×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Menikmati keindahan alam Kabupaten Buleleng di Sekumpul Waterfall

0

Jalan-Jalan

Menikmati keindahan alam Kabupaten Buleleng di Sekumpul Waterfall

Dinamakan Sekumpul bukan hanya karena berada di sekitar Desa Sekumpul, tapi juga mewakili pesona alamnya yang menghadirkan sekumpulan air terjun.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Joanna Marpaung

06 / 04 / 2021 11:15

Buleleng dikenal sebagai destinasi wisata alam pegunungan Bali. Selain Danau Tamblingan dan Danau Buyan dalam kawasan objek wisata Bedugul, kabupaten di Bali Utara ini juga menawarkan sejumlah air terjun. Salah satunya adalah air terjun di Desa Sekumpul. Jika sebelumnya mengenal Bali karena Pantai Kuta atau pantai-pantai lain di selatan Bali, kini cobalah menjelajahi Bali Utara.

Sekumpul Waterfall sendiri bisa dikunjungi di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Dinamakan Sekumpul bukan hanya karena berada di sekitar Desa Sekumpul, nama itu juga mewakili pesona alamnya yang menghadirkan sekumpulan air terjun. Setidaknya ada tujuh air terjun dengan lokasi berbeda. Ketinggian dan debit airnya juga berbeda.

Menikmati keindahan alam Kabupaten Buleleng di Sekumpul Waterfall

Sebelum berada lebih dekat dengan spot wisata tersebut, dari kejauhan kamu bisa menyaksikan sekumpulan air terjun, setidaknya ada tujuh air terjun, di antaranya adalah dua air terjun Sekumpul, tiga air terjun Fiji, dan dua lagi belum diberikan nama. Warga asing menyebutnya Seven Point Waterfall, cocok seperti namanya, Sekumpul. Alam sekitarnya masih asri dan alami, panorama alam perbukitan dipadu dengan keindahan air terjun, sungguh menjadi pesona wisata yang wajib kamu kunjungi ketika liburan ke Bali Utara.

Ada dua rute untuk menuju ke Air Terjun Sekumpul. Yang pertama arahkan kendaraan terus ke Singaraja dengan melewati Kawasan Wisata Bedugul. Setelah sampai Kota Singaraja ambil arah ke Kecamatan Sawan lalu ke Desa Sekumpul. Untuk rute yang kedua setelah melewati Kawasan Wisata Bedugul sekitar 10 km terdapat pertigaan kecil. Di pertigaan tersebut ambil belokan ke kanan dan ikuti terus jalan ini hingga tiba di pintu masuk Air Terjun Sekumpul (sekitar 12 km jauhnya). Kondisi jalan rute kedua ini sempit dan berkelok-kelok naik turun dengan pemandangan bukit dan jurang di kanan kiri jalan sehingga bagi yang membawa kendaraan roda empat tidak disarankan melewati rute ini.

Loading...

Menikmati keindahan alam Kabupaten Buleleng di Sekumpul Waterfall

Dari ketinggian, kamu bisa melihat lanskap alam yang menawan. Di antara rimbun tetumbuhan tropis yang hijau berbukit-bukit, terlihat beberapa air terjun memberi garis-garis putih tipis namun tegas. Kesejukan demikian kentara, menenangkan suasananya.

Sebelum melakukan Sekumpul waterfall trekking, kamu harus menuruni anak tangga untuk menuju lokasi Air Terjun Sekumpul. Kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 per orang untuk wisatawan asing.

Untuk mendekati Air Terjun Sekumpul, kamu harus menuruni ratusan anak tangga yang curam di beberapa tempat dan menyeberangi sungai. Sebaiknya memakai celana pendek dan sandal (sepatu tanpa hak) yang nyaman ketika mengunjungi Air Terjun Sekumpul karena harus menyeberangi sungai yang lumayan dalam (sepaha orang dewasa) untuk sampai di depan air terjun. Namun suasana alami pedesaan, aktivitas petani, padi terasering, bukit yang menghijau, hawa yang sejuk tidak akan membuat kamu merasa lelah dalam perjalanan.

Memang perlu sedikit usaha untuk mencapai air terjun yang indah ini. Namun, semua perjuangan terbayar lunas begitu sampai di dekat air terjun setinggi 80 meter tersebut. Suara deburan air yang jatuh dan percikan air yang bercipratan menciptakan suasana yang syahdu dan menenangkan hati. Pepohonan yang rindang di sekitar air terjun membuat suasana semakin sejuk dan asri. Siapa pun pasti akan jatuh hati pada Air Terjun Sekumpul.

Menikmati keindahan alam Kabupaten Buleleng di Sekumpul Waterfall

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi dan melihat pemandangan Air Terjun Sekumpul sambil melakukan aktivitas trekking, sebaiknya kamu melakukannya saat pagi hari. Waktu yang tempat untuk memulai perjalanan sekitar pukul 07.00 – 08.00 pagi. Sebab peluang hujan pada pagi hari lebih kecil dibandingkan dengan sore hari. Jika terjadi hujan, jalan yang akan kamu lewati menjadi licin dan perlu ekstra hati-hati untuk melewati jalanan setapak tersebut.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red