Tahukah kamu apa ituNihon? Nihon adalah Bahasa Jepangdari Negara Jepang. Jadi Nihon/Jepang sama saja, tetapi orang Jepang sendiri lebih sering menyebut dengan Nihon.

Sebenarnya Nihonberarti"asal-usul matahari", tetapi orang-orang lebih sering menyebut dengan Negeri Matahari Terbit. Namun ada juga yang menyebut dengan "Negara Sakuri" karena Jepang sendiri adalah negara yang mempunyai bunga atau pohon sakura yang mekar saat bulan Maret-April. Karena hanya sebentar saja, maka banyak turis yang datang untuk menikmati bunga sakura pada musim tersebut.

Sebelum "Nihon" terkenal, Jepang dikenal sebagai "Wa" atau "Wakoku". Artinya adalah nama yang digunakan Tiongkok untuk menyebut etnis yang hidup di Jepang pada Zaman Tiga Negara. Menurut Shouwen Jiezi, "Wa" artinya berperilaku "patuh atau penurut". Namun akhirnya Jepang mengganti nama "Wa" atau "Wakoku" menjadi "Nihon".

Jika pernah ke Jepang mungkin kamu familiar dengan nama-nama tempat terkenal ini. Ada Shibuya, Asakusa, Osaka, Kyoto, Gunung Fuji, Omote Sando, Tokyo Disney Land, dan masih banyak lagi. Tempat-tempat tersebut menurutpenulis wajib kamu kunjungi saat ke Jepang, diambah dengan beberapadestinasi wisata rekomendasi lain dari penulis saatmengunjungi Jepang.

1. Shibuya.

Shibuya adalah tempat terkenal di Tokyo. Shibuya adalah pusat kota yang dikenal sebagai tempatnya kaum muda. Di tempat ini banyak sekalilokasi fashion untuk anak muda, tempat perbelanjaan, ada juga tempat nongkrong yang kekinian dan terkenal di kalangan milenial. Di sana juga ada bioskop kalau kamu ingin menonton film.

Bisa dibilang Shibuya merupakan lokasi yang sangat lengkap. Kamu tak perlu naik mobildan cukup jalan kaki saja saat sudah di Shibuya. Saat berjalan kaki, kamu juga bisa sambil minum dan berbincang dengan teman atau keluargasembari menikmati lingkungan Jepang.

Akses saat ingin ke Shibuya adalah kamu harus ke stasiun dengan mengambil jalur JR Yamanote. Tapi ada juga beberapa jalur yang bisa kamu ambil. Tapi kebanyakan melalui jalur JR Yamanote.

Apabila kamu ingin menggunakan mobil juga bisa, tetapi harus mencari tempat parkir yang cukup sulit dan juga berbayar sehingga banyak turis atau warga Jepang sendirimemilih jalan kaki. Kalaupenulis lebih seringmenggunakankereta karena lebih bisa menikmati perjalananmengetahui kebiasaan orangJepangsaat naik kereta.Ternyata mereka sangat diam dan tidak berisik. Wajib ditiru nihsaat di Indonesia supaya penumpang lain tidak ada yang terganggu.Saat keShibuya jangan lupa foto di tengah-tengah zebra cross yang ikonik.

2. Asakusa.

Asakusa adalah tempat wisata yang di dalamnya terdapat banyak makanan khas Jepang dan juga pusat oleh-oleh Jepang. Di sana kamu juga bisa mengunjungi kuil yang biasanya digunakan orang Jepang untuk berdoa. Kamu juga bisa melihat seperti apa saat mereka berdoa sekaligus menikmati jajanan yang ada di sana.

Biasanya turis sering membeli oleh-oleh di Asakusa karena lumayan lengkap, murah, dan juga lucu-lucu. Di dekat sana juga ada beberapa restoran yang bisa kamu nikmati saat kamu merasalelah atau lapar.

Di dekat Asakusa juga "Jinrikisha", yaitu alat transportasi seperti becak yang ditarik oleh orang Jepang atau tenaga manusia. Mereka akan menunjukkan spot yang terkenal di dalam kota tersebut. Beberapa penarik becakbahkan bisa berbahasa Inggris walau masih terbata-bata.

Becak tersebut bisa diisi satu sampai dua orang saja karena mirip seperti becak di Indonesia. Tetapi Jinrikisha memiliki roda yang lebih besar dibanding becak yang ada di Indonesia.Meskipenulis belum pernah naik Jinrikisha, namun kamu wajib mencoba menaiki kendaraan satu ini.

3. Gunung Fuji.

Tempat wisata yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan. Rasanya kurang afdol kalau ke Jepang namun tidak ke Gunung Fuji. Gunung Fuji ini memiliki beberapa step. Tetapi itu hanya digunakan untuk orang yang mau mendaki saja. Kalau hanya ingin berfoto dengan pemandangan Gunung Fuji, kamu bisa berhenti di step 5. Di step 5 ini kamu bisa merasakan udara dingin, apalagi saat musim dingin dan juga bisa fotodengan latar Gunung Fuji.

Di sana juga ada restoran dantoko oleh-oleh seperti makanan khas Jepang. Selain pemandanganindah, kamu juga bisa belanja dan mencicipi makanan Jepang. Tetapi kalau ingin ke Gunung Fuji kamu harus menggunakan mobil atau kendaraan seperti mini bus yang sudah tersedia. Karena perjalanannya memakan waktu hingga 4-5 jam perjalanan.

4. Tokyo Disneyland atau Tokyo Disneysea.

Tokyo Disneyland atau Tokyo Disneysea adalah taman wisata terbesar di Tokyo yang paling banyak dikunjungidi Jepang. Taman ini memiliki beberapa atraksi serta hiburan untuk anak kecil. Tokyo Disneyland dan Disneysea berlokasi di Maihama Kota Urayasu, bagian barat laut Chiba.

Disneyland sangat identik dengan tema Disneyland atau Walt Disney. Kamu juga bisa menginap di hotel di dekat Disneyland atau menggunakan transportasi umur seperti mobil, kereta, dan bus.

Disneyland dan Disneysea buka pukul 09.00 22.00 untuk hari biasa, lalu untuk hari libur bukapukul 08.00 22.00. Harga tiket Disneyland atau Disneysea sekitar Rp 620 ribu Rp 1.022 ribu jika dirupiahkan, tergantung kamu memilih tiket jenis apa.

Disneyland dan Disneysea tentu punya perbedaan. Disneyland memiliki tema yang mirip dengan Walt Disney dan Disneyland-nya sendiri. Contoh temanya adalah World Bazaar, Adventureland, Fantasyland dan masih banyak lagi. Biasanya Disneyland lebih fokus ke kostum-kostum dan juga sering ada acara yang menampilkan banyak hal. Atraksinya juga lebih ke anak kecil yangmana untuk orang dewasa kurang menantang. Jadi kebanyakkan orang dewasa lebih memilih ke Disneysea untuk permainan atraksi.

SedangkanDisneysea juga mempunyai beberapa tema seperti Disneyland, tetapi tentu ada perbedaannya. Contohnya adalah American Waterfront, Lost River Delta, Mermaid Lagoon dan lainnya.

Untuk atraksi di sini banyak yang lebih menantang adrenalin. Tetapi bukan berarti Disneysea hanya memiliki atraksi saja. Disneysea juga mempunyai tempat untuk berfoto, tempat makan, dan juga oleh-oleh. Begitu pun dengan Disneyland. Untuk lokasi dan tiket Disneysea ini sama seperti Disneyland, tetapi hanya berbeda arah saja kalau ingin ke Disneysea.

Itulah beberapa rekomendasitempat wisata yang patut kamu kunjungi kala pergi ke Jepang.Kamu lebih tertarik mengunjungi tempat wisata yang mana nih? Kalau penulis ke Disneysea karena sudah pernah ke sana dan sangat penulis rekomendasikanagar kamu dapat menikmati taman bermain itu.

Semoga artikel ini cukup membantumu yang ingin ke Jepang dan bingung menentukan lokasi wisatamu. Terima kasih.