Umumnya, makanan atau minuman khusus yang diolah dengan cara tradisional akan cepat membusuk. Rata-rata makanan dan minuman tersebut akan segera membusuk atau kedaluwarsa dan 'menghilang' paling lama dalam hitungan bulan. Tetapi tidak dengan temuan para Arkeolog ini, mereka menemukan sejumlah makanan dan minuman yang ditafsir memiliki usia ribuan tahun.

Berikut ini makanan dan minuman dengan usia ribuan tahun yang ditemukan oleh Arkeolog.

1.Roman Tomb Wine(1600 tahun).

7 Makanan berusia ribuan tahun ini ditemukan oleh Arkeolog

Sumber: Deutscheweine.de

Anggur ini ditemukan oleh ekskavator di Jerman. Ini adalahanggur tertua yang diketahui masih dalam keadaan cair. Anggur ini ditemukan di salah satu dari dua sarcophaguses, bersama dengan banyak botol lain yang sudah lama mengering. Botol ini tetap basah karena minyak zaitun yang digunakan (menggantikan gabus) untuk melindungi anggur dari pengoksidasi. Lalu, apa hasil dari 1600 tahun fermentasi? Isinya lilin dan berlumpur, serta kandungan alkoholnya sudah lama hilang.

2.Burnt British Bread(5500 tahun).

7 Makanan berusia ribuan tahun ini ditemukan oleh Arkeolog

Sumber: BBC

Roti ini adalah penemuan paling unik. Ditemukan di Oxfordshire, Inggris, roti ini diperkirakan berumur 5500 tahun. Roti yang terlalu matang itu pada awalnya dikira sebagai arang. Kemudian salah seorang arkeolog memperhatikan ada butiran gandum yang sudah hancur di dalamnya. Jika usianya tak salah, roti itu diprediksi dibuat oleh beberapa orang pertama yang masuk ke Inggris dari Eropa. Jelai gandum yang hancur itu melambangkan revolusi yang mengubah dunia, karena para pendatang baru membawa mereka berlatih bertani, yang mengakhiri perburuan mammoth.

3.Bone Soup(2400 tahun).

7 Makanan berusia ribuan tahun ini ditemukan oleh Arkeolog

Sumber: Mentalfloss

Sepanci sup ini ditemukan di Xian, China di tengah-tengah proses pembangunan sebuah bandara. Sup ini disegel begitu kuat dalam panci perunggu dan masih dalam keadaan cair ketika ditemukan. Sup ini tak terlihat nikmat karena berubah menjadi hijau dari 2400 tahun oksidasi perunggu. Sup ini juga masih berisi tulang, yang mana disenangi arkeolog.

4.Bog Butter(3000 tahun).

7 Makanan berusia ribuan tahun ini ditemukan oleh Arkeolog

Sumber: facebook

Di Irlandia 3000 tahun yang lalu, ada aturan untuk menyimpan mentega maksimal 77 kilogram. Diperkirakan ada penduduk yang memiliki mentega dengan jumlah berlebih dan menyimpannya di dalam gambut, dan kemudian melupakannya. Uniknya, pada tahun 2009 lalu potongan mentega itu masih ada. Mentega yang ditemukan telah kehilangan sebagian dari kekenyalan dan kekentalannya serta kemudian berubah menjadi lilin putih berlemak yang disebut adipocere. Konservator National Museum of Ireland, Carol Smith mengatakan masyarakat tak akan pernah tahu bagaimana rasanya. "Itu harta nasional," katanya. "Kamu tidak bisa mengambil potongannya untuk bersulang!"

5.The Original Noodles(4000 tahun).

7 Makanan berusia ribuan tahun ini ditemukan oleh Arkeolog

Sumber: Mentalfloss

Mie yang diperkirakan berusia 4000 tahun ini ditemukan oleh Arkeolog China, Kam-Biu Liu. Ia mengatakan jika mie ini berasal dari semangkuk mie yang terbalik dan kemudian tertutup sedimen tanah ketika gempa dan banjirnya sungai Kuning pada waktu itu.

6.Beef Jerky(2000 tahun).

7 Makanan berusia ribuan tahun ini ditemukan oleh Arkeolog

Sumber:History.Cultural-China.com

Daging sapi yang dikubur di makam berusia 2000 tahun ini ditemukan di desa Wanli, China. Para arkeolog membutuhkan waktu lama untuk menentukan bahwa benda berkarbon hitam dan hijau yang mereka temukan dan disegel di dalam pot perunggu yang indah ini adalah daging sapi. Ketika mereka melakukannya, itu membuatnya menjadi daging sapi tertua yang pernah ditemukan di Tiongkok. Mereka bahkan benar-benar terkejut, karena daging tersebut tak menyusut selama ribuan tahun. Hal itu menunjukkan jika makanan tersebut sudah dikeringkan sebelum ditempatkan di makam.

7.Chocolate(110 tahun).

7 Makanan berusia ribuan tahun ini ditemukan oleh Arkeolog

Sumber:Daily Mail

Temuan ini adalah temuan makanan yang memiliki usia termuda.Kaleng cokelat berusia 110 tahun ini tak berasal dari zaman kuno seperti daftar makanan lainnya, tetapi mungkin masih merupakan cokelat tertua di dunia. Kotak kecil ini berasal dari Skotlandia, dan dibuat khusus untuk memperingati hari penobatan Raja Edward VII pada tahun 1902.

Itulah daftar makanan dan minuman tertua yang ditemukan oleh Arkeolog.