×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kesulitan mendampingi anak belajar di rumah? Coba lakukan 4 tips ini

0

Orangtua

Kesulitan mendampingi anak belajar di rumah? Coba lakukan 4 tips ini

Tips berikut ini dapat dicoba oleh orang tua untuk mendampingi anak belajar di rumah selama pandemi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dewi Ramdhania (1702437)

25 / 11 / 2020 14:35

Kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir memberikan dampak besar terhadap banyak aspek kehidupan, tak terkecuali pada dunia pendidikan anak. Orang tua sebagai lingkungan terdekat anak bak mendapat tugas baru, yaitu mendampingi proses belajar anak selama di rumah.

Mengalami hambatan saat mendampingi anak belajar tentu adalah hal yang wajar. Namun, ada beberapa tips yang akan membantumu mengenai cara mendampingi anak saat belajar di rumah. Dilansir dari akun YouTube Alodokter, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba oleh orang tua.

1. Tentukan lokasi belajar.

Pilihlah ruangan dengan pencahayaan yang cukup. Suhu ruangan yang pas dan nyaman juga penting. Kondisikan ruangan agar tidak terlalu panas ataupun dingin. Selain itu, hindari ruangan berisi benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian anak, seperti TV, mainan, dsb.

2. Pahami kebiasaan belajar anak.

Loading...

Pada umumnya, anak-anak mampu mempertahankan konsentrasi penuh selama 10-30 menit. Jika anak sudah mulai tidak konsentrasi, berilah jeda sejenak untuk ia beristirahat. Saat waktu jeda tersebut, kamu bisa memberikannya camilan ataupun air minum.

3. Pahami gaya belajar anak.

Tidak setiap anak memiliki gaya belajar yang selalu sama. Pahamilah gaya belajar yang paling sesuai dengan anak. Apakah gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik.

4. Sadari dan jaga perilaku orang tua.

Setiap hal yang dikatakan dan dilakukan orang tua akan memengaruhi sikap anak. Tak hanya saat waktu belajar, namun juga dalam kesehariannya. Jika orang tua sering emosi, maka akan mengganggu proses belajar anak. Perlihatkan kasih sayang dan perhatian, kejujuran, tanggung jawab, dan sopan santun. Berilah hadiah jika anak berhasil mencapai target tertentu, meski sesederhana memberikan makanan kesukaannya.

Nah, itu dia beberapa tips yang akan membantumu bagaimana mendampingi anak belajar di rumah. Mengajari si kecil mungkin bukan hal yang mudah, tapi jangan menyerah dan gampang emosi, ya!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red