×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Lakukan 4 persiapan ini agar tak kebingungan setelah lulus kuliah

0

N/A

Lakukan 4 persiapan ini agar tak kebingungan setelah lulus kuliah

Walaupun masih menjadi mahasiswa bahkan terbilang baru, kamu perlu mempersiapkannya supaya nanti tidak terlalu lama menjadi pengangguran.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Eka Kusumaningrum

12 / 03 / 2020 17:49

Sebagai mahasiswa, hal yang penting adalah bisa menyelesaikan kuliah, baik secara tepat waktu maupun tidak. Namun ada juga hal penting lain, yaitu mempersiapkan 'bekal' yang nantinya akan digunakan saat bekerja di masa depan.

Saat memilih pekerjaan, biasanya orang-orang cenderung mencari sesuai jurusan yang diambil saat kuliah. Padahal saat kuliah terutama pada jenjang S1, lebih banyak mempelajari teori dibandingkan praktik. Selain itu, ada beberapa kemampuan yang diperlukan untuk berkerja di suatu tempat, di mana syarat itu tidak kamu dapatkan saat di bangku kuliah.

Oleh karena itu, kamu harus mencari cara supaya bisa memenuhi kemampuan yang dibutuhkan ketika mencari pekerjaan. Walaupun masih menjadi mahasiswa bahkan terbilang baru, kamu perlu mempersiapkannya supaya nanti tidak terlalu lama menjadi pengangguran. Simak ulasannya berikut ini, yuk! 

1. Mengembangkan hobi dan minat.

Kembangkan hobimu

Loading...

Sesibuk apa pun dengan kegiatan kuliahmu, kamu tetap harus menyisihkan waktu untuk mengembangkan hobi dan minat yang kamu miliki. Oleh karena di masa depan nanti hobi dan minatmu bisa berubah fungsi menjadi pekerjaan utamamu.

2. Mencari pekerjaan sampingan.

Part time

Buat yang suka berjualan, kamu bisa mulai menjual makanan ringan, pulsa, dll. Nah, buat yang kurang suka berjualan, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan atau part time. Kamu bisa cari lowongan di website lowongan kerja dan Instagram.

Pekerjaan sampingan bisa kamu jadikan pengalaman kerja yang nantinya dapat digunakan untuk mengisi CV yang akan kamu gunakan untuk melamar kerja. Tentunya pekerjaan yang kamu lamar harus sesuai dengan pekerjaan sampingan yang kamu miliki, ya!

3. Menjadi freelancer.

Freelance

Perbedaan freelancer dengan part time adalah jam dan tempat kerjanya. Freelancer lebih bebas jam kerjanya dan bisa bekerja di mana saja karena kerjanya biasanya secara online dengan teknologi seperti laptop dan smartphone. Berbeda dengan part time yang sudah diatur jam dan tempat kerjanya.

Nah, di era digital ini banyak yang memilih menjadi freelancer daripada menjadi pegawai kantor atau pemerintahan. Jadi, tidak ada salahnya kamu juga mencoba menjadi freelancer. Kamu bisa mencoba mendaftar lewat beberapa website seperti freelancer, glints, sribulancer, dll. Setelah menjadi freelancer dan masih ingin menjadi karyawan tetap, kamu bisa menambahkan projek yang kamu lakukan selama menjadi freelancer di CV yang akan kamu gunakan saat melamar kerja nantinya.

4 Mengikuti kursus.

Kursus

Kursus merupakan cara lain untuk mendapatkan ilmu baru yang nantinya berguna untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Kamu bisa mengikuti kursus secara offline maupun online yang nantinya masih terkait dengan pekerjaan yang akan kamu pilih setelah lulus kuliah nantinya.

Tidak semua kursus itu berbayar, ada pula yang gratis. Kamu bisa mencari beasiswa untuk mengikuti sebuah kursus. Bahkan ada beberapa lembaga kursus yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan. Sehingga setelah kamu berhasil mengikuti kursusnya dan memiliki kemampuan yang bagus, kamu bisa langsung masuk ke perusahaannya. Menarik, bukan?  

Nah, itulah beberapa tips untuk memudahkanmu mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah nanti. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red