×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kenali gejalanya, ini 4 cara membedakan gondok dengan kanker tiroid

0

Kesehatan

Kenali gejalanya, ini 4 cara membedakan gondok dengan kanker tiroid

Keduanya punya gejala yang mirip, namun bisa dibedakan dengan cara berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

28 / 03 / 2019 13:45

Jangan salah sangka dulu jika kamu mendapapati ada benjolan di leher, dan jangan langsung menyimpulkan bahwa itu adalah kanker tiroid. Tidak semua benjolan di leher bisa dikatakan kanker. Bisa saja itu hanya pembengkakan kelenjar tiroid biasa dan tak berbahaya atau sifatnya non kanker.

Walaupun keduanya menimbulkan gejala pada area leher, tapi kondisinya sangatlah berbeda. Gondok ialah kondisi yang ditimbulkan akibat kelenja tiroid yang membengkak. Sedangkan tiroid merupakan kelenjar yang berbentuk menyerupai kupu-kupu dan terletak pada leher bagian depan.

 

Lalu, bagaimana cara membedakan gondok dan kanker tiroid?

Kenali gejalanya, ini 4 cara membedakan gondok dengan kanker tiroid

Loading...

image : https://lingshenyao.id

Nah, untuk kamu yang masih kebingungan, di bawah ini merupakan cara yang mudah untuk membedakan keduanya. 

1. Benjolan.

Yang pertama kamu bisa membedakan penyakit ini dari benjolannya. Keduanya sama-sama akan menimbulkan benjolan di area leher, namun coba kamu perhatikan lebih detail. Jika benjolan pada kanker tiroid, benjolannya akan ditemukan di depan tenggorokan tepat di bawah jakun dan hanya di situ saja letaknya. Sedangkan gondok bisa saja muncul di semua posisi bagian leher.

 

2. Nyeri.

Rasa nyeri bisa dibedakan dari cara menelan. Ketika kita hanya menelan air liu saja sudah terasa nyeri berarti itu gejala kanker tiroid. Namun jika kamu terkena gondok maka sakit menelan hanya akan terasa ketika kamu akan menelan makanan saja.

Rasa nyeri juga bisa dirasakan ketika disentuh. Kanker tiroid walaupun berukuran kecil, tetapi bila disentuh akan terasa sakit. Berbeda dengan gondok, walaupun ukurannya besar, bila disentuh tidak terlalu menimbulkan rasa sakit atau nyeri.

 

3. Gangguan pada jantung.

Jika kamu menderita kanker kelenjar, maka bisa memengaruhimu seperti menimbulkan rasa cemas, gelisah, dan jantung sering berderar. Lain halnya jika kamu terkena gondok, maka gejalanya tidak akan seperti itu.

 

4. Dampak psikologis.

Penderita kanker tiroid jika masih dalam kanker stadium awal ia akan mengalami produksi keringat yang berlebih. Sedangkan gondok tidak menimbulkan keringat berlebih, namun akan membuat kondisi tubuh tidak stabil dan kamu akan mengalami demam yang lumayan tinggi.  

Nah, itulah cara membedakannya. Perlu diingat bahwa kedua penyakit ini sangat berkaitan erat. Perlu kamu ingat bahwa gondok juga bisa memicu terjadinya kanker tiroid bila dibiarkan saja tanpa ada upaya pertolongan medis.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red