×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mari jaga hutan, waspadai 7 dampak dari kebakaran hutan

0

Serius

Mari jaga hutan, waspadai 7 dampak dari kebakaran hutan

Kebakaran hutan dapat berdampak serius pada eksistensi sumber daya alam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Siti Zaimatut Taqiyah

22 / 10 / 2019 11:15

Akhir-akhir ini Indonesia dihantui dengan bencana alam yang tak henti-hentinya. Di antaranya seperti gempa dan tsunami yang melanda di beberapa wilayah Indonesia secara bersamaan. Tak hanya itu, Indonesia juga disebut sedang darurat karena adanya kisruh tentang RUU, gerakan Papua merdeka, kisruh politik, dan lain sebagainya. Kondisi ini diperparah dengan adanya oknum-oknum yang demi meraih kepentingan, tanpa pikir panjang mengambil tidakan yang sangat ceroboh dan berdampak luar biasa bagi Indonesia, yaitu membakar hutan.

Bahkan parahnya lagi upah yang mereka terima tidak sepadan dengan kerugian yang akhirnya menimpa Indonesia. Beberapa mengaku bahwasanya mereka disuruh membakar hutan untuk kebutuhan industri. Namun nahasnya, ternyata kebakaran meluas ke mana-mana. 

Berikut beberapa dampak yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan.

1. Punahnya satwa yang ada di hutan.

Tentunya, jika hutan mengalami kebakaran banyak sekali binatang yang punah. Akhirnya menimbulkan masalah lain seperti ketidakseimbangan ekosistem dan bisa menyebabkan hewan hutan masuk ke perkampungan warga.

Loading...

2. Mengurangi kadar oksigen dan menambah kadar karbondioksida.

Tentunya jika banyak tumbuhan yang mati, maka stok oksigen yang kita terima juga akan berkurang, dan menambah kadar karbondioksida yang dapat mengganggu pernapasan makhluk hidup.

3. Mengurangi daerah resapan air.

Kita tahu bahwasanya akar tanaman berfungsi untuk menyimpan zat hara, termasuk air. Jika tanaman semakin berkurang, maka daerah resapan air juga akan berkurang.

4. Menyebabkan erosi.

Akar tumbuhan juga berfungsi untuk menahan tanah agar tetap kokoh. Jadi ketika tidak ada pohon tentunya hal tersebut akan menjadikan tanah lebih tidak stabil dan dapat menyebabkan erosi atau tanah longsor.

5. Menghilangkan mata pencaharian.

Banyak sekali masyarakat pegunungan yang menjadikan hutan sebagai lahan rupiah mereka, seperti bercocok tanam atau pencari kayu bakar. Dan jika hutan mengalami kebakaran, hal itu akan merampas pekerjaan mereka.

6. Menimbulkan kerugian besar bagi negara.

Tentunya jika terjadi kebakaran hutan, pemerintah akan menyalurkan banyak bantuan. Maka dari itu, akan menimbulkan pembengkakan anggaran negara yang seharusnya dipakai misalnya untuk memperbaiki infrastruktur jadi harus dipakai untuk meredakan kebakaran terlebih dahulu.

7. Mengurangi eratnya hubungan dengan negara tetangga

Asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan tentunya bergerak mengikuti arus angin. Bisa saja negara tetangga akan mendapatkan asap akibat kebakaran yang terjadi di Indonesia.

Nah, itulah beberapa dampak serius yang akan dihadapi jika kebakaran hutan terjadi. Mari jaga hutan kita!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red