Halo Bunda, Hai Ayah, sudahkah mendongeng untuk putra-putri Anda hari ini? Kalau belum, sebaiknya Anda membaca artikel ini sampai tuntas, karena akan menemukan berbagai hal menarik tentang mendongeng. Artikel ini akan memaparkan segudang manfaat mendongeng.

Mendongeng, kegiatan ini sepertinya terlihat kuno dan ketinggalan jaman. Banyak orang tua kekinian yang enggan bercerita kepada anaknya. Ada pula yang mengalihkan tugasnya mendongeng pada gawai atau teknologi lainnya. Namun sensasi yang didapat saat menyampaikan dongeng langsung kepada anak berbeda dengan gawai yang menyampaikannya.

Bercerita atau mendongeng tidak harus ketika anak mau tidur. Kapan pun dan dimana pun bisa dilakukan. Tidak mesti ada buku dongeng dihadapan anak, dengan tangan kosong pun orang tua dapat bercerita. Ketika di perjalanan sambil melihat pemandangan, bisa menjadi bahan mendongeng. Mengantri di suatu tempat dapat juga dijadikan bahan bercerita pada anak.

Berikut ini beberapa manfaat dari mendongeng :
1. Menambah kosa kata baru
2. Mengembangkan kemampuan berbicara
3. Membuat anak tertarik membaca
4. Belajar mengenali emosi
5. Melatih daya ingat
6. Meningkatkan kemampuan berkom unikasi
7. Mengembangkan imajinasi juga kreativitas
8. Melatih kemampuan mendengarkan
9. Mendapatkan pesan moral dari cerita yang disampaikan
10. Mendekatkan hubungan orang tua dan anak

Berdongeng untuk anak sangat penting karena dapat merangsang kecerdasan dan kreativitas mereka, jelas Kak Seto, seperti dikutip dalam Kompas lifestyle. Dengan mendongeng anak diajak berjalan-jalan melintasi alam pikirannya yang luas. Banyak pula penelitian yang menyatakan manfaat dari mendongeng.

Oleh karena itu, mari budayakan mendongeng atau bercerita kepada anak-anak kita. Kenangan tentang dongeng yang disampaikan akan melekat dibenak selamanya. Mendongeng itu mudah dan murah tetapi memiliki manfaat yang dahsyat.