Menstruasi atau haid merupakan fase yang dialami oleh semua wanita normal setiap bulannya. Saat sedang haid, biasanya wanita akan merasa tidak nyaman, emosi tidak stabil dan beberapa diantaranya merasakan sakit di bagian perut. Namun semua itu adalah wajar dan menandakan kamu sehat.

Darah haid atau menstruasi berasalah dari sel telur pada dinding rahim yang tidak dibuahi, sehingga akan terbuang dan dianggap sebagai darah kotor. Tapi tahukah kamu ladies, kalau ternyata darah haid itu dapat mendeteksi kondisi kesehatan kamu lho! Caranya adalah dengan melihat tingkatan warna darah yang dikeluarkan saat hari pertama.

Mau tahu apa saja tingkatan warnanya dan bagaimana mendeteksi kesehatanmu? Simak penjelasan berikut ini!

1. Merah Muda

4 Jenis warna darah haid dan artinya terhadap kesehatanmu

Jika di hari pertama menstruasi darahmu berwarna merah muda, tandanya kamu sedang mengalami anemia atau kurang darah. Warna pink ini disebabkan karena darah yang dikeluarkan sangat encer dan sedikit.

Tapi jangan khawatir, jika kamu sedang dalam masa subur dan sudah menikah bisa jadi ini adalah tanda kehamilan muda lho! Sel telur yang sudah dibuahi dan menempel di dinding rahim ini bisa mengakibatkan sedikit pendarahan pada wanita.

2. Merah Terang

4 Jenis warna darah haid dan artinya terhadap kesehatanmu

Warna merah terang seperti cranberry ini menunjukkan bahwa kamu memiliki kondisi tubuh yang sehat. Ini karena dinding rahimmu melebur dalam kecepatan yang normal dan setelah darah haid habis, tidak ada darah yang tersisa di dalam rahimmu.

Yang tidak bagus adalah ketika selama masa haid, misalnya 7 hari berturut-turut darahmu selalu berwarna merah terang dan dalam jumlah yang banyak. Kalau sudah seperti itu, kamu harus segera memeriksakan dirimu ke dokter ya, ladies!

3. Merah Tua

4 Jenis warna darah haid dan artinya terhadap kesehatanmu

Kebanyakan ladies pasti pernah mengalami warna ini. Warna merah tua adalah warna yang paling umum dan menandakan kondisi kesehatanmu baik.

Di hari pertama sampai ketiga, biasanya ada gumpalan merah tua yang keluar dan darah yang keluar itu seperti pipa bocor yang tak henti-henti.Tapi jangan khawatir ladies, semua itu normal karena rahimmu sedang bekerja untuk mengeluarkan gumpalan tersebut.

Tapi jika hal ini terus berlanjut hingga hari ke 4 dan seterusnya, bisa jadi rahimmu tumbuh sebuah tumor dan kamu harus segera memeriksakannya ke dokter kandungan.Tapi jika kamu juga melihat ada gumpalan darah berwarna abu-abu, bisa jadi kamu sedang mengalami keguguran.

4. Coklat Tua

4 Jenis warna darah haid dan artinya terhadap kesehatanmu

Jika hari pertama haid kamu sudah mengeluarkan darah berwarna coklat tua, artinya kamu harus berhati-hati ya ladies! Bisa jadi darah yang ada dalam rahimmu itu beku karena peredaran darah yang berjalan ke arah rahimmu terlalu panjang.

Tapi jangan khawatir, kamu memeriksakan diri ke dokter dan meminta resep untuk memperlancar peredaran darah saja.