×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Lelah setelah libur Lebaran dan mudik? Ini 4 cara mengatasinya

0

Kesehatan

Lelah setelah libur Lebaran dan mudik? Ini 4 cara mengatasinya

Banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh kembali segar dan terlepas dari kelelahan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mari Berbagi

13 / 06 / 2019 14:13

Banyaknya aktivitas yang kita lakukan setelah libur Lebaran dan mudik membuat stamina dan kekebalan tubuh menjadi menurun dan cepat lelah. Terlebih lagi kita harus kembali ke rutinitas seperti biasanya. Namun rasa lelah bisa menjadi musuh ketika kita ingin melanjutkan aktivitas dan pekerjaan menuntut kita untuk terus bugar, fit, sehat, dan berstamina. Lalu bagaimana jika lelah tiba-tiba datang tetapi masih ada segudang pekerjaan yang harus dilakukan?

Lelah setelah libur Lebaran dan mudik? Ini 4 cara mengatasinya

Banyak hal sederhana yang dapat membuat tubuh kembali segar dan terlepas dari kelelahan. Hal tersebut tentunya dapat kamu lakukan sendiri bahkan di rumah dan tidak perlu ke dokter. Kamu hanya butuh niat dan waktu luang saja untuk membuat tubuhmu lebih baik lagi. Berikut adalah cara sederhana yang dapat menghilangkan kelelahan.

1. Makan makanan yang kaya akan vitamin C.

Makanan merupakan sumber energi utama yang dipakai tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika merasa kelelahan, mungkin kita kekurangan makan. Dalam hal ini, kekurangan makan yang dimaksud adalah kekurangan makanan-makanan yang mengandung zat gizi tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk kembali sehat. Mungkin kita sudah merasa sudah sering makan atau sudah makan dalam porsi yang banyak. Tetapi, apakah makanan yang kita makan merupakan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh? Atau hanya memenuhi nafsu makan kita saja?

Loading...

Makanan yang baik untuk melawan kelelahan adalah makanan yang baik pula bagi sistem kekebalan tubuh, salah satunya yaitu makanan sumber vitamin C. Sayur dan buah-buahan adalah sumber makanan yang tepat untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu, hindari makanan-makanan kaleng atau olahan karena mengandung berbagai zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Biasakan untuk makan dengan teratur, entah itu teratur porsi, jam, bahkan pemilihan makanan. Jika kita telah mengubah pola serta pemilihan makanan, maka tubuh akan lebih kuat untuk melakukan berbagai aktivitas di kemudian hari.

 

2. Olahraga bukan masalah bagi orang yang sedang kelelahan.

Kita boleh saja merasa lelah karena aktivitas yang telah kita lakukan setelah libur Lebaran dan mudik. Tetapi jangan menjadikan hal tersebut alasan bagi kamu untuk tidak melakukan olahraga. Olahraga justru dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan peredaran darah. Dengan melakukan olahraga yang rutin juga, kita akan merasa energi yang kita miliki bertambah.

Cobalah untuk melakukan olahraga yang mudah dan sederhana, tidak usah langsung melakukan olahraga yang high-impact. Melakukan jalan santai selama 15 menit saja sudah bisa meningkatkan energi di dalam tubuh kita. Bahkan, Kementerian Kesehatan menyarankan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari. Lakukan kebiasaan olahraga ini dengan bertahap dan kemudian kita akan merasakan manfaatnya pada tubuh kita.

 

3. Kurangi mengonsumsi kafein.

Kafein memang membuat tubuh terstimulasi dan segar kembali, tetapi hal ini hanya terjadi sebentar dan kemudian tubuh akan kembali lelah, bahkan akan bertambah lelah. Sehingga jika kita sedang merasa lelah, mengonsumsi kafein bukanlah hal yang bisa menurunkan atau menghilangkan kelelahan, tetapi malah meningkatkan rasa lelah pada diri kita.

 

4. Minum banyak air agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Merasa lelah adalah salah satu tanda dari dehidrasi, sehingga mungkin saja kamu tidak terhidrasi dengan baik dan rasa lelah pun muncul. Minumlah air mineral yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan kamu sehari. Banyak yang mengatakan bahwa minimal minum 8 gelas per hari, tetapi hal ini kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. Semakin tinggi tingkat aktivitas yang dilakukan, maka semakin banyak air mineral yang dibutuhkan dalam satu hari.

Nah, itulah beberapa tips menghilangkan rasa lelah setelah libur Lebaran dan mudik. Semoga bermanfaat. 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red