Siapa yang tak kenal film Bollywood? Deretan film terkenalnya sepertiKuch Kuch Hota Hai (1998), Mohabbatein (2000), hingga Raees (2017). merupakan beberapa judul yang sudah tak asing lagi di telinga para penikmat film dari India ini.Dengan ciri khas adanya tarian dan nyanyian, membuat genre film ini semakin menarik untuk diikuti.

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa ketika para aktor atau aktrisnya menyanyi, suara mereka kerap terdengar sama? Misalnya suara nyayian aktor Shakhrukh Khan di film Mohabbateinakan terdengar sama persis dengan suara nyanyian Aamir Khan dalam filmLagaan (2001).Begitupula dengan para aktrisnya yang juga memiliki suara nyanyian dengan nada khas melengking yang juga sama.

Ternyata, kekhasan itu karena adanyaplayback singer.Istilah playback singer sangat eratdalam industri film Bollywood. Bisa dibilang setiap aktor maupun aktris akan menggunakan suara orang lain saat beradegan menyanyi. Playback singer ini juga dikenal dengan nama lyp sync yang merupakan hal lumrah dalam industri perfilman Bollywood.Sehingga hal ini bukanlah perbuatan aneh atau tercela. Sebab, para pemain film danplayback singermemiliki posisi yang sama terhormatnya dan berkaitan satu sama lain.

Ini rahasia di balik suara penyanyi Bollywood yang terdengar sama

Udit Narayan

Selama ini kamu mungkin telah mengenal aktor-aktor ternama seperti Shakhrukh Khan, Aamir Khan, dan Salman Khan. Namun, tahukah kamu kalau ada seorang playback singer yang sering menyumbang suara untuk ketiga aktor tersebut?

PPlayback singeruntuk aktor laki-laki ini bernama Udit Narayan, yang mengawali karir menyanyinya sejak tahun 1980. Pria yang lahir pada tanggal 1 Desember 1955 ini masih berkarya hingga saat ini loh.

Ini rahasia di balik suara penyanyi Bollywood yang terdengar sama

Alka Yagnik

Sedangkan untukplaybacksinger wanita dalam film Bollywood bernama Alka Yagnik. Wanita kelahiran 20 Maret 1966 ini pernah mengisi suara nyanyian untuk Kajol dan Rani Mukerji di Film Kuch Kuch Hota Hai. Lahir di wilayah Kolkata, India, hingga sekarang Alka Yagnik telah menyanyikan ratusan lagu.

Jadi, sudah terjawab bukan mengapa suara nyanyian aktor atau aktris Bollywood satu dengan yang lainnya kerap sama. Gimana, kamu tertarik jadiPlayback singer?