsumtif!

Ini 5 kebiasaan buruk 'anak zaman now' soal keuangan, jangan ditiru ya

Banyak lho, anak muda yang terlalu sering mengeluarkan uang untuk keperluan jangka pendek. Yang begini modelnya tuh, tangannya bisa dikata 'gatalan' untuk mengeluarkan uang dari dompet atau dari tabungan. Mereka yang lapar mata biasanya juga boros. Konsumtif abis hidupnya, apa-apa harus punya karena temen-temennya juga beli.

3 Malas catat pengeluaran.

Ini 5 kebiasaan buruk 'anak zaman now' soal keuangan, jangan ditiru ya

Gara-gara malas mencatat pengeluaran, pernah nggak lo ngalami, kaget gara-gara uang di dompet atau tabungan udah habis, padahal baru tengah bulan.

Hayo, ngutang ke siapa lagi? Makanya, mencatat pengeluaran itu penting, biar keuangan juga kagak minus.

4. Dikit-dikit gesek kartu kredit.

Ini 5 kebiasaan buruk 'anak zaman now' soal keuangan, jangan ditiru ya

Nah, ini nih, penyakit banget! Mentang-mentang punya kartu kredit, tak sedikit dari kamu pasti apa-apa dibeli, ya kan? Coba deh, kamu bandingin saat kamu belum punya kartu kredit, sudah pasti kamu kagak seboros saat ini.

5. Belum kepikiran investasi.

Ini 5 kebiasaan buruk 'anak zaman now' soal keuangan, jangan ditiru ya

Banyak dari kamu pasti banyak yang menganggap investasi itu sesuatu yang rumit dan mahal, padahal itu semua salah. Investasi itu mudah dan terjangkau.

Investasi seperti reksadana pasar uang yang notabene paling aman itu sekarang gampang dengan smartphone di genggaman.

Itung-itung 'tombo ati' karena bunga tabungan dan deposito itu tergolong sangat kecil, tak ada salahnya memanfaatkan platform-platform modern yang makin hari makin banyak bermunculan.

Investasi reksadana pasar uang tuh kini makin terjangkau hanya dengan modal sekitar Rp 100.000. Setelah itu kamu udah bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jadi gimana? Yakin masih mau gitu-gitu aja hidupnya?