×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal tanaman kunyit untuk mencegah serangan jantung

0

Kesehatan

Mengenal tanaman kunyit untuk mencegah serangan jantung

Obat herbal merupakan salah satu solusi untuk mencegah terjadinya penyumbatan darah sehingga terjadi serangan jantung.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muhamad Jalil

21 / 02 / 2020 12:19

Penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan karena jantung merupakan organ vital manusia. Bukti terbaru adalah kematian suami Bunga Citral Lestari atau BCL, yaitu Ashraf Sinclair. Sebelumnya juga ada artis yang meninggal akibat serangan jantung yaitu Adjie Massaid. 

Mengenal tanaman kunyit untuk mencegah serangan jantung

Dalam berita diinfokan bahwa Ashraf adalah sosok laki-laki yang rajin olahraga dan menjaga pola hidup sehat. Dari sini kita bisa ketahui bahwa rajin olahraga saja tidak cukup agar orang tidak terhindar serangan jantung. Hal ini karena serangan jantung dapat menyerang kapan saja dan kapan saja, terutama akibat penyumbatan pembuluh darah atau penyakit jantung koroner. 

Saat terjadi serangan jantung, aliran darah menuju jantung berhenti walaupun hanya sesaat. Penyebab serangan jantung paling banyak adalah penyumbatan pembuluh darah.

Upaya pengobatan penyakit jantung koroner dapat diatasi dengan pengobatan herbal. Obat herbal yang sudah melalui uji klinis adalah pemanfaatan kunyit sebagai obat penyembuh penyakit jantung koroner. Berikut profil singkat kunyit sebagai obat alami jantung koroner.

Loading...

1. Deskripsi.

Tanaman ini merupakan temu-temuan yang sangat populer dan banyak ditemukan di negara beriklim tropis. Tanaman ini di India dulu dipakai untuk acara holi. Di Indonesia dipakai untuk pewarna alami makanan tumpeng.

Kunyit adalah tanaman terna tahunan. Tinggi tanaman dapat mencapai 40-100 cm. Daunnya berbentuk bulat telur memanjang. Terkadang juga ditemukan dalam bentuk lanset. Warna daun seragam hijau. Batang semu dibentuk oleh pelepah daun dengan warna hijau kekuningan. Rimpang induk bercabang membentuk Entik. Warna rimpang berwarna orange.

2. Kandungan kimia.

Kunyit mengandung senyawa kimia berupa Curcuminoid dan minyak Atsiri. Kandungan kurkumin sekitar 2-5%. 

3. Penelitian ilmiah.

Dalam penelitian banyak yang telah mengungkap hubungan kurkumin dengan peluruhan kolesterol yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu juga kunyit berperan sebagai antibakteri, antijamur, antivirus, dan mengurangi peradangan.

4. Cara menggunakan.

Untuk mendapat khasiat sebagai obat alami jantung koroner yaitu dengan menumbuk atau memarut hingga halus lalu diseduh air hangat kemudian disaring. Minumlah selagi hangat. 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red