Kebutuhan dan keinginan untuk berkarya adalah dua alasan seseorang bekerja demi kehidupan yang lebih baik. Namun dalam perjalanannya seringkali pekerjaan menyita sebagian besar waktu orang sehingga ia tak lagi bisa menikmati hidupnya.Nah, ada baiknya kamu simak ulasan mengenai cara bekerja cerdas berikut ini.

1. Buat daftar prioritas tugas.

Khususnya dalam dunia startup, beberapa pekerjaan dikerjakan oleh satu orang sudah bukanlah hal aneh. Setiap harinya kamu harus membuat daftar prioritas mana tugas yang harus diselesaikan lebih awal, mana yang bisa dijadikan urutan kedua, ketiga, dan seterusnya.

2. Buatworkflow.

Ini bisa menjadi acuanmu mengenai seberapa cepat kamu bisa menyelesaikan satu tugas. Tentunya ini juga dipengaruhi oleh bobot tugas dan materi yang ada. Misalnya, 2 jam pertama kamu harus menyelesaikan analisa sosial media, 2 jam berikutnya kamu sudah harus menyelesaikan editorial plan untuk satu bulan ke depan, dan 2 jam lagi untuk mengerjakan laporan mingguan.

3. Abaikan berbagai gangguan.

Di saat kamu membutuhkan konsentrasi penuh, maka abaikan semua gangguan yang ada. Dari pengalaman, godaan ngobrol paling sering mengalihkan perhatian orang dalam bekerja. Kamu harus bisa tegas dan bila perlu jangan tanggapi ajakan teman yang sifatnya membuang waktu.

4. Pahami kapasitas dan belajar berkata tidak.

Kamu bukanlah superman yang sanggup mengerjakan berbagai hal sendirian. Kapabilitas setiap orang tidaklah sama. Jangan ragu mempertanyakan penugasan yang tak kamu mengerti dan bila dirasa perlu, tolak saja. Tentunya ini juga dilakukan dengan cara yang baik agar tidak memicu konflik.

5. Jangan malu meminta bantuan.

Bila pada akhirnya pun kamu tetap harus mengerjakan permintaan perusahaan, maka mintalah bantuan. Karena pada dasarnya kamu bekerja di dalam tim jadi sangat wajar bila beban pekerjaan dibagi sama rata, bukannya kamu pikul sendiri.

6. Wajar membuat kesalahan.

Kesalahan bagus sebagai pembelajaran bagi dirimu untuk tidak mengulangi lagi kesalahan serupa. Dari situ kamu juga belajar menemukan solusi atau strategi apa yang bisa dilakukan ketika menemui situasi semacam itu lagi.

7. Optimalkan waktu istirahat.

Gunakan waktu istirahat dengan maksimal. Kamu punya hak 1 jam dan manfaatkanlah itu dengan baik. Bila pun kamu masih harus bekerja di jam 12 siang, geser saja jatah istirahatmu ke jam-jam berikutnya. Sama halnya ketika pada jam istirahat rapat belum juga selesai, kamu berhak untuk meminta rehat.

8. Evaluasi diri.

Jujurlah pada diri sendiri maka kamu bisa menilai apakah cara kerjamu sudah produktif atau masih bisa dioptimalkan lagi.

Kerja cerdas adalah tentang membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang berguna bagi pengembangan diri termasuk di antaranya pandai mengatur waktu. Bila ada di antara rekanmu yang teratur datang dan pulang kantor on time, maka kamu bisa belajar darinya.