Salam hangat, mungkin dari sebagian kita menganggap dalam membuka usaha merupakan suatu tantangan yang menguras keuangan dan kesabaran. Dua faktor penting itu sangat dibutuhkan agar tetap bisa bertahan dalam usaha tersebut. Apalagi berkenaan dengan kuliner, namun tak disangka sebuah toko roti ini bisa tetap exist selama dua abad lebih.

Luar biasa, berusia 2 abad toko roti ini masih eksis hingga kini

source : theworldisbook.com

Adalah, Sobrino de Botin, namarestoranitu yang terletakdi kota Madrid, Spanyol, disebut berhasil melewati dua abad, dan terus bertahan sebagai salah satu destinasi kuliner favorit dan terbaik di dunia. Atas keuletan dan tetap konsisten dalam berbisnis toko ini pun diakui olehGuinness World Recordssebagai satu-satunya restoran tertua yang masih beroperasi hingga saat ini, yakni sejak 293 tahun lalu.

Luis Javier Sanchez, Pimpinan restoran yang telah mengabdi selama 41 tahun, mengatakan bahwa Restoran Botin dibuka pertama kali pada tahun 1725 silam, yakni berupa sebuah toko roti yang juga menyertakan sup kental sebagai menu pendamping. Meski para koki yang terus berganti dari masa ke masa, namun resep yang disediakan tetap konsisten melanjutkan tradisi masak klasik di restoran tersebut sejak abad ke-16.

Luar biasa, berusia 2 abad toko roti ini masih eksis hingga kini

source : fotolibra.com

Ehm, mungkin dari kita patut bertanya apa sih rahasianya kok sampai begitu lama bertahan tanpa berganti menu dengan yang lebih modern. Ya, selain tradisi memasak secara klasik, hal lain yang terus dipertahankan dengan baik adalah tentang dedikasi restoran itu dalam melayani setiap konsumen yang bersantap di sana. Dan ada lagi yakni selalu menyalakan tungku untuk memasak, agar aroma khasnya selalu harum. Tungkurestorantersebut selalu diupayakan dalam kondisi hangat setiap malamnya, sehingga wangi asap yang unik akan terus bertahan hingga proses memasak di keesokan harinya.

Pemerintah Spanyol melalui Lembaga Budaya Nasional setempat bahkan menempatkan dua menu utamanya, yakni cochinilo asado (babi panggang) dan cordero asado (domba panggang), ditetapkan sebagai salah satu warisan sejarah nasional non-fisik. Ehm, tertarik nih patut kita coba.