×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mirip dengan penyakit lain, 4 gejala kanker mulut ini sering diabaikan

0

Kesehatan

Mirip dengan penyakit lain, 4 gejala kanker mulut ini sering diabaikan

Foto: Michael Larsson dari Pixabay

Kanker mulut merupakan kondisi yang jarang disadari penderita, sebab gejalanya sangat mirip dengan gejala penyakit mulut lain.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

13 / 02 / 2020 10:55

 

Kanker mulut merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan dinding mulut, lidah, gusi, langit-langit, atau bibir. Tak hanya itu, kanker mulut juga dapat terjadi pada jaringan tenggorokan (faring) dan juga kelenjar ludah.

Penyebab kanker mulut sendiri merupakan akibat tumbuhnya jaringan abnormal secara tak terkendali di dalam mulut. Namun, kanker mulut ini merupakan kondisi yang cukup sulit untuk disadari oleh penderitanya. Pasalnya, gejala yang ditimbulkan cenderung mirip dengan gejala penyakit lainnya, seperti sariawan, muncul bercak putih atau merah, dan bagian dalam mulut terasa sakit.

Akibat minimnya pengetahuan mengenai gejala awal kanker mulut, membuat penyakit ini baru akan terdeteksi ketika sudah memasuki stadium lanjut. Padahal, apabila kanker mulut terdeteksi sejak dini, maka peluang untuk sembuh pun akan semakin besar.

Selain itu, banyak penderita kanker mulut yang tidak tahu harus bagaimana dalam mengambil tindakan. Seharusnya, kondisi ini segera dikonsultasikan dengan dokter yang tepat, sebab gejalanya kurang spesifik dan sulit untuk dibedakan dengan penyakit lain.

Loading...

Berikut ini beberapa gejala kanker mulut yang mirip dengan penyakit lain:

1. Sariawan.

Saat memasuki stadium awal, gejala yang timbul akibat kanker mulut biasanya berupa munculnya sariawan. Namun, berbeda dengan sariawan yang muncul pada umumnya, sariawan dalam kasus kanker mulut justru muncul tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Selain munculnya yang tiba-tiba, sariawan gejala kanker mulut juga tidak kunjung sembuh, bahkan hingga satu bulan.

Oleh sebab itu, jika kamu mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh hingga satu bulan, sebaiknya segera menemui dokter untuk memeriksa kondisimu.

2. Muncul bercak putih atau merah di dalam mulut.

Bercak putih atau merah yang muncul di dalam mulut tentunya berbeda dengan sariawan yang nampak seperti luka. Bercak yang seperti benjolan ini dapat muncul di bagian lidah, gusi, atau tulang pipi.

3. Benjolan di dalam mulut.

Selain munculnya sariawan dan bercak pada mulut, kanker mulut juga ditandai dengan munculnya benjolan di mulut yang tidak terasa sakit namun tak kunjung hilang.

4. Gigi goyang tanpa penyebab yang jelas.

Gejala kanker mulut lainnya yang sulit terdeteksi adalah gigi goyang tanpa penyebab yang jelas. Selain perubahan yang terjadi pada jaringan dalam mulut, gejala lainnya yang dapat dirasakan penderita kanker mulut adalah:

- Rasa sakit di bagian dalam mulut.

- Kesulitan dalam mengunyah dan menelan makanan.

- Sakit tenggorokan.

- Perubahan suara atau cara berbicara (menjadi cadel).

- Mengalami kesulitan berbicara.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa kanker mulut yang sudah memasuki stadium akhir tidak hanya terjadi di bagian dalam mulut. Melainkan sel-sel kanker sudah menyebar dan menyebabkan benjolan di leher akibat pembengkakan di kelenjar getah bening.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red