×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ketahui 4 penyebab munculnya benjolan di bawah dagu

0

Kesehatan

Ketahui 4 penyebab munculnya benjolan di bawah dagu

Munculnya benjolan di bawah dagu menyebabkan seseorang merasa khawatir dan takut akan gangguan kesehatan yang berbahaya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

11 / 03 / 2020 11:35

 

Benjolan di bawah dagu pada dasarnya termasuk pembengkakan kelenjar getah bening. Bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar getah bening di antaranya adalah rahang bagian bawah, bagian belakang telinga, dan leher, termasuk bagian bawah dagu.

Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening di bagian bawah dagu termasuk bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang dapat membantu melawan berbagai macam infeksi. Di antaranya yang disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur.

Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di bawah dagu:

1. Sialolithiasis.

Loading...

Sialolithiasis atau batu kelenjar air liur merupakan kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan di bawah dagu dan menyebabkan penderitanya kesulitan menelan makanan. Kondisi ini umumnya terjadi akibat adanya pengerasan atau pembentukan batu di dalam kelenjar air liur. Namun, hingga saat ini penyebab pasti dari sialolithiasis masih belum diketahui.

2. Lipoma.

Lipoma merupakan kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan yang terdiri dari lemak. Pertumbuhan lipoma cenderung lambat dan terjadi di antara kulit dan lapisan otot. Tekstur dari benjolan lipoma terasa lunak, akan tetapi tidak menimbulkan rasa sakit.

Lipoma umumnya muncul di bahu, punggung, lengan, paha, leher, termasuk di bawah dagu. Jika kamu memiliki lipoma di tubuhmu, sebaiknya jangan menekannya menggunakan jari, sebab benjolan dapat bergerak dan berpindah.

3. Limfadenitis.

Limfadenitis adalah peradangan yang terjadi di kelenjar getah bening. Kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan di beberapa bagian tubuh, seperti leher, ketiak, atau selangkangan. Umumnya, bagian tubuh yang mengalami limfadenitis sejalan dengan aliran pembuluh getah bening.

Penyebab limfadenitis umumnya terjadi akibat infeksi, seperti inveksi virus HIV, infeksi radang tenggorokan, hingga infeksi telinga. Kondisi ini juga disertai dengan gejala seperti demam dan nyeri pada benjolan.

Limfadenitis juga dapat memicu pembengkakan pada kelenjar getah bening, dan ketika ukurannya semakin besar, maka benjolan akan mudah teraba.

4. Gondongan.

Benjolan di bawah dagu juga dapat disebabkan oleh infeksi virus menular yang dapat memicu terjadinya penyakit gondongan. Virus ini dapat menyebabkan terjadi pembengkakan yang disertai dengan ras nyeri pada kelenjar ludah. Umumnya, benjolan muncul di bagian leher kanan atau kiri.

Selain itu, gondongan juga dpaat terjadi pada anak-anak dengan usia 2 sampai 12 tahun. Virus gondongan akan menyebabkan munculnya benjolan pada anak sekitar 12-24 hari setelah terinfeksi. Kondisi ini harus segera ditangani, sebab dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang membahayakan kesehatan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red