×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

0

Ilmiah

Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

Planet rumah kita semua nih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ari Cipta Gunawan

03 / 05 / 2018 11:13

Hari Bumi atau dikenal dengan nama Earth Day diperingati diseluruh dunia setiap tanggal 22 April setiap tahunnya. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran orang-orang akan pentingnya menjaga Bumi dan lingkungan.

Nah, ada baiknya kamu mengenal fakta-fakta menarik mengenai planet Bumi yang dilansir dari space-facts.com ini, agar rasa memiliki dan menjaga Bumi kamu makin besar.

1. Jarak Bumi dan Matahari sangat ideal.

Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

Jarak rata-rata Bumi ke Matahari adalah sebesar 149.598.262 km (1 SA - Satuan Astronomi). Jarak ini sangat ideal karena membuat Bumi menjadi tak terlalu panas ataupun terlalu dingin. Hal ini juga memungkinkan Bumi untuk ditinggali oleh makhluk hidup. Jika Bumi berjarak lebih dekat ke arah Matahari maka suhu di Bumi akan lebih panas. Sebaliknya, jika jarak Bumi lebih jauh dari Matahari maka suhu di Bumi akan lebih dingin.

Loading...

2. Bentuk Bumi tak benar-benar bulat sempurna.

Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

Memang benar bahwa Bumi berbentuk bulat, bukan datar. Namun ternyata, bentuknya tidak benar-benar bulat sempurna. Diameter Bumi di khatulistiwa adalah sebesar 12.756 km. Sementara diameter Bumi di kutub adalah sebesar 12.714 km. Hal ini disebabkan oleh rotasi yang terjadi pada Bumi.

Karena bentuknya yang tak bulat sempurna, beberapa penerbangan pesawat jarak jauh, seperti penerbangan dari Dubai ke Los Angeles ataupun sebaliknya, menggunakan rute melewati Kutub Utara karena jarak kedua kota tersebut menjadi "lebih dekat".

3. Rotasi Bumi semakin melambat.

Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

Ilmuwan telah meneliti bahwa rotasi Bumi semakin lama akan semakin melambat. Namun lajunya sangat-sangat pelan, yakni sekitar 17 milidetik per 100 tahun. Hal ini dapat membuat waktu dalam satu hari menjadi lebih lama. Namun tentu saja hal ini akan memakan waktu yang sangat-sangat lama. Ilmuwan memprediksi bahwa satu hari akan menjadi 25 jam pada sekitar 140 juta tahun yang akan datang.

4. Bumi sempat dipercaya sebagai pusat alam semesta.

Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

Pergerakan benda-benda langit yang secara relatif dilihat dari Bumi membuat ilmuwan-ilmuwan zaman dahulu bersikeras bahwa Bumi tidak bergerak dan semua benda langit tersebut berputar mengelilingi Bumi. Namun setelah sekian puluh abad berlalu, dengan sejumlah penelitian dan pengamatan, para ilmuwan akhirnya berhasil mematahkan teori tersebut dan sepakat bahwa Bumi bukanlah pusat dari Alam Semesta.

5. Punya medan magnet yang sangat kuat.
 Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

Medan magnet ini terbentuk karena adanya kandungan nikel dan besi pada inti planet Bumi yang disertai dengan terjadinya rotasi yang cepat. Medan magnet yang dinamakan magnetosfer ini melindungi Bumi dari pengaruh angin matahari yang dapat membahayakan kehidupan di Bumi. Medan magnet ini juga dipercaya telah digunakan oleh sejumlah hewan seperti burung untuk membantu mereka dalam bermigrasi.

6. Hanya punya satu satelit alami.
Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

Bulan merupakan satu-satunya satelit alami yang dimiliki Bumi. Para ilmuwan berteori bahwa bulan terbentuk akibat tabrakan yang terjadi antara Bumi dan benda langit sebesar planet Mars sekitar 4.5 miliar tahun yang lalu. Jika yang dilihat adalah perbandingan antara ukuran satelit dengan planet yang diorbitinya, maka bulan merupakan satelit alami terbesar di dalam tata surya. Namun jika yang dilihat adalah ukurannya langsung, maka bulan merupakan satelit alami terbesar kelima di dalam tata surya kita.

7. Satu-satunya planet yang tak dinamai berdasarkan nama dewa.

Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

Nama tujuh planet lain dalam tata surya diambil dari nama-nama dewa atau dewi dalam mitologi Romawi, yakni Merkurius (Dewa Perdagangan), Venus (Dewi Cinta), Mars (Dewa Perang), Jupiter (Dewa Petir), Saturnus (Dewa Pertanian), Uranus (Dewa Langit), dan Neptunus (Dewa Laut). Nama "Bumi" berasal dari kata Bahasa Sansekerta, Bhumi. Sementara nama "Earth" berasal dari kata Bahasa Inggris dan Jerman "ertha" dan "erde". Ketiganya mempunyai arti yang sama, yakni tanah.

8. Planet dengan densitas paling tinggi di dalam Tata Surya.

Ini 8 fakta menarik tentang Bumi yang harus kamu tahu

Bumi merupakan salah satu dari empat planet terestrial selain Merkurius, Venus, dan Mars, yang strukturnya tersusun atas bebatuan dan logam. Sementara Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus merupakan planet-planet Jovian yang strukturnya tersusun atas gas atau es. 

Karena adanya kandungan logam pada inti Bumi serta permukaannya yang bertanah, Bumi mempunyai densitas (kerapatan) yang besar. Densitas rata-rata planet Bumi adalah sebesar 5 g/cm3 dan merupakan yang tertinggi di dalam tata surya kita. Sementara planet Saturnus, yang merupakan planet kedua terbesar di tata surya kita, hanya mempunyai densitas sebesar 0,678 g/cm3.

Ini artinya, jika kita punya kolam renang berisi air (dengan kerapatan 1 g/cm3) yang sangat-sangat besar dan kemudian menempatkan Bumi dan Saturnus di kolam tersebut, maka Bumi akan tenggelam, sementara Saturnus akan mengapung.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai planet Bumi. Mari kita jaga planet ini agar anak-cucu kita tetap dapat menikmati keindahannya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red