Kebanyakan orang akan berusaha keras untuk bisa menjaga berat badan dengan melakukan diet dan olahraga secara rutin agar berat badannya tetap terkontrol dengan baik. Bahkan beberapa orang menjaga pola makan dengan baik dan mengurangi makanan yang memiliki kalori tinggi. Namun ternyata ada penyebab lain yang bisa membuat tubuh kamu gemuk, bukan dari makanan atau malas berolahraga. Jika berat badan kamu terus bertambah, cobalah periksa keadaan lampu kamar saat kamu tidur. Ternyata tidur dengan lampu menyala bisa mengakibatkan berat badan kamu naik dengan pesat.

Lampu dari kamar dan juga gadget bisa membuat gemuk.

Beberapa orang memiliki gangguan tidur dan kesulitan untuk tidur di malam hari. Hal tersebut mengakibatkan banyak orang terus menggunakan gadget sebelum tidur. Ternyata hal tersebut dapat berakibat buruk bagi tubuh dan bahkan bisa mengakibatkan peningkatan berat badan.

Menurut penelitian yang dilakukan Leiden University Medical Center terbukti bahwa perempuan yang tidur dengan kondisi lampu yang gelap memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil daripada perempuan yang tidur dengan kondisi lampu menyala. Dalam penelitiannya, terdapat sebanyak 113 perempuan yang ikut serta. Saat penelitian, setiap perempuan diukur lingkar pinggangnya. Kemudian mereka akan mengisi berbagai pertanyaan. Terdapat juga pernyataan tentang pola hidup dan kebiasaan tidur yang sering mereka lakukan. Dari hasil penelitian tersebut terbuktilah bahwa menyalakan lampu saat tidur bisa membuat gemuk.

Mengapa menyalakan lampu saat tidur bisa membuat gemuk?

Tentu banyak orang yang merasa ragu dan menanyakan tentang alasan mengapa menyalakan lampu saat tidur bisa membuat gemuk? Kebanyakan orang tentu merasa penasaran karena merasa telah berusaha untuk menjaga tubuh agar tetap langsing.

Pada malam hari, tubuh membutuhkan hormon melatonin yang berfungsi untuk memicu rasa ngantuk. Biasanya hormon ini akan meningkat pada malam hari agar kamu bisa beristirahat. Namun saat tubuh terpapar sinar pada malam hari, justru membuat tubuh menghasilkan hormon melatonin yang lebih sedikit. Hal tersebut yang mengakibatkan kamu kesulitan untuk tidur.

Selain itu, hormon melatonin juga akan memengaruhi kerja metabolisme di dalam tubuh. Ketika malam hari, hormin melatonin yang dihasilkan harusnya cukup banyak sehingga akan membantu proses pembakaran lemak pada saat kamu tidur. Namun saat terpapar sinar, maka tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang sedikit. Hal ini bisa membuat metabolisme tidak lancar dan lemak tidak akan terbakar. Hal ini juga bisa membuat kamu jadi kekurangan tidur dan merasa lelah keesokan harinya. Jika tubuh terus kekurangan tidur, maka bisa membuat berat badan kamu terus meningkat.